Galaxy Note20 Series Pintar Dipakai Kerja, Diajak Main Juga Asyik

Samsung Galaxy Note20 Series

Telset.id – Bicara soal produktivitas, Samsung Galaxy Note20 Series memang jagonya, karena ponsel ini dilengkapi fitur untuk mendukung pekerjaan. Tapi asal tahu saja, phablet ini juga yahud diajak bermain game.

Sudah “sejak lahir”, Samsung Galaxy Note Series memang dirancang untuk mengakselerasikan produktivitas para pemakainya.

Hal itu dapat dilihat dari desainnya yang besar, spesifikasi tinggi, dan juga fitur-fitur pendukungnya yang memang disiapkan untuk mendukung aktifitas pekerjaan. Makanya, Galaxy Note Series sering dibilang cocok dipakai para profesional.

{Baca juga: Kerja Produktif ala Duet “S Pen dan S Notes” di Galaxy Note20}

Secara sederhana, kata profesional disini mengandung makna sebagai “orang kantoran” atau pekerja yang mobile, dimana dalam situasi kerja on the go terkadang harus segera melakukan pekerjaan ataupun feedback dari tim kerja dimanapun berada.

Tapi apakah smartphone seri Galaxy Note hanya bisa buat kerja? Tentu saja tidak. Karena dengan dibekali spesifikasi gahar, smartphone ini juga asyik diajak bermain-main. Mulai dari nonton streaming film, YouTube, TikTok, dan juga bermain game.

Pintar Diajak Kerja

Samsung Galaxy Note20 Series yang baru saja diluncurkan memang phablet yang dirancang untuk mendukung produktivitas kerja penggunanya. Dimulai dari desain layarnya yang besar untuk membuat proses editing dokumen menjadi lebih nyaman.

Kemudian storage-nya yang besar bisa bermanfaat untuk menyimpan banyak file, dan juga kapasitas baterai yang besar akan memastikan ponsel ini lebih tangguh diajak kerja seharian.

Namun dari semua kelebihannya, ada satu fitur yang tidak pernah absen di Galaxy Note Series, yaitu S Pen. Stylus pintar ini bahkan menjadi fitur khas yang dimiliki oleh Note Series sejak pertama diluncurkan pada tahun 2011.

Pada Samsung Galaxy Note20, Samsung telah memberikan peningkatan performa dan menambahkan sejumlah fitur baru di S Pen. Seperti menambahkan beberapa gerakan baru pada Air Gesture di S Pen, kemampuan membuat folder, sinkronisasi otomatis, serta Audio Bookmark pada Samsung Notes.

Salah satu peningkatan penting dari sisi performa adalah, latency S Pen telah ditingkatkan hingga 26ms pada Galaxy Note20, dan 9ms pada Galaxy Note20 Ultra. Peningkatan ini tentu sangat berpengaruh dari sisi kenyamanan, terutama saat mencatat, mengedit foto, dan mengedit video.

{Baca juga: Sederet Fitur Baru S Pen di Galaxy Note20 yang Makin Pintar}

S Pen sendiri punya aplikasi pendukung bernama Samsung Notes, yang menjadikan mereka menjadi “duet maut” di seri Galaxy Note20. Kali ini Samsung juga memberikan peningkatan pada Samsung Notes, dengan menghadirkan fitur Audio Bookmark.

Fitur Audio Bookmark melengkapi fitur Handwriting to Text dan Screen-off Memo yang sudah hadir di Note Series sebelumnya. Kemampuan lainnya seperti menkonversikan file-file pada Samsung Notes menjadi format PPT, Word, maupun PDF.

S Notes di era #NewNormal

Situasi pandemi seperti saat ini menuntut siapapun untuk bisa bekerja disituasi yang berubah. Ada kalanya kita harus bekerja di kantor maupun bekerja di rumah, karena ada aturan social distancing atau PSBB.

Bekerja di rumah pasti membawa tantangan tersendiri, bagi yang tidak biasa. Anda harus pintar-pintar membagi waktu antara kepentingan pribadi dan waktu bekerja. Repot sudah pasti.

Tapi kerepotan itu bisa Anda atasi jika Samsung Galaxy Note20 ada dalam genggaman Anda, karena smartphone ini memiliki seabrek fitur yang bisa memudahkan Anda untuk bekerja, seperti mengedit dan membuat konten on the go.

Disaat Anda harus mencatat sesuatu secara tiba-tiba, Anda bisa memanfaatkan fitur Screen-off Memo. Cukup keluarkan S Pen dan ketuk layar Galaxy Note20 Series dengan menggunakan S Pen untuk langsung menulis tanpa perlu membuka lockscreen.

Catatan yang Anda buat disini akan secara otomatis disimpan kedalam Samsung Notes Anda. Fitur ini juga bisa membantu Anda saat harus segera melakukan editing pada file PDF, karena Anda dapat langsung import file PDF tersebut kedalam Samsung Notes.

Fitur menarik lainnya yang bisa membantu Anda bekerja adalah fitur Audio Bookmark. Fitur terbaru yang dihadirkan di Galaxy Note20 Series ini memudahkan Anda mencatat dengan S Pen dari Voice Notes.

Jadi, Audio Bookmark akan memberikan timestamp pada Voice Notes dan mensinkronisasikannya dengan tulisan yang Anda buat disaat yang bersamaan. Tapi bagaimana kalau misalnya Anda lupa pada salah satu poin catatan?

{Baca juga: Kerja Produktif ala Duet “S Pen dan S Notes” di Galaxy Note20}

Tidak usah khawatir, cukup tekan tombol play pada kanan atas S Notes, dan ketuk S Pen pada poin yang ingin Anda ingat, maka Samsung Notes akan secara otomatis memainkan Voice Notes di saat Anda membuat tulisan tersebut.

Fitur ini diciptakan untuk mempermudah Anda mengingat poin-poin pembicaraan ketika membaca ulang catatan Anda. Menariknya, ketika Anda mencatat dengan terburu buru biasanya tulisan menjadi “acak-acakan” atau miring, Anda bisa merapihkannya dengan fitur Auto Straightens.

Selain itu ada beberapa fitur lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk mendukung aktifitas pekerjaan. Seperti fitur Folder dan Auto Synchronize yang memudahkan Anda untuk mengatur dokumen.

Asyik Diajak Nonton

Mungkin banyak yang menganggap Galaxy Note Series hanya cocok dipakai oleh para profesional atau “orang kantoran”. Tidak salah memang, karena phablet ini banyak fitur yang diperuntukkan untuk mendukung produktivitas kerja. Selain itu, harganya juga sangat premium.

Tapi apakah Galaxy Note20 Series tidak bisa dibawa “nyantai”? Tentu saja bisa banget. Smartphone ini disokong spesifikasi tinggi, sehingga sangat multi-tasking, bisa diajak serius bekerja maupun dipakai santai bermain menyalurkan hobi Anda.

Samsung unveils the Galaxy Note 20 and its latest foldable phone - CNN

Buat kalian yang hobi menonton streaming film atau sering melihat-lihat video singkat di lewat smartphone, smartphone ini sangat bisa memanjakan mata Anda. Nonton Netflix, YouTube, atau lihat-lihat video di Instagram dan TikTok jadi lebih asyik.

Bagaimana tidak, Galaxy Note20 memiliki layar yang besar berukuran 6,7 inci berjenis Super AMOLED Plus dengan resolusi maksimal Full HD+ dan refresh rate 120hz dan aspek rasio 20:9, yang membuat video akan ditampilkan semakin halus.

{Baca juga: Asah Kreativitas Kamu dengan 8 Fitur Kamera Galaxy Note20 Series}

Bahkan untuk varian Galaxy Note20 Ultra bisa menghasilkan gambar yang lebih ‘gokil’, karena selain layarnya lebih besar berukuran 6,9 inci berjenis Dynamic AMOLED 2X dengan resolusi WQHD+, yang menampilkan kontras warna lebih cerah dan jelas.

Makanya jangan heran jika ada yang mengatakan Samsung Galaxy Note20 Series adalah pilihan gadget yang tepat untuk kalian yang suka menonton film secara mobile.

Asyik Diajak Ngegame

Buat yang hobi ngegame, kalian nampaknya sudah mulai mempertimbangkan untuk upgrade smartphone Anda ke Galaxy Note20 Series. Meski memang bukan ponsel gaming, tapi smartphone ini memiliki spesifikasi gahar yang siap melahap game-game berat sekalipun.

Samsung Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra ditenagai oleh spesifikasi dapur pacu yang sangat mumpuni. Samsung menyematkan prosesor kencang Exynos 990 dan juga RAM LPDDR5 berkapasitas besar pada Galaxy Note20 Series.

RAM LPDDR5? Yups, Anda tak salah melihat ataupun mendengar. Ketika smartphone lain masih menggunakan RAM berjenis LPDDR4X, Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra sudah ditopang oleh RAM yang lebih kencang berjenis LPDDR5.

RAM 8GB LPDDR5 sudah sangat baik dalam mendukung performa untuk bermain-main di Galaxy Note20 Series, mulai dari bermain game casual, Mobile Legend, hingga game seberat PUBG atau Fortnite, maupun merekam video 8K.

Oya, kami akan sedikit memberi penjelasan soal RAM LPDDR5, karena banyak netizen yang “gagal paham” saat melihat angka 8GB pada RAM di Galaxy Note20 Ultra. Banyak yang bilang “RAM nya kok cuma 8GB”?

Nah, perlu diketahui bahwa, Mobile Legend yang merupakan game paling populer di kalangan mobile gamer atau Fortnite yang dikenal sebuah game berat membutuhkan kisaran memori RAM sebesar ratusan megabyte hingga 2GB saja.

Itu artinya, RAM LPDDR5 sebesar 8GB yang digunakan oleh seri Galaxy Note20 Ultra sudah lebih dari cukup untuk melakukan lebih dari satu pekerjaan tanpa khawatir performa menurun.

Kalian bisa menggunakan Galaxy Note20 Ultra untuk menghubungkan Wireless Dex, terhubung dengan online meeting pekerjaan, dan tentu saja bermain game-game berat, tanpa perlu takut ngelag.

Samsung Note20 RAM LPDDR5

Selain itu, ukuran memori juga cukup penting ketika membahas mengenai RAM, jangan lupakan pentingnya kecepatan data-transfer yang juga tidak kalah penting. LPDDR5 secara umum memiliki kecepatan 6,400 Mb/s, atau 50% lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan LPDDR4X disematkan pada generasi sebelumnya, dengan kecepatan 4266 Mb/s.

Dan yang menarik, meski bisa dipacu lebih cepat, RAM LPDDR5 menggunakan daya 30% lebih efisien dibandingkan dengan LPDDR4X. Hal ini pada akhirnya akan berkontribusi pada performa dan kemampuan perangkat untuk melakukan multi-tasking.

{Baca juga: Samsung Galaxy Note20, Performa Makin Gahar dengan RAM LPDDR5}

Samsung nampaknya tahu kalau Galaxy Note20 Series adalah smartphone premium yang dibanderol dengan harga yang tidak murah. Itu sebabnya mereka ingin memastikan bahwa ini bukan produk dengan spesifikasi “kaleng-kaleng”.

Kalau bahasanya Samsung, device dengan 8GB LPDDR5 ini memiliki kemampuan “sweet-spot” untuk smartphone, terutama apabila digunakan untuk keperluan sehari-hari, baik untuk bekerja maupun bermain menyalurkan hobi. Good job Samsung! [NM/HBS]

Previous articleOase LSUV1, Sterilizer Canggih Bersihkan Gadget dari Bakteri
Next articleCara Download Logo HUT RI Ke-75 Indonesia Maju

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here