Samsung Resmi Umumkan LPDDR5X DRAM, Diklaim yang Tercepat

Telset.id, Jakarta – Samsung akhirnya mengumumkan LPDDR5X DRAM yang telah menuntaskan proses validasi. Memori baru itu mencapai kecepatan 8,5 Gbps.

Samsung LPDDR5X DRAM dengan kecepatan hingga 8,5 Gbps merupakan yang paling cepat dalam industri. Bahkan, memori itu tak hanya bisa untuk smartphone.

Seperti Telset kutip dari GSM Arena, Selasa (18/10/2022), konsumsi daya rendah dan tingkat kinerja tinggi LPDDR5X cocok untuk aplikasi di PC, server, maupun mobil.

BACA JUGA:

Teknologi LPDDR5X bukanlah hal baru di pasaran. Banyak smartphone bahkan sudah mengadopsi platform tersebut. Namun, berbeda dengan LPDDR5X Samsung.

Memori baru Samsung tersebut akan memungkinkan kecepatan lebih tinggi untuk dicapai dengan desain ulang internal minimal. Konsumsi dayanya pun rendah.

Daniel Lee, EVP Memory Product Planning Team di Samsung, mengungkapkan upaya bergabung dengan Qualcomm dalam pengembangan LPDDR5X 8,5 Gbps.

“Updaya itu memungkinkan perusahaan untuk mempercepat ketersediaan LPDDR5X 8,5 Gbps di pasar dalam waktu lebih dari setahun,” demikian terang Daniel.

Ziad Asghar, VP Product Management di Qualcomm, menambahkan, perusahaan San Diego adalah pertama di industri seluler yang mendukung memori tercepat baru.

Sebelumnya dikabarkan, LPDDR5X Samsung akan dipersiapkan untuk Galaxy S22 Ultra. RAM dengan kinerja jauh lebih kencang itu dibuat dengan proses fabrikasi 14nm.

LPDDR5X buatan Samsung menawarkan kinerja 1,3 kali lebih cepat daripada LPDDR5. RAM tersebut memiliki konsumsi daya 20 persen lebih rendah daripada pendahulu.

LPDDR5X buatan Samsung menawarkan kapasitas hingga 16 GB. Kendati demikian, memori  baru itu bisa dikombinasikan dengan kapasitas maksimal yang mencapai 64 GB.

Kecepatan transfer data mencapai 8,5Gbps alias lebih cepat dari LPDDR5 yang hanya berkecepatan 6,4Gbps. RAM itu bisa digunakan di perangkat tablet, laptop, dan lainnya.

BACA JUGA:

“Beberapa tahun terakhir, segmen pasar hyperconnected seperti AI, AR, dan metaverse berkembang pesat,” ujar Sang Joon Hwang, SVP and Head DRAM Design Team Samsung.

Menyusul kehadiran teknologi RAM baru tersebut, terdapat asumsi yang menyebut bahwa Samsung Galaxy S22 akan menjadi debut dari RAM LPDDR5X. Apakah benar? [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0