Pengujian Awal Mediatek Dimensity 9200, Performa Lebih Kencang

Telset.id, Jakarta – Tahun lalu ponsel yang ditenagai Dimensity 9000 berhasil mencatat skor 1 juta poin di AnTuTu Benchmark. Tahun ini, pengujian awal Dimensity 9200 menjanjikan performa yang lebih baik dengan catatan skor yang lebih tinggi.

Pengujian awal MediaTek Dimensity 9200 di AnTuTu Benchmark memberikan total skor mencapai 1,26 juta, atau ada peningkatan 26% dibanding generasi yang sebelumnya.

Saat mengumumkan chipset barunya ini, MediaTek memang mengatakan adanya peningkatan kinerja 5% untuk CPU dan 10% untuk kinerja GPU, dibandingkan chipset lama Dimensity 9000+.

Dalam praktiknya, chipset Dimensity 9000+ bisa mencetak skor hingga 1,13 juta poin. Jadi dibandingkan dengan hasil Dimensity 9200, terlihat adanya peningkatan performa.

Tetapi agak aneh karena di rincian poin menunjukkan bahwa skor CPU setara dengan apa yang didapat chip 9000. Dan jika melihat pada grafik suhu, tampaknya chipset ini tidak diuji terlalu keras, atau mungkin karena sistem pendinginan yang lebih baik.

BACA JUGA:

Daftar Pengujian Antutu

Menurut Digital Chat Station, Dimensity 9200 memiliki inti CPU Cortex-X3, naik dari X2, jadi diharapkan bisa memberikan skor CPU yang lebih tinggi. Tetapi hingga saat ini masih belum diketahui perangkat apa yang digunakan dalam pengujian Antutu.

Namun, skor GPU memberikan hasil yang lebih tinggi di angka 550K, jauh di atas apa yang dicapai chip 9000+ yang digunakan Asus ROG Phone 6D Ultimate, yang mencapai sekitar 430K.

Hasil Antutu Benchmark MediaTek Dimensity 9200

BACA JUGA:

Digital Chat Station mengatakan bahwa MediaTek menggunakan Immortalis-G715 terbaru dari ARM, GPU yang paling kuat. Selain itu juga menjadi yang pertama dalam dukungan perangkat keras untuk ray tracing.

Immortalis-G715 menjanjikan peningkatan kinerja 15% dalam rendering grafis di atas G710 yang digunakan dalam chip lama (dan peningkatan 300% saat penggunaan ray tracing).

Meskipun belum diketahui perangkat apa yang digunakan, tetapi hasil ini menunjukkan bahwa Dimensity 9200 akan menjadi penerus yang layak untuk 9000 versi standar maupun versi plus, yang digunakan beberapa smartphone flagship, sebagai alternatif dari Qualcomm Snapdragon 8(+) Gen 1.

Hingga saat ini belum ada lagi info detail lainnya mengenai Dimensity 9200. Mungkin pada saat dekat dengan waktu peluncurannya akan ada beberapa info lain tentang chipset terbaru besutan MediaTek itu. Kita tunggu saja. [FY/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0