telset

Samsung Segera Tinggalkan Android, Beralih ke Fuchsia OS

Telset.id, Jakarta – Sebuah laporan baru menyebutkan bahwa Samsung tengah mempersiapkan diri untuk tidak lagi menggunakan sistem operasi Android dan beralih ke Fuchsia. Apa alasan Samsung mengambil keputusan yang terbilang berani ini?

Dari laporan tersebut dijelaskan bahwa Samsung dikabarkan akan menggunakan sistem operasi lain yang dikembangkan oleh Google bernama Fuchsia.

Dilansir dari GizChina pada Kamis (23/12/2021), Samsung sebenarnya telah berkontribusi pada pengembangan OS Google Fuchsia. Maka dari itu, Samsung cukup percaya diri untuk memutuskan meninggalkan Android.

Baca Juga: Samsung Galaxy S21 FE Debut di CES 2022

Perusahaan asal Korea Selatan itu akan berupaya menjadikan Fuchsia sebagai alternatif dari Android, tetapi itu mungkin masih terjadi dalam beberapa tahun lagi.

Sumber yang tidak disebutkan namanya tersebut merinci bahwa proses peralihan OS akan memakan waktu beberapa tahun sebelum Samsung mengadopsi Fuchsia dari Google. Sebelumnya laporan menunjukkan bahwa Fuchsia diumumkan sebagai alternatif sistem operasi Android.

Untuk saat ini, masih terlalu dini untuk mengatakan apakah Fuchsia OS akan hadir dengan One UI atau skin eksklusif lainnya dari Samsung. Fuchsia yang bersifat open source tersebut juga memungkinkan Samsung untuk menerapkan UI khasnya.

Fuchsia OS Dikembangkan dengan Kode Baru

Sistem operasi Fuchsia OS Samsung

Peralihan ini bukan kebetulan saja. Seperti yang disebutkan di atas, itu semua adalah bagian dari rencana induk Google untuk beralih ke platform baru. Berbeda dengan OS Android, Fuchsia tidak akan menggunakan kode kernel Linux melainkan kode baru yang disebut Zircon.

Baca Juga: Google Siapkan Fuchsia OS untuk Gantikan Android?

Google sedang mengembangkan Fuchsia untuk berjalan di berbagai macam produk pintar, mulai dari perangkat yang dapat dikenakan hingga smartphone, tablet, komputer, dan IoT. OS ini juga sudah digunakan untuk hub Nest sebagai uji coba.

Dengan ini, Samsung mungkin bukan satu-satunya perusahaan yang meninggalkan Android. Jika Google menjadikan Fucshia sebagai alternatif yang layak dibandingkan Android, pastinya akan banyak vendor smartphone yang tertarik untuk menggunakannya.

Baca Juga: Ini Penjelasan Google Soal Fuchsia

Samsung mungkin akan mulai membiasakan diri dengan OS baru sejak dini dan ini mungkin bisa menjadi kunci bagi perusahaan untuk mempertahankan kepemimpinannya di era baru tanpa Android.

Meski laporan ini sudah beredar, namun pihak Samsung belum memberikan konfirmasi apapun mengenai kabar ini. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0