telset
spot_img
spot_img

Samsung Exynos 2200 Debut Tahun Depan, Speknya Setara Konsol!

Telset.id, Jakarta – Tidak cuma sekadar smartphone baru, Samsung juga bersiap untuk memperkenalkan prosesor andalan baru Exynos 2200 pada tahun 2022.

Dilansir dari GizChina, Jumat (24/12/2021), chipset baru tersebut kabarnya akan diluncurkan sesaat sebelum Samsung memperkenalkan Galaxy S22. Jadi, ada kemungkinan Samsung akan mengungkapnya pada Januari atau Februari 2022.

Menurut Samsung, mereka sedang mempersiapkan “hadiah kecil untuk penggemar yang suka bermain game”. Spesifikasi dari prosesor Exynos 2200 akan berorientasi pada game dan GPU yang ditingkatkan.

Baca Juga: Exynos 2200 Jadi Penantang Chipset Apple M1

Sayangnya beberapa spesifikasi dan fitur Samsung Exynos 2200 belum resmi diungkapkan perusahaan. Untungnya beberapa bocoran sudah beredar yang bisa menjadi gambaran seperti apa kemampuan Exynos 2200.

Bocoran Spesifikasi Samsung Exynos 2200

Prosesor Samsung Exynos 2200

Menurut rumor, Exynos 2200 akan dibuat pada teknologi proses 4 nm. Salah satu yang menarik dari chipset ini adalah penggunaan GPU Radeon Mobile berbasis RDNA yang dikembangkan bersama dengan AMD.

GPU ini disinyalir mampu menjalankan gaming HDR, ray-tracing, dan Variable Rate Shading. Sebelumnya fitur-fitur ini saat ini hanya tersedia di konsol dan PC saat ini.

Baca Juga: Samsung Segera Tinggalkan Android

Chipset ini juga dapat menampilkan 1 x core CPU ARM Cortex-X2, 3 x core CPU ARM Cortex-A710, dan 4 x core CPU ARM Cortex-A510.

Prosesor ini juga dikabarkan akan datang dengan modem 5G terintegrasi penuh, Wi-Fi 6E. Selain itu, chipset ini jjuga memiliki GPS frekuensi ganda, Bluetooth 5.2, NFC, dan dukungan Ultra-Wideband.

Seperti chipset kelas atas lainnya, Exynos 2200 dapat menampilkan NPU terintegrasi, ISP dengan dukungan sensor kamera 200 MP, dan dukungan perekaman video 4K 120 fps dan 80K di 30 fps.

Baca juga: Wujud Samsung Galaxy S22 Ultra Terungkap

Chipset flagship ini kabarnya akan digunakan di Samsung Galaxy S22. Akan ada tiga flagship, Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra. Semuanya akan mendapatkan versi yang didukung Exynos, tergantung wilayahnya.

Sementara beberapa unit lainnya akan menggunakan chipset baru dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 1. Spesifikasi lainnya serupa, baik Qualcomm atau Exynos. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0