Galaxy S22 Ultra Punya Sistem Pendingin Baru, Pas Buat Gaming

Telset.id, Jakarta – Samsung Galaxy S22 Ultra tak cuma dipersiapkan sebagai HP dengan kamera terbaik atau ponsel untuk menunjang produktivitas saja, tapi juga sebagai HP gaming terbaik. Bagaimana tidak, perusahaan asal Korea Selatan ini menyematkan sistem pendingin baru pada Samsung Galaxy S22 Ultra yang pas buat gaming.

Sistem pendingin yang dibenamkan di Samsung Galaxy S22 Ultra menggunakan pasta termal baru, yang diklaim mampu mentransfer panas 3,5x lebih efisien. Samsung menyebut pasta termal baru tersebut sebagai Gel-TIM.

Kemudian di atasnya adalah Nano-TIM, yaitu komponen yang melindungi interferensi elektromagnetik. Lapisan ini mentransfer panas ke ruang uap lebih efisien dan lebih tahan di bawah tekanan daripada solusi serupa yang digunakan sebelumnya.

Baca Juga: Fitur Canggih di Samsung Galaxy S22 Series

Desain keseluruhan juga tampaknya baru. Ruang uap dulu diletakkan pada PCB (papan sirkuit tercetak), tetapi sekarang mencakup area yang lebih luas dari AP (prosesor aplikasi) ke baterai, yang meningkatkan perpindahan panas.

Ruang uap terbuat dari baja tahan karat berikat ganda, sehingga lebih tipis dan lebih tahan lama. Solusi pendinginan berakhir di lembaran grafit lebar yang menyebarkan panas dari ruang uap.

Baca Juga: Harga Samsung Galaxy S22 Series

Dilansir dari Sammobile, Kamis (10/2/2022), sistem pendingin yang lebih baik di Samsung Galaxy S22 Ultra berarti bahwa chipset dapat bekerja pada kapasitas maksimum untuk sesi yang lebih lama.

Dengan teknologi pendingin baru di HP terbaru Samsung itu, tentunya akan berimbas pada kinerja optimal yang terus terjaga tanpa perlu khawatir terjadi overheat.

Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Ultra

Samsung Galaxy S22 Ultra menjadi model dengan spesifikasi tertinggi dan tentu saja dibanderol dengan harga yang lebih mahal daripada dua saudaranya. HP terbaru dari Samsung ini datang dengan konsep desain yang begitu mirip dengan Samsung Galaxy Note20 Ultra.

HP flagship terbaru ini menjadi Galaxy S pertama dengan slot S Pen terintegrasi di dalamnya. Pantas saja Samsung mengusung tagline “break the rules” pada iklan teaser yang mereka tayangkan di berbagai platform media sosial.

Samsung Galaxy S22 Ultra menampilkan layar berjenis Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,8 inci. Layarnya punya lengkungan di sisi kiri dan kanannya, mengingatkan dengan seri Galaxy Note yang telah dipensiunkan.

Layarnya punya resolusi yang begitu tinggi, 3K atau 3.080 x 1.440 piksel. Selain pas untuk menunjang produktivitas, layarnya juga sangat cocok buat para gamer berkat dukungan refresh rate 120Hz yang adaptif.

Baca juga: Perbandingan Spesifikasi Samsung Galaxy S22 Series

Ya, layar ponsel ini mampu menampilkan konten di kecepatan 1Hz sampai 120Hz sesuai dengan kebutuhan ataupun aplikasi yang dijalankan pengguna. Layarnya telah dilindungi oleh Gorilla Glass Victus, serta mendukung fitur Vision Booster.

Samsung Galaxy S22 Ultra dilengkapi dengan spesifikasi yang amat powerful. Dua jenis prosesor disematkan pada Samsung Galaxy S22 Ultra, yakni Exynos 2200 terbaru yang didukung GPU AMD RDNA 2 dan Snapdragon 8 Gen 1.

Di Indonesia, Samsung Galaxy S22 Series akan ditenagai oleh Snapdragon 8 Gen 1. Cukup menarik, karena biasanya pasar Indonesia selalu mendapatkan tipe dengan SoC Exynos.

Snapdragon 8 Gen 1 sendiri dibuat dengan fabrikasi 4nm. Sekadar informasi, makin kecil fabrikasi, maka chipset “seharusnya” semakin cepat dan irit daya.

Hemat daya sungguh penting ditonjolkan pada ponsel dengan spesifikasi powerful seperti Samsung Galaxy S22 Ultra. Lewat performanya yang tinggi, pengguna sudah pasti sangat mengandalkannya untuk kebutuhan sehari-hari, sehingga jangan sampai ponsel pun cepat kehabisan daya baterai.

Snapdragon 8 Gen 1 sendiri terdiri dari tiga kluster, yakni 1-core Cortex X2 dengan kecepatan 3 GHz, 3-core Cortex 710 dengan clock-speed 2,5 GHz, dan 4-core Cortex-510 dengan kecepatan 1,8 GHz.

Baca juga: Review Samsung Galaxy S21 Ultra 5G

Prosesor Snapdragon 8 Gen 1 maupun Exynos 2200 pada Samsung Galaxy S22 Ultra dipasangkan dengan RAM 12 GB, memori penyimpanan 128 GB, 256 GB, dan 512 GB, serta baterai dengan kapasitas 5.000 mAh yang didukung fast charging 45W, wireless charging 15W, serta wireless powershare.

Di bagian kamera, Samsung Galaxy S22 Ultra memiliki spesifikasi kamera dengan kualitas pencitraan yang jauh lebih baik. Kamera utamanya menggunakan sensor 108MP yang didukung OIS, kamera ultrawide 12MP, kamera telephoto 10MP dengan OIS yang punya perbesaran 3x, serta kamera periskop 10MP dengan OIS yang punya perbesaran sampai 10x.

Sementara di depan, tersemat kamera selfie 40MP yang diletakkan pada lubang kamera di tengah atas layar. Sayang, ponsel ini belum mendukung teknologi kamera di bawah layar seperti Samsung Galaxy Z Fold3.

Lantas berapa harga resminya? Samsung menjual Galaxy S22 Ultra di Indonesia dengan harga mulai Rp 17,9 jutaan untuk model 12/128 GB, Rp 18,9 jutaan untuk varian 12/256 GB, dan Rp 20,9 jutaan untuk versi 12/512 GB. (HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0