Samsung Galaxy Z Fold 3 Dukung S Pen, Gantikan Galaxy Note?

Telset.id, Jakarta – HP premium dengan layar lipat besutan Samsung generasi terbaru, Samsung Galaxy Z Fold 3 bakal mendapatkan peningkatan signifikan dalam hal desain, fitur, dan spesifikasi.

Meneurut laporan dari media asal Korea Selatan, The Elec, ponsel pintar ini bakal mendukung S Pen, spesiifkasi lebih kencang, dan fitur kamera yang lebih baik.

Samsung kabarnya bakal merancang Galaxy Z Fold 3 agar memiliki slot khusus untuk stylus canggih S Pen. Pena digital ini khusus dibuat untuk layar lipat.

Meski begitu, layar Galaxy Z Fold 3 justru sedikit lebih kecil. Ukuran layarnya hanya 7,5 inci saja, berbanding 7,6 inci milik Samsung Galaxy Z Fold 2. Namun, ponsel lipat generasi terbaru itu bakal mengusung panel Ultra-Thin Glass yang lebih tebal untuk menahan tekanan dari S Pen.

Dukungan S Pen ini langsung menguatkan anggapan bahwa Samsung bakal mematikan seri Galaxy Note di tahun ini. Akhir tahun lalu, beredar rumor yang menyatakan bahwa Samsung akan pensiunkan seri Galaxy Note pada 2021.

{Baca juga: Samsung Setop Seri Galaxy Note, Dipensiunkan Mulai Tahun Depan}

Samsung sepertinya akan fokus kepada seri Galaxy S dan handset yang dapat dilipat, tetapi bukan seri Galaxy Note. Proyek Galaxy Note tersebut bakal dialihkan ke smartphone model layar lipat.

Terbukti, Samsung Galaxy S21 Ultra yang diluncurkan sudah mendukung S Pen. Kini, Galaxy Z Fold 3 pun juga dikabarkan bakal mendukung S Pen yang terintegrasi pada bodinya.

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3

spesifikasi Galaxy Z Fold 2

Samsung Galaxy Z Fold 3 akan ditenagai oleh prosesor bertenaga Snapdragon 888 yang dipadukan dengan memori internal minimal 256 GB. Smartphone ini juga berjalan di One UI 3.5 yang sudah disesuaikan untuk ponsel lipat.

Kapasitas baterai smartphone lipat ini lebih kecil daripada generasi terdahulu. Baterainya sebesar 4.380 mAh, namun mengusung teknologi dual-battery system dan juga fitur fast charging.

{Baca juga: HANDS-ON Samsung Galaxy Z Fold2: Ngoprek Live}

HP lipat terbaru ini kabarnya juga akan menjadi ponsel Samsung pertama yang menampilkan kamera selfie di bawah layar. Sementara untuk kamera belakangnya, terdapat kamera utama, ultra wide, dan juga telephoto.

The Elec pun melaporkan bahwa Samsung telah menjalin kerja sama dengan perusahaan optik asal Jepang Olympus untuk menghadirkan edisi khusus Galaxy Z Fold 3 bersama. (MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -