Samsung Buat DRAM DDR5 dengan Teknologi 12nm

Telset.id, Jakarta – Samsung Electronics dikabarkan sedang mengembangkan DRAM (Dynamic Random Acces Memory) DDR5 pertama di industri dengan teknologi fabrikasi 12nm.

DRAM DDR5 dengan 12nm ini dikerjakan oleh Samsung bekerja sama dengan AMD (Advanced Micro Devices), dan akan mulai diproduksi secara massal mulai tahun 2023 mendatang.

DRAM baru ini, sebagaimana dilansir dari Gizmochina, diharapkan dapat memajukan kemampuan komputasi, pusat data, dan aplikasi kecerdasan buatan (AI) pada masa yang akan datang. DRAM ini akan memiliki kinerja yang lebih baik dan juga efisiensi daya yang lebih besar.

DRAM DDR5 berkapasitas 16GB ini diproduksi melalu penggunaan teknologi yang inovatif, termasuk penggunaan material high-κ baru yang meningkatkan kapasitansi sel dan juga teknologi desain eksklusif yang meningkatkan karakteristik sirkuit penting.

BACA JUGA:

DRAM ini dikombinasikan dengan litografi ultraviolet ekstrim (EUV) dengan beberapa lapisan yang canggih, dan telah menghasilkan kepadatan die tertinggi di industri ini. Selain itu, memungkinkan peningkatan 20% dalam produktivitas wafer (komponen chipset).

Sementara itu, dengan memanfaatkan DDR5 terbaru, DRAM 12nm dari Samsung akan memberikan kecepatan hingga 7,2 Gbps, yang memungkinkan memproses dua film UHD (Ultra-High Definition) dengan kapasitas 30 GB hanya dalam satu detik.

Selain kecepatannya, DRAM baru ini juga akan menawarkan efisiensi daya. DRAM ini mengkonsumsi daya hingga 23% lebih sedikit dibanding DRAM versi sebelumnya. Efisiensi daya ini menjadikannya solusi ideal untuk perusahaan TI global yang mencari operasional yang lebih ramah lingkungan.

Jooyoung Lee Executive Vice President DRAM Product & Technology dari Samsung Electronics mengatakan bahwa produknya akan menjadi pendorong utama penggunaan DRAM DDR5 dan diharapkan dapat dimanfaatkan di berbagai bidang.

“DRAM dengan teknologi 12nm kami akan menjadi pendorong utama dalam mendorong adopsi DRAM DDR5 di seluruh pasar,” tegas Lee.

Ia menambahkan, dengan performa luar biasa dan efisiensi daya, DRAM diharapkan akan berfungsi sebagai landasan untuk operasi yang lebih berkelanjutan di berbagai bidang seperti komputasi generasi mendatang, pusat data, dan sistem yang digerakkan oleh AI.

BACA JUGA:

Sementara itu Senior VP, Corporate Fellow, and Client, Compute and Graphics CTO dari AMD Joe Macri mengatakan bahwa kolaborasi dengan Samsung disambut dengan baik dan memori DDR5 akan dioptimal di platform Zen.

“Kami sangat senang untuk sekali lagi berkolaborasi dengan Samsung, khususnya dalam memperkenalkan produk memori DDR5 yang dioptimalkan dan divalidasi pada platform Zen,” ujar Joe.

Dengan produksi massal yang akan dilakukan pada tahun 2023 mendatang, raksasa teknologi asal Korea Selatan berencana untuk memperluas jajaran DRAM yang dibuat atas teknologi fabrikasi 12nm ke berbagai segmen pasar.

Samsung juga akan terus bekerja sama dengan industri lain untuk mendukung perkembangan komputasi generasi berikutnya. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0