Patuhi Aturan Uni Eropa, Apple akan Pasang Port USB-C di AirPods

Telset.id, Jakarta – Apple mengadopsi USB-C di beberapa produknya selama beberapa tahun ke depan. Menurut rumor yang beredar produk Apple AirPods dan aksesoris Mac akan mengadopsi teknologi USB-C mulai tahun 2024.

Informasi ini diperoleh dari laporan wartawan Bloomberg Mark Gurman. Jurnalis Amerika Serikat itu menulis kalau Apple mulai mematuhi peraturan Uni Eropa terkait penerapan teknologi port USB-C di perangkat gadget.

Dikatakan kalau Apple akan akan mengganti semua teknologi pengisian daya di produk earbud termasuk AirPods Pro ke standar pengisian USB-C pada tahun 2024.

BACA JUGA:

Sedangkan aksesori Apple Mac, termasuk Magic Mouse, Magic Keyboard, dan Magic Trackpad dapat beralih ke USB-C secepatnya tahun depan. Sayangnya Gurman tidak menyebut jadwal penerapan teknologi ini di iPhone.

Peraturan ini merupakan imbas dari kebijakan baru yang ditetapkan oleh Uni Eropa pada awal Oktober 2022. Pasalnya Uni Eropa telah mengumumkan bahwa seluruh perangkat smartphone, tablet dan headphone baru harus menerapkan teknologi pengisian daya USB-C pada tahun 2024.

Sementara untuk laptop, peraturan akan berlaku pada musim semi tahun 2026 mendatang. Adapun tujuan menetapkan peraturan ini karena ingin mengurangi limbah charger yang selama ini dapat merusak lingkungan.

Dikutip Telset dari Engadget pada Senin (10/10/2022), Apple belum memberikan konfirmasi resmi mengenai isu tersebut, tetapi Apple yang selama ini memakai teknologi port lightning sepertinya mendukung kebijakan penerapan teknologi port USB-C.

Apple sudah mengantisipasi kebijakan tersebut dengan cukup baik. Hal ini dapat terlihat dari laporan Gurman pada bulan Mei 2022, yang mengatakan kalau Apple mulai menguji produk iPhone terbaru menggunakan USB-C.

BACA JUGA:

Kemudian diprediksi kalau penerapan teknologi USB-C terjadi pada tahun 2023, yang artinya iPhone 15 yang dirilis dengan memakai teknologi USB-C.

Selain itu Gurman mengharapkan perusahaan untuk mentransisikan iPhone dan iPad sepenuhnya ke pengisian induktif di beberapa titik dalam beberapa tahun ke depannya. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0