Qualcomm Siapkan Snapdragon Wear 5100 untuk Smartwatch Terbaru

Telset.id, Jakarta – Lebih dari setahun, Qualcomm tak kunjung melahirkan penerus Snapdragon Wear 4100. Namun di tahun ini, perusahaan semikonduktor itu dikabarkan tengah disibukkan mengembangkan Qualcomm Snapdragon Wear 5100 untuk smartwatch terbaru.

Kehadirannya tentu akan mengimbangi sistem operasi Wear OS terbaru yang baru dirilis oleh Google. Kemungkinan besar prosesor Snapdragon Wear 5100 akan banyak diadopsi oleh beragam smartwatch terbaru dari berbagai merek di masa mendatang.

Untuk lebih jelasnya membahas mengenai chipset anyar ini, berikut sejumlah bocoran fitur yang dimiliki oleh Snapdragon Wear 5100. Check this out!

Fitur Snapdragon Wear 5100

Snapdragon Wear 5100 Smartwatch Terbaru

Sebagaimana dilansir dari GSMArena, Jumat (3/9/2021), Snapdragon Wear 5100 memiliki konfigurasi CPU 4-core Cortex A53. Sebagai perbandingan, Samsung Exynos W920 memiliki 2-core Cortex-A55.

Bisa dilihat, kinerjanya tak lebih baik daripada Exynos W920. Pasalnya, menurut ARM, Cortex A55 memberikan kinerja hingga 18% lebih banyak dengan efisiensi daya 15% lebih baik jika dibandingkan dengan Cortex-A53.

{Baca Juga: Isu Suhu Panas Snapdragon 888 Masih Dibawa Suksesornya}

Qualcomm juga dilaporkan sedang menguji chip dalam beberapa konfigurasi. Beberapa memiliki RAM LPDDR4X 2GB dan penyimpanan eMMC 8GB atau 16GB.

Chipset baru ini akan menampilkan co-prosesor AON yang ditingkatkan yang dapat menangani tugas-tugas latar belakang yang sederhana, misalnya menghitung langkah dan refresh Always On Display saat dibutuhkan, sembari menggunakan daya yang jauh lebih sedikit daripada inti CPU utama.

{Baca Juga: Intel Foundry Services Bakal Produksi Chip untuk Qualcomm}

Info yang ada saat ini menjelaskan bahwa Qualcomm akan menugaskan Samsung Foundry untuk memproduksi chipset Snapdragon 5100 terbaru. Belum diketahui node arsitektur mana yang akan digunakan. Namun sebagai gambaran, Exynos W920 menggunakan fabrikasi 5nm.

Tersiar kabar juga kalau perusahaan lain SMIC dari China memiliki jalur sub-10nm yang siap digunakan. Hal ini memungkinkan Qualcomm untuk mendapatkan chip jam tangan pintar secara lebih cepat dan murah, daripada mengimpor dari Samsung atau TSMC.

{Baca Juga: Qualcomm Siapkan Snapdragon 895 dan 895+ dengan Arsitektur 4nm}

Laporan lainnya, prosesor ini akan mendukung dua kamera 16MP + 5MP. Ini juga bisa berguna dalam aplikasi berdaya rendah lainnya.

Sepertinya Snapdragon Wear 5100 masih membutuhkan beberapa waktu lagi sampai siap diluncurkan. Qualcomm mungkin akan mencoba mengamankan pesanan dari beberapa produsen smartwatch asal China, yang merupakan vendor smartphone terbesar selain Samsung dan Apple. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0