Servis Layar iPhone 14 Sangat Mudah, Tapi Cuma di Toko Resmi!

Telset.id, Jakarta – Servis iPhone 14 ternyata lebih mudah dibanding model sebelumnya, seperti klaim yang disampaikan oleh Apple beberapa waktu lalu.

Servis iPhone 14, terutama layar, tidaklah sulit asalkan bukan di toko reparasi pihak ketiga. Artinya, Anda harus memperbaiki iPhone 14 di toko resmi Apple.

Phone Arena, seperti Telset kutip pada Senin (1/11/2022), melaporkan bahwa perbaikan iPhone 14 memang mudah, khususnya dalam membongkar casing.

Namun demikian, membuat iPhone 14 menjadi berfungsi seperti sediakala benar-benar pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran. Sulit melakukannya!

BACA JUGA: 

Kasus bermula ketika dua sensor cahaya iPhone 14, yang digunakan untuk mengkalibrasi kecerahan layar, tiba-tiba mengalami permasalahan operasional.

Jika Anda memutuskan untuk membawanya ke tempat reparasi tidak sah untuk penggantian sensor cahaya, jangan kaget kalau layar akan benar-benar hitam.

Agar kerusakan tidak terjadi, Anda harus mengingat posisi yang tepat dari penggeser kecerahan layar dan menyesuaikannya secara manual setiap saat.

Apple tampaknya telah mengadopsi pembatasan “pasangan bagian”, yang berarti bahwa setiap bagian memiliki ID digital yang dikenali oleh iPhone 14.

Jika tidak mengenali ID digital, maka layar tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya. Satu-satunya cara untuk memperbaiki adalah dmenyetujui ID baru.

Sayang, hal tersebut hanya dapat dilakukan melalui perangkat lunak internal Apple dan oleh teknisi resmi Apple. Teknisi pihak ketiga tidak bisa melakukannya.

Sebelumnya, teknisi pihak ketiga bisa menggunakan perangkat khusus yang bernama programmer EEPROM atau memori read-only yang diprogram secara elektrik.

Perangkat khusus itu memungkinkan pengguna untuk menulis ulang informasi yang disimpan dalam microchip EEPROM. Teknisi pihak ketiga pun bisa membaca ID.

Namun, metode tersebut tidak berfungsi di jajaran iPhone 14 baru. Jadi, ya, mau tak mau pengguna harus membawa iPhone 14 ke toko resmi Apple kalau rusak.

BACA JUGA: 

Dengan kata lain, klaim Apple bahwa iPhone 14 merupakan perangkat yang lebih mudah direparasi ketimbang seri sebelumnya tidaklah sepenuhnya bisa dipercaya.

Kemudahan perbaikan hanya akan didapatkan manakala pengguna memutuskan untuk membawa iPhone 14 yang bermasalah untuk direparasi di toko resmi Apple. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0