Samsung DeX di Galaxy Note20, Perjalanan Inovasi Tiada Henti

Samsung DeX di Galaxy Note20

Telset.id – Samsung dan inovasi seakan sudah menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan. Salah satu inovasi yang menarik adalah Samsung DeX. Di tahun ini, Samsung Dex di Galaxy Note20 Series kembali mencuri perhatian dengan inovasinya.

Setiap meluncurkan smartphone baru, Samsung pasti selalu menyertakannya dengan inovasi yang menggebrak industri smartphone.

Buat kamu yang belum tahu, Samsung DeX bukan merupakan sebuah hardware. Ini adalah platform perangkat lunak yang dapat memperluas fungsi dari smartphone atau tablet untuk menghadirkan pengalaman layaknya menggunakan desktop.

{Baca Juga: Samsung Galaxy Note20, Teman yang Asyik untuk Nikmati Passion Kamu}

Bagi para pengguna dari kalangan profesional, keberadaan fitur Samsung DeX tentu akan sangat bermanfaat untuk menunjang pekerjaan mereka.

Dari waktu ke waktu, Samsung terus berinovasi mengembangkan teknologi yang ada pada Samsung DeX. Penasaran kan gimana perkembangan Samsung DeX dari awal diperkenalkan hingga kini?

Samsung DeX Ini bukan fitur yang baru ada di Galaxy Note20, lho! Fitur ini sudah ada sejak tahun 2017, tepatnya saat Samsung memperkenalkan smartphone flagship Galaxy S8 series.

Fitur ini bisa dinikmati seluruh pengguna smartphone flagship Samsung yang diluncurkan sejak tahun 2017. Dimulai dari Galaxy S8 Series hingga yang terbaru Samsung Dex di Galaxy Note20 Series.

{Baca Juga: 5 Fitur Galaxy Note20 Series Ini Bikin Kamu Semakin Produktif}

Menurut catatan Telset.id, pada generasi awal yang diluncurkan pada awal 2017 yang lalu, diperlukan sebuah docking (DeX Station atau DeX Pad) tambahan untuk memberikan daya dan menyambungkan perangkat perpiheral seperti mouse dan keyboard.

Terobosan ini tak serta merta membuat Samsung puas. Mereka terus bekerja dan mengembangkan teknologinya ini agar pengoperasiannya bisa dilakukan dengan lebih simpel.

Nah, pada saat peluncuran Galaxy Note9 pada bulan Agustus 2018, Samsung memperkenalkan adaptor HDMI DeX dan kabel adaptor multiport. Ini menghilangkan kebutuhan pada aksesori docking sebelumnya.

Samsung DeX Galaxy Note20
Samsung DeX di Galaxy Note20

Dengan adanya adaptor ini, pengguna cukup menghubungkan smartphone ke monitor. Platform Samsung DeX akan melakukan booting yang cepat di monitor. Pengguna akan langsung bisa menikmati pengalaman desktop yang sudah familiar, lengkap dengan fungsi seperti drag and drop dan shortcut pada bagian keyboard.

Samsung DeX di Galaxy Note20

Tepat pada bulan Agustus 2019. Perusahaan teknologi asal Korea Selatan tersebut memperkenalkan DeX for PC. Ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan perangkat selular mereka ke PC berbasis Windows atau Mac.

Inovasi kembali dilakukan oleh Samsung. Tujuannya jelas, semakin memudahkan dan memanjakan pengguna saat menggunakan rangkaian fitur dari DeX.

Berbarengan dengan peluncuran Galaxy Note20, Samsung juga ikut memperkenalkan Samsung DeX generasi terbaru. Kini Samsung DeX bisa dioperasikan secara nirkabel, alias tanpa kabel.

Samsung DeX di Galaxy Note20
Samsung DeX di Galaxy Note20

Pengguna dapat menggunakan DeX secara wireless dan menghubungkannya di perangkat Smart TV yang telah dilengkapi Miracast. Baik smartphone atau Smart TV diharuskan untuk terhubung ke jaringan WiFi yang sama.

Selain bisa menunjang produktivitas, fitur ini juga bisa loh jadi sarana hiburan. kamu juga bisa menonton film di monitor PC tetapi tetap dapat menerima pesan teks atau panggilan di smartphone.

Jadi, kegiatan multitasking yang dilakukan bisa menjadi lebih maksimal dan juga lebih mudah, berkat fitur-fitur di Galaxy Note20 yang didukung Samsung DeX.

Dalam mode DeX, kamu bisa menggunakan banyak aplikasi yang memudahkan segala keperluan kamu. Mulai dari Microsoft Office, Adobe Premiere Rush, Adobe Photoshop Lightroom, Spotify, hingga bermain game seperti Vainglory dan Final Fantasy.

{Baca Juga: Sederet Fitur Baru S Pen di Galaxy Note20 yang Makin Pintar}

Ya singkatnya, dengan fitur ini, kamu bisa menggunakan perangkat setara PC dalam genggaman kamu.

So, biar gak penasaran dengan kemampuan canggih dari Samsung DeX generasi terbaru, kamu bisa langsung merasakannya dengan memiliki Galaxy Note20 series.

Pre order Galaxy Note20 series sudah dimulai sejak tanggal 6 Agustus pukul 09.00 WIB dan ditutup pada 19 Agustus 2020 pukul 21:00 WIB.

Kamu bisa melakukan pemesanan melalui situs Galaxy Launch Pack, Lazada, Blibli, Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Akulaku, Eraspace, Bhinneka.com, Globalteleshop, dan Dinomarket. (HR)

Previous article“Cahaya Malam” Mars Terlihat oleh Pesawat NASA
Next articleNASA Temukan ‘Samudra’ di Bawah Permukaan Planet Kerdil Ceres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here