Smartphone di India Wajib Pasang Port USB-C di Tahun 2025

Telset.id, Jakarta – India mewajibkan para vendor untuk memasarkan smartphone dengan port USB-C di negara mereka. Rencananya kebijakan smartphone USB-C bakal diterapkan pada tahun 2025.

Dikutip Telset dari BeeBom pada Senin (02/01/2023), Sekretaris Kementerian Urusan Konsumen India, Rohit Kumar Singh mengatakan kalau Biro Standar India (BIS) telah membuat standar kualitas, yang harus diikuti oleh vendor untuk produk smartphone.

“BIS telah memberi tahu standar untuk pengisi daya USB-C dan pemerintah akan membuat 2 jenis port pengisian daya umum untuk ponsel dan perangkat elektronik yang dapat dikenakan,” ujar Rohit.

Walaupun begitu peraturan mengenai kewajiban penggunaan port USB-C masih digodok oleh pemerintah India. Namun, ditargetkan peraturan tersebut akan diterapkan pada tahun 2025 mendatang.

BACA JUGA:

Pemerintah India bukan tanpa alasan membuat peraturan mengenai smartphone port USB-C tersebut. Peraturan menurut pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim India, dapat memberikan dampak positif  tepatnya mengurangi masalah limbah elektronik di negara tersebut.

Selain itu pemakaian USB-C dapat membantu orang menghemat uang, karena mereka cukup membeli satu kabel charger saja untuk berbagai jenis smartphone yang mereka miliki.

Di sisi lain aturan port USB di India, pastinya cukup mudah diikuti oleh vendor smartphone Android seperti Samsung, Xiaomi, Realme atau Oppo. Namun, bakal menjadi tantangan tersendiri bagi iPhone yang selama ini menggunakan USB tipe port lightning.

Sebelumnya Uni Eropa pada awal Oktober 2022 juga menerapkan peraturan mengenai pemakaian port USB-C untuk perangkat gadget. Melalui peraturan tersebut, seluruh perangkat smartphone, tablet dan headphone baru harus menerapkan teknologi pengisian daya USB-C pada tahun 2024.

BACA JUGA:

Sementara untuk laptop, peraturan akan berlaku pada musim semi tahun 2026 mendatang. Adapun tujuan menetapkan peraturan ini karena ingin mengurangi limbah charger yang selama ini dapat merusak lingkungan.

Peraturan tersebut dipatuhi oleh vendor Android dan juga Apple. Menurut info yang beredar, iPhone 15 yang diluncurkan tahun ini akan menggunakan teknologi port USB-C. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0