Samsung Galaxy Z Flip3 5G: Spesifikasi, Fitur dan Kelebihannya

Telset.id, Jakarta – Selain Galaxy Z Fold3 5G, Samsung juga memperkenalkan smartphone lipat Z Series lainnya, Samsung Galaxy Z Flip3 5G di acara Galaxy Unpacked. Masih tampil dengan varian warna yang lebih berani, smartphone ini juga diklaim lebih powerful.

Sama seperti Z Fold3 5G,  seri Galaxy Z Flip3 5G juga merupakan smartphone foldable premium yang dirancang dengan craftmanship dan inovasi level flagship.

Dari desain ikonis hingga pengalaman hiburan yang immersive, Z Fold3 dan Z Flip3 akan memberikan pengguna cara baru yang unik dalam bekerja, menonton, dan bermain.

Jika sebelumnya kami sudah mengulas Galaxy Z Fold3 5G, maka pada tulisan kali ini kami akan mengulas Galaxy Z Flip3 5G, mulai dari spesifikasi, fitur dan kelebihannya dibanding seri sebelumnya.

Spesifikasi Galaxy Z Flip3

Samsung Galaxy Z Flip3 5G
Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Spesifikasi Samsung Galaxy Z Flip3 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 888 yang sangat bertenaga. Chipset tersebut diperbantukan dengan adanya RAM 8 GB, memori penyimpanan 128 GB/256 GB tanpa dukungan microSD, serta baterai berkapasitas 3.300 mAh dengan fast charging 15W, wireless charging 10W, dan reverse wireless charging 4,5W.

Seperti Galaxy Z Fold3, smartphone ini juga sudah berjalan di sistem operasi OneUI 3.1 berbasis Android 11 terbaru. Sudah pasti, sistem operasi tersebut telah disesuaikan dengan tampilan layar lipat dari Galaxy Z Flip3.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Fold3 5G yang Baru Diluncurkan

Ke ranah kamera, Samsung mengandalkan sistem dua kamera dengan sensor masing-masing 12MP. Konfigurasinya adalah kamera wide dengan OIS dan juga ultrawide dengan bukaan lensa yang besar. Sementara kamera depannya, hanya beresolusi 10MP saja.

Spesifikasi Galaxy Z Flip3 lainnya,  smartphone lipat terbaru Samsung ini mendukung mempunyai port USB-C, WLAN-ac, Bluetooth 5.0, NFC, eSIM, dan pastinya mendukung koneksi super cepat 5G.

Memadukan Gaya dan Fungsionalitas

Samsung Galaxy Z Flip3 5G
Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Z Flip3 menjadi perangkat ideal bagi konsumen yang memadukan gaya dan fungsionalitas berkat desain yang sleek, compact, pocketable, serta ditunjang dengan pengembangan kamera dan Cover Screen yang lebih besar untuk pemakaian yang lebih ringkas.

Jika dilihat tampilannya Galaxy Z Flip3 5G tampil lebih menarik dibanding seri sebelumnya, dengan pilihan warna yang berani, desain yang mulus, dan fitur premium.

Ada empat pilihan warna kekinian yang tersedia, yakni Cream, Green, Lavender, dan Phantom Black. Desainnya makin menarik dengan adanya tambahan ring grips dan strap cases baru yang stylish dan memudahkan pengguna dalam menggenggam perangkat.

Desain baru Cover Screen kini empat kali lebih besar sehingga memudahkan pengguna untuk melihat notifikasi dan pesan yang masuk tanpa perlu membuka perangkat.

Pengguna juga bisa tetap update dengan jadwalnya, memeriksa cuaca, dan melihat seberapa banyak langkah yang dilakukan dalam sehari melalui widget baru pada Cover Screen, hingga mengatur wallpaper di Cover Screen agar terlihat serasi dengan warna perangkat.

Samsung Pay pun kini bisa langsung diakses di Cover Screen, membuat Anda yang menggunakan HP terbaru Samsung ini akan mendapatkan pengalaman transaksi pembayaran elektronik lebih cepat dan mudah.

Lebih Tangguh

Kelebihan Galaxy Z Flip3 5G

Pengguna Samsung mengharapkan perangkat foldable yang dirancang untuk penggunaan dalam waktu yang lama. Maka dari itu, generasi terkini dari Galaxy Z dibangun dengan craftsmanship yang lebih tangguh.

Meski tampilannya cantik, tapi smartphone ini jangan diragukan ketangguhannya. Z Flip3 dibekali fitur tahan air IPX8, yang tidak ada di seri sebelumnya. Z Flip3 menjadi smartphone foldable pertama di dunia yang dibekali fitur tahan air.

Smartphone ini juga dibuat dengan Armor Aluminum terbaru dari Samsung, dengan material aluminium terkuat yang pernah digunakan untuk sebuah smartphone. Tak hanya itu, ponsel lipat ini juga dilapisi pelindung Corning Gorilla Glass Victus untuk perlindungan terkuat dari goreas dan benturan saat jatuh dari ketinggian.

Samsung juga melengkapi kedua perangkat ini dengan film pelindung baru berbahan PET yang dapat meregang dan panel layar utama yang lebih optimal sehingga menciptakan layar yang 80% lebih tahan lama dibanding pendahulunya.

Teknologi revolusioner Hideaway Hinge yang pertama kali diperkenalkan pada Galaxy Z Flip, kembali dihadirkan pada Z Flip generasi ketiga ini. Hideaway Hinge memungkinkan perangkat tetap kuat dalam satu kesatuan saat pengguna menggunakan Flex Mode.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Flip3 di Indonesia, Mulai Rp 14 Jutaan

Dengan peningkatan pada teknologi Sweeper, kini bulu pembersih di dalam Hideaway Hinge menjadi lebih pendek untuk memastikan tersapunya debu dan partikel lainnya dan memungkinkan desain perangkat yang lebih tipis.

Galaxy Z Flip3 juga diklaim telah melalui tes pelipatan yang ketat, terverifikasi oleh Bureau Veritas, agar tahan dilipat selama 200.000 kali. Smartphone ini juga dilengkapi dengan AP fabrikasi 5nm terbaru yang powerful serta dukungan jaringan 5G.

Fitur dan Kelebihan Galaxy Z Flip3

Kelebihan Galaxy Z Flip3 5G
Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Selain desain yang cantik dan ketahanan yang lebih tangguh, kelebihan Galaxy Z Flip3 lainnya yang menarik untuk dibahas adalah fitur-fitur yang dibawanya. Pertama kita akan melirik fitur kameranya.

Ponsel ini mengandalkan sistem dua kamera dengan sensor masing-masing 12MP. Konfigurasinya adalah kamera wide dengan OIS dan juga ultrawide dengan bukaan lensa yang besar. Sementara kamera depannya, hanya beresolusi 10MP saja.

Galaxy Z Flip3 dirancang untuk memberikan pengguna kemampuan terbaik dalam menangkap dan membagikan momen. Maka dari itu, ponsel lipat ini dilengkapi sejumlah fitur kamera terbaru dari Samsung, termasuk membuat foto selfie unik secara hands-free dengan Flex Mode.

Selain itu, saat perangkat dalam kondisi tertutup, pengguna bisa mengambil foto dengan cepat, terlebih lagi merekam video juga kini bisa langsung dari Cover Screen lewat fitur Quick Shot. Caranya dengan menekan tombol daya Z Flip3 dua kali.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 Debut, Mulai Pre Order di Indonesia

Tak ketinggalan, scrolling di Z Flip3 pun kini terasa sangat mulus berkat adaptive refresh rate 120Hz. Tentunya akan membuat Anda semakin nyaman saat menonton YouTube atau acara TV secara hands-free.

Pengalaman menonton pun jadi lebih memuaskan berkat Stereo Speaker dengan Dolby Atmos terbaru, karena pengguna bisa merasakan suara immersive dengan kejernihan, kedalaman, dan efek spasial dari apa yang ditonton atau didengar.

Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Di samping itu, fitur Flex Mode Panel yang baru juga membuat aplikasi menjadi lebih mudah digunakan. Saat perangkat dilipat sebagian, Flex Mode Panel memberikan pengguna cara baru untuk berinteraksi dengan Z Flip3 dan menawarkan rasa nyaman saat menonton.

Misalnya dengan menempatkan video di bagian atas layar dan panel kontrol seperti tingkat kecerahan dan volume di bagian bawah layar.

Baca juga: Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Watch 4 & Classic di Indonesia

Pengguna juga kini bisa mendapat akses ke lebih banyak aplikasi yang memaksimalkan teknologi layar lipat, agar pengguna bisa menikmati lebih banyak aplikasi yang didesain khusus sesuai kebutuhan pengguna yang unik.

Kelebihan Galaxy Z Flip3 5G

Salah satu contohnya adalah bagaimana pengguna kini bisa menikmati video chatting pada Microsoft Teams yang telah dioptimalkan sepenuhnya, sehingga saat perangkat dalam kondisi terbuka, pengguna bisa melihat presentasi secara full-screen seraya melihat wajah kolega di bawahnya.

Begitupun saat menggunakan mode dual-pane pada Microsoft Outlook, memungkinkan pengguna untuk membaca email secara utuh sembari melihat preview dari email lain di sisi layar, sama halnya saat kita melihatnya di komputer. [HBS]

SPESIFIKASI SAMSUNG GALAXY Z FLIP3
Rilis Agustus 2021
Network 2G, 3G, 4G, 5G
OS Android 11, One UI 3.1
Chipset Qualcomm Snapdragon 888 (5 nm)
CPU Octa-core (1x 2.84 GHz + 3x 2.42 GHz + 4x 1.80 GHz Kryo 680)
GPU Adreno 660
RAM 8 GB LPDDR5
Storage 129 GB/256 UFS 3.1
Dimensi 166 x 72.2 x 6.9 mm, 183 gram
Layar Layar utama di bagian dalam: 6.7 inches foldable, 2640 x 1080 pixels, 425 ppi, Corning Gorilla Glass Victus, Dynamic AMOLED 2x, 120 Hz
Layar bagian luar: 1.9 inches, (260 x 512 pixels)
Kamera Utama 12 MP (wide) OIS, 12 MP (ultrawide)
Kamera Depan 10 MP (wide)
Beterai 3300 mAh, fast charging, wireless charging
Warna Black, Cream, Lavender, Phantom Black, Gray, White, dan Pink
Harga Rp 14,9 jutaan (8 GB/128 GB). Rp 15,9 jutaan (8 GB/256 GB)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0