Kelebihan dan Kekurangan iPhone 14 Series, Wajib Tahu!

Telset.id – iPhone 14 Series telah resmi diluncurkan pada acara Apple Event 2022 kemarin. Seri ini terdiri dari 4 model yaitu iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max. Tentunya smartphone baru ini memiliki berbagai kelebihan dan kekurangan yang patut kalian sorot.

Setiap tahunnya, Apple memang rajin merilis iPhone terbaru dan di tahun 2022 ini diperkenalkan iPhone 14. Sebagai merek HP premium, iPhone pastinya menawarkan berbagai kelebihan yang tidak dimiliki oleh smartphone lain atau seri iPhone sebelumnya.

Tidak heran kalau iPhone selalu ditunggu oleh penggemar Apple atau disebut Apple FanBoy. Akan tetapi, iPhone 14 bukan tanpa celah. Tidak ada smartphone yang sempurna, sehingga terdapat beberapa kekurangan dari iPhone 14 yang patut kalian ketahui.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih dalam mengenai iPhone 14, berikut ini kelebihan dan kekurangan dari smartphone tersebut.

BACA JUGA: 

Kelebihan iPhone 14 

Sebagai smartphone baru, pastinya Apple membawa berbagai kelebihan mulai dari baterai hingga fitur. Berikut ini kelebihan dari iPhone 14.

1. Masa Pakai Baterai Lebih Lama

iPhone 14

Pada peluncurannya Apple tidak menyebutkan kapasitas baterai untuk keempat seri iPhone 14. Hanya saja menurut rumor yang beredar, iPhone 14 menggunakan baterai 3.279 mAh, iPhone 14 Plus sebesar 4.325 mAh, iPhone 14 Pro 3.200 mAh dan iPhone 14 Pro Max 4.323 mAh.

Meski kapasitas baterainya tidak jauh berbeda dengan iPhone 13, namun daya tahan baterai di HP terbaru Apple ini lebih tinggi. Berdasarkan ulasan dari Gizchina daya tahan iPhone 14 ketika dipakai untuk memutar video dan audio sebesar 20 jam dan 80 jam.

Sedangkan daya tahan baterai iPhone 13 untuk memutas video atau video hanya 19 jam dan 75 jam. Hasil yang sama juga terjadi untuk iPhone 14 Pro Max.

Baterai HP ini mampu bertahan hingga 29 jam dan 95 jam ketika dipakai untuk memutar video dan audio. Hasil yang juga lebih kuat kalau dibandingkan dengan iPhone 13 Pro Max yang kuat dipakai selama 28 jam untuk memutar video.

2. Peningkatan Sensor Kamera Utama

kamera iPhone 14

Keunggulan berikutnya dari segi kamera. Khusus untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, Apple menyematkan kamera utama 48 MP. Untuk pertama kalinya, jajaran Pro dilengkapi kamera Utama 48 MP aperture f/1.8 dengan sensor quad-pixel.

Sensor ini menggabungkan setiap 4 piksel menjadi satu quad-pixel sehingga mampu menghasilkan foto yang bagus meski berada di area minim cahaya.

Kamera utama 48 MP juga dipadukan dengan kamera telephoto 12 MP aperture f/2.8 yang didukung teknologi OIS dan 3x optical zoom serta kamera ultra wide 12 MP aperture f/2.2. Di bagian depan ada kamera 12 MP aperture f/1.9.

3. Pakai Chipset A16 Bionic

Chip A16 Bionic

Khusus untuk iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max, Apple memasang chipset A16 Bionic. Tentunya ini menjadi keunggulan dari iPhone 14 Series. Sebab, A16 Bionic  didukung oleh CPU 6-Core, GPU 5-Core serta Neural Engine 16-Core.

Alhasil chipset ini diklaim 40% lebih cepat daripada kompetitor dan mampu melakukan hampir 17 triliun operasi per detik. Apple mengklaim kalau chip ini memberikan lebih banyak kinerja dengan daya baterai yang lebih hemat dibandingkan produk HP lainnya.

4. Tersedia Fitur Emergency SOS 

Fitur Emergency SOS

Apple juga memperhatikan aspek keamanan. Hal ini dapat terlihat dari fitur Emergency SOS via Satelit. Fitur ini menggabungkan komponen khusus yang sangat terintegrasi dengan perangkat lunak untuk memungkinkan HP erhubung langsung ke satelit.

Dengan fitur SOS, pengguna bisa melakukan pengiriman pesan dengan layanan darurat saat berada di luar jangkauan seluler atau Wi-Fi. Sebelum mengirimkan pesan, fitur ini akan menampilkan beberapa pertanyaan penting untuk menilai situasi pengguna.

Lalu ponsel akan menunjukkan kepada pengguna, ke mana harus mengarahkan ponsel mereka terhubung ke satelit untuk kemudian mengirimkan pesan ke teman atau keluarga. Selain untuk mengirimkan pesan, fitur Emergency SOS bisa juga dipakai untuk berbagi lokasi mereka ke orang lain.

BACA JUGA: 

Kelemahan iPhone 14 Series 

iPhone 14 Series juga memiliki kelemahan yang patut diperhatikan. Setidaknya ada 2 kelemahan dari iPhone 14 Series, tepatnya dari segi layar dan chipset.

1.  Masih Pakai Chipset A15 Bionic 

Perlu diketahui kalau penggunaan chipset A16 Bionic hanya dipasang di seri “Pro” dan “Pro Max” saja. Sementara, untuk versi iPhone 14 dan iPhone 14 Plus Apple memilih masih menggunakan A15 Bionic alias sama seperti iPhone 13 Series.

Tidak dijelaskan mengapa Apple masih memasang A15 Bionic di produk terbarunya. Namun, raksasa Cupertino ini mengklaim kalau A15 Bionic yang disematkan mengalami peningkatan dari kapasitas GPU dimana untuk iPhone 14 menggunakan GPU 5-Core, sedangkan iPhone 13 GPU 4-Core.

2. Ukuran Layar Sama

Layar iPhone 14

Apple memang belum melakukan inovasi terkait ukuran layar. Sama seperti versi iPhone 13, ukuran layarnya adalah 6,1 inci dan 6,7 inci. Jadi kalau dilihat sepintas, ukuran iPhone 14 akan terlihat sama dengan versi iPhone 13 yang diluncurkan tahun 2021 lalu.

Well itu tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan iPhone 14 Series. Berbagai kelebihan dan kekurangan ini, semoga bisa menjadi referensi Anda saat ingin membeli iPhone 14. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0