Isu Suhu Panas Snapdragon 888 Masih Dibawa Suksesornya

Telset.id, Jakarta – Smartphone dengan prosesor Snapdragon 888 menyuguhkan performa super kencang, tapi juga menghasilkan panas yang tinggi juga dalam beberapa keadaan. Lalu, apakah suksesornya pun memiliki “penyakit” yang sama?

Hingga kini memang belum diketahui nama dari penerus Snapdragon 888. Ada yang menyebutnya Snapdragon 895 dan ada juga yang memberi nama Snapdragon 898. Yang jelas, nomor model dari chipset ini adalah SM8450.

Dilansir Telset dari Gizchina, Senin (16/8/2021), suksesor Snapdragon 888 ini akan dirancang dengan menggunakan teknologi arsitektur 4nm buatan Samsung. Dari pengujian internal, kekuatannya lebih baik 20% daripada Snapdragon 888.

{Baca juga: Qualcomm Umumkan Snapdragon 888+ dengan Clock Speed 3 GHz}

Akan tetapi, suhu yang dihasilkan juga tinggi. Sama halnya Snapdragon 888, suhu panas dari Snapdragon SM8450 diakibatkan oleh core utama dari chipset dengan clock-speed yang begitu tinggi.

Alhasil, hal tersebut membuat vendor smartphone yang nantinya memakai prosesor Snapdragon SM8450 wajib memerhatikan sistem pendingin pada perangkat mereka. Sistem ini harus secara efisien menjaga agar suhu panas chip tidak terlalu tinggi.

Asal tahu saja, suhu panas yang terjadi pada ponsel dengan prosesor Snapdragon 888 tidak dialami oleh smartphone dengan prosesor di bawahnya, seperti Snapdragon 870, 865+, hingga 865.

Qualcomm Gandeng Samsung dan TSMC untuk Suksesor Snapdragon 888

Snapdragon 888 suhu panas

Qualcomm menyiapkan chipset flagship lainnya untuk tahun depan. Untuk merancang prosesor terbarunya, perusahaan ini bakal menggandeng Samsung dan TSMC dalam merancang prosesor flagship tersebut.

Nantinya, ada dua seri yang diperkenalkan, yakni varian standar dan juga Plus. Prosesor Snapdragon SM8450 akan dibuat oleh Samsung dengan arsitektur 4nm, sementara untuk model Plus akan dirancang oleh TSMC dengan fabrikasi yang sama.

{Baca juga: Qualcomm Siapkan Snapdragon 895 dan 895+ dengan Arsitektur 4nm}

Fabrikasi 4nm yang digunakan untuk membuat suksesor Snapdragon 888 ini nantinya merupakan penyempurnaan dari node proses 5nm. Proses yang belum diumumkan ini menghadirkan kinerja lebih baik dan potensi penghematan daya yang maksimal.

Diharapkan, chipset flagship Qualcomm ini akan diperkenalkan dengan jadwal yang sama seperti Snapdragon 888. Versi Snapdragon standar diluncurkan pada akhir tahun 2021 atau awal tahun 2022, sementara versi Plus dirilis pada pertengahan tahun depan. (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0