Home Gizmo Paten Terbaru, Smartphone Lipat Samsung Bisa Ditekuk Tiga Bagian

Paten Terbaru, Smartphone Lipat Samsung Bisa Ditekuk Tiga Bagian

Samsung Galaxy Fold

Telset.id, Jakarta – Smartphone lipat saat ini mempunyai layar yang hanya dapat ditekuk menjadi dua bagian saja. Namun berdasarkan bocoran yang beredar, Samsung tengah mempersiapkan smartphone lipat terbaru dengan layar yang bisa dilipat menjadi tiga bagian.

Perusahaan asal Korea Selatan ini dikabarkan telah mengajukan hak paten tentang smartphone yang bisa dilipat tiga. Paten tersebut diajukan Samsung pada November 2020 dan terbit pada 3 Juni 2021.

Menurut paten baru yang diajukan di World Intellectual Property Organisation, Samsung memang memiliki rencana untuk perangkat smartphone lipat terbaru dengan layar yang bisa dlipat menjadi tiga bagian.

Konsep ponsel lipat Samsung yang baru terlihat sangat mengesankan. Dalam gambar paten, tampak perangkat dengan layar tunggal yang terlipat di dua tempat.

{Baca Juga: 10 HP Samsung Terbaru Juni 2021, Rekomendasi Terlengkap}

Tidak disebutkan berapa ukuran perangkat dalam gambar, tetapi dari gambar itu terlihat bahwa dalam posisi terbuka ukurannya mungkin akan sama dengan Samsung Galaxy Z Fold2 saat ini.

Untuk membuat layar terlipat di dua tempat, Samsung menggunakan dua engsel. Salah satu engselnya terlipat ke dalam, seperti pada model Galaxy Z Fold2 dan Galaxy Z Flip, sementara engsel lainnya terlipat ke luar.

Desain yang terlihat keluar mengingatkan pada Huawei Mate XS. Smartphone lipat Huawei itu menggunakan layar fleksibel yang dapat ditekuk keluar untuk menghilangkan kebutuhan untuk menambahkan layar eksternal.

Panel lipat dibagi menjadi tiga area dengan ukuran yang sama dan dihubungkan oleh dua engsel. Layarnya juga terlihat akan memiliki bezel yang sangat kecil, dengan kamera selfie berjenis punch-hole yang terletak di bagian kanan atas layar.

Paten Smartphone Lipat Samsung

Tampaknya ada kamera lain dengan beberapa sensor yang terpasang di belakang salah satu mekanisme engsel layar. Kamera ini nantinya akan digunakan ketika mekanisme lipat tertutup sepenuhnya dan telepon dalam mode smartphone biasa.

Terlihat juga sistem tiga kamera di bagian belakang. Di sisi layar ada grill speaker dan lubang USB-C. Gambar paten smartphone lipat terbaru Samsung menunjukkan bahwa engsel layar dapat disesuaikan ke sudut mana pun yang Anda inginkan.

{Baca Juga: Samsung Galaxy Z Flip dan Galaxy A50 Terima Update Patch Keamanan}

Konsep ini pun dapat diatur dalam tampilan desktop dan mengaktifkan mode DeX yang menghadirkan pengalaman seperti desktop ke ponsel/tablet.

Rancang Smartphone Lipat Samsung S-Foldable

Prototipe Smartphone Lipat Samsung

Belum lama ini, Samsung juga dikabarkan tengah menyiapkan smartphone lipat terbaru bernama S-Foldable dengan layar yang bisa ditekuk menyerupai huruf S.

Perangkat itu disebut akan menjadi tablet 17 inci saat dibentangkan, sekaligus smartphone berlayar 7,2 inci ketika dilipat.

Mekanisme ini dimungkinkan berkat layar yang bisa dilipat di dua tempat. Struktur layar S-Foldable sendiri menyerupai huruf Z atau S. Setengah dari layarnya bisa langsung digunakan sebagai keyboard sentuh.

{Baca Juga: Samsung Siapkan Smartphone Lipat dengan Konsep S-Foldable}

Samsung juga disebut menjanjikan mengumumkan teknologi Under Panel Camera (UPC) atau kamera di bawah layar pada smartphone lipat terbaru mereka. Meski demikian, teknologi ini belum akan disajikan dalam produk komersial.

Ada kemungkinan teknologi layar lipat ini baru akan digunakan pada smartphone prototipe. Sehingga masih akan dikembangkan untuk kedepannya. (HR/MF)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0
Exit mobile version