telset

Perbedaan Oppo Reno3 & Reno3 Pro, Lihat dari Spesifikasi dan Harganya

Telset.id – Oppo Reno3 dan Oppo Reno3 Pro resmi diperkenalkan. Smartphone ini menjadi seri 5G kedua dari Oppo setelah Reno 5G. Lantas, seperti apa spesifikasi dan harga Oppo Oppo Reno3 dan Reno3 Pro? Berikut ulasannya.

Oppo baru saja meluncurkan dua seri ponsel terbarunya, yakni Oppo Reno3 dan Reno3 Pro. Keduanya mengusung spesisikasi yang menarik, dengan fitur-fitur kekinian.

Ada beberapa sedikit perbedaan diantara keduanya. Reno3 Pro menjadi varian tertinggi dan tentu saja termahal di keluarga Reno3 Series. Meski begitu, Reno3 tak kalah menarik untuk dipilih.

Perbedaan Oppo Reno3 dan Reno3 Pro

Pada tulisan kali ini, tim Telset akan menjelaskan perbedaan Oppo Reno3 dan Oppo Reno3 Pro, yang akan kami sorot dari sisi spesifikasi dan harganya. Yuk, disimak ulasannya.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Oppo Terbaru}

Spesifikasi Oppo Reno3

Oppo Reno3

Secara visual mungkin ponsel ini tidak begitu isimewa, namun yang jelas untuk urusan ergonomi, smartphone ini layak diapresiasi. Oppo Reno3 terasa sangat pas di genggaman, dengan ukuran dimensi 160,2×73,3 dengan ketebalan hanya 7,9mm.

Untuk layarnya, Reno3 menggunakan panel AMOLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi FullHD+. Jika dilihat ukurannya memang sedikit lebih kecil dibandingkan dengan Reno2 F yang menggunakan layar 6,5 inci.

Namun untuk rasio layarnya sudah lebih besar dari seri sebelumnya, dimana Reno3 mengusung rasio layar cinematic yaitu 20:9, dengan rasio screen-to-body-nya meningkat menjadi sekitar 90%, dari sebelumnya yaitu 85%.

Untuk spesifikasi mesinnya, Oppo Reno3 ditenagai chipset terbaru MediaTek Helio P90, dengan konfigurasi Octa-core 2×2.2 GHz Cortex-A75 & 6×2.0 GHz Cortex-A55. Sedangkan pada sisi GPU-nya, Helio P90 menyematkan prosesor grafis PowerVR GM9446.

Prosesornya disokong RAM berkapasitas 8GB, serta internal storage 128GB, dan sudah berjalan dengan menggunakan sistem operasi terbaru yaitu Color OS7 dengan basis sistem operasi Android 10.

{Baca juga: Review Oppo Reno3: Kamera Maksimal untuk Semua Mode}

Beberapa software dan fitur yang tersedia di dalamnya seperti Game Space, App Cloner, Hey Tap Cloud, Screen Recording, OSIE Vision Effect, Digital Wellbeing & Parental Control, Oppo Share, Black Screen Mode dan banyak lagi.

Oppo Reno 3 memiliki kamera utama 48 MP Ultra-clear (f/1.79, 26mm (wide), 1/2.0″, 0.8µm, PDAF). Didukung tiga kamera dengan fungsi berbeda yakni, telefoto 13 MP (f/2.4, 52mm, 1/3.4″, 1.0µm, 2x optical zoom, PDAF), ultra-wide 8 MP (f/2.2, 13mm (ultrawide), 1/4.0″, 1.12µm), dan mono 2MP (B/W, f/2.4, 1/5.0″, 1.75µm).

Smartphone ini ditenagai oleh prosesor octa-core MediaTek 1000L yang mendukung teknologi 5G sub-6GHz, yang mampu memberikan kecepatan hngga 4,7 Gbps.

Reno3 punya baterai berkapasitas 4,025 mAh yang didukung VOOC Flash Charge 4.0, RAM 8GB/12GB, serta storage 128GB. Semua spesifikasi tersebut, mampu menopang seluruh proses yang berjalan di atas ColorOS 7.

Di sektor kamera, Reno3 punya kamera utama 64MP yang dipadu dengan lensa ultrawide 8MP, lensa depth 2MP, dan lensa macro 2MP. Sedangkan kamera depan, menggunakan sensor 32MP.

Kameranya memiliki beberapa fitur tambahan seperti AutoHDR, Dazzle Color hingga AI Scene Recognition untuk menghasilkan foto dengan warna yang lebih hidup. Tersedia juga Night Mode dengan Tripod Mode, serta Expert Mode untuk pengaturan manual.

Lalu untuk kemampuan telephoto-nya, Reno3 dibekali sensor 13MP dengan bukaan F/2.4. Dengan adanya fitur tersebut, kamera Reno3 mampu melakukan optikal Zoom hingga 2X, dan juga Hybrid Zoom hingga 5X.

{Baca Juga: Segera Meluncur di Indonesia, Ini Hasil Foto 108MP dari Oppo Reno3}

Sedangkan untuk kemampuan kamera selfienya, sensor 44MP tentunya tidak ada lawan di kelasnya saat ini. Kamera Selfie Reno3 juga sudah dilengkapi dengan teknologi Ultra Night Selfie, yaitu selfie dengan mode pengambilan gambar malam.

Spesifikasi Oppo Reno3 Pro

Oppo Reno3 Pro

Smartphone ini mengusung desain dual punch-hole yang ditempatkan di sudut kiri atas layarnya. Penampilannya makin cantik, karena Oppo memutuskan untuk menggunakan bezel super tipis yang mengelilingi layar Reno3 Pro yang berukuran 6,44 inci, dengan aspek rasio cinematic 20 : 9.

Smartphone ini menggunakan panel AMOLED E3 Screen dengan resolusi maksimal Full HD+, yang didukung teknologi OSIE Vision Effect yang mampu meningkatkan kualitas.

{Baca juga: Uji Performa Oppo Reno3 Pro: Powerful dengan Helio P95}

Sementara sektor dapur pacu Reno3 Pro ditenagai prosesor MediaTek Helio P95, dengan konfigurasi 2-core 2.2 GHz Cortex-A75 dan 6-core 2.0 GHz Cortex-A55. Prosesor ini dibekali fitur HyperEngine yang mampu “menggenjot” performa smartphone.

Selain itu, MediaTek Helio P95 juga punya performa artificial intelligence yang tinggi. Prosesor yang mumpuni dipadukan GPU PowerVR GM9446, RAM 8GB LPDDR4X, dan storage 256GB.

Ponsel ini membopong baterai berkapasitas 4,025 mAh dengan dukungan fast charging VOOC 4.0 30W. Spesifikasi tersebut, menopang seluruh proses yang berjalan di atas ColorOS 7 berbasis Android 10.

Oppo Reno3 Pro memiliki total enam kamera. Terdiri dari empat kamera belakang dan dua kamera depan. Seluruh kameranya didukung teknologi AI bernama AI Noise Reduction atau AI NR, yang memiliki 3 fitur, yakni AI Noise Model Training untuk low-light photography, 14-bit ISP dan AI Multi-frame NR.

{Baca juga: Jadi Otak Oppo Reno3 Pro, Apa Hebatnya MediaTek Helio P95?}

Membahas soal konfigurasi kamera, smartphone ini punya lensa utama dengan sensor 64 aperture f/1.7, lensa telephoto 13MP dengan dukungan 5x hybrid-zoom dan 20x digital-zoom, lensa ultrawide 8MP, serta lensa depth 2MP.

Sementara kamera depan, terdapat lensa utama dengan sensor 44MP aperture f/2.4, dan lensa depth 2MP. Ada beberapa fitur kamera andalan yang dibawanya, seperti Ultra Clear 108MP Image, Ultra Dark Mode, Ultra Night Selfie Mode, Ultra Steady Video 2.0, AI Beauty Mode, Video Zoom, dan Video Bokeh.

{Baca juga: Oppo Pamer Smartphone 5G dengan Snapdragon 865}

Harga Oppo Reno3 dan Oppo Reno3 Pro

harga Oppo Reno3 Pro dan Oppo Reno3

Untuk harga Oppo Reno3, smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 6,7 jutaan untuk model 8GB/128GB dan Rp 7,4 jutaan untuk versi 12GB/128GB. Reno3 akan ditawarkan dengan warna White, Black, Starry Night Blue, dan Sunrise.

Sedangkan Reno3 Pro, dibanderol dengan harga Rp 8 jutaan untuk model 8GB/128GB dan Rp 9 jutaan untuk 12GB/256GB. Smartphone ini tersedia dalam dua warna, yakni Midnight Black dan Sky White.

{Baca juga: Mengintip Kecanggihan Kamera Oppo Reno3 Pro}

Menariknya, Oppo juga menawarkan warna khusus, yakni Classic Blue dengan nama Reno3 Pro Pantone 2020 yang ditawarkan seharga Rp 8,4 jutaan.

Nah, itu tadi perbedaan Oppo Reno3 dan Reno3 Pro yang dilihat dari sisi spesifikasi dan harganya. Setelah Anda tahu perbedaannya, sekarang waktunya untuk memutuskan untuk memilih yang mana.

Keputusan ada di tangan Anda, sesuai dengan selera dan tentu saja budget yang Anda siapkan. Jika duit Anda berlebih, Oppo Reno3 Pro bisa jadi pilihan yang sangat menarik. Tapi jika budget Anda pas-pasan, Oppo Reno3 juga tak kalah bagus kok. (IR/FHP)

2 KOMENTAR

  1. Now first update the window 10 and get the some many new functions and features,just look it here and learn more about how do i log out in windows 10 some people have no any idea how can do i log out my window 10.

  2. I am fairly curious and write about getting
    around Slovenia. Your post stirred me a ton and here is the result: https://www.buygames.ps/. I would not have been ready to do it without your advise.

    Many thanks.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0