MediaTek Umumkan Dimensity 1080, CPU Lebih Kencang dan Efisien

Telset.id, Jakarta – MediaTek meluncurkan chipset kelas menengah terbarunya, Dimensity 1080. Chipset ini menghadirkan peningkatan kinerja, efisiensi yang lebih baik, dan dukungan kamera yang ditingkatkan dibandingkan pendahulunya, Dimensity 920.

Perubahan paling signifikan adalah kemampuan chip kamera. Dimensity 1080 diklaim dapat menangani data gambar hingga 200MP (sebelumnya 108MP) dengan ISP.

Ada yang menyebut bahwa video HDR dipercepat hingga resolusi 4K. Namun demikian, hal tersebut bukanlah hal baru di chipset terbaru Dimensity 1080.

BACA JUGA:

Chipset 5G ini mendapatkan sedikit pembaruan kinerja dengan dua core Cortex-A78 yang memiliki clock 2.6GHz (naik dari 2.5GHz). GPU tetap sama Mali-G68 dan chipset masih dibangun pada proses 6nm.

Dari aspek kinerja, skor benchmark mungkin tidak melihat lompatan yang signifikan dibandingkan dengan perangkat yang menjalankan chip sebelumnya.

Tidak ada fitur khusus game baru (1080 memiliki HyperEngine 3.0 seperti 920) dan chipset masih mendukung jaringan sub-6GHz 5G, Wi-Fi 6, dan memiliki AI Processing Unit (APU) yang sama.

MediaTek mengatakan perangkat yang ditenagai oleh Dimensity 1080 akan mulai dikirimkan pada Q4 tahun 2022, atau sekitar bulan Desember.

Sekadar informasi, pada bulan Juni 2022 lalu, MediaTek juga meluncurkan chipset baru Dimensity 9000+ dengan kemampuan kinerja terbaru. Kehadirannya untuk melengkapi chipset MediaTek Dimensity 9000.

MediaTek Dimensity 9000+ adalah SoC baru yang  berkiblat ke MediaTek Dimensity seri sebelumnya. Keduanya mirip, tapi seri paling baru sedikit lebih baik.

Dikutip Telset.id dari Ubergizmo pada Minggu (26/6/2022), Dimensity teranyar punya peningkatan kecepatan lima persen untuk CPU dan 10 persen GPU.

Performa CPU ekstra berasal dari kecepatan clock lebih tinggi untuk inti Prime ARM Cortex X2 meski kecepatan clock Cortex 510 yang lebih kecil tak diungkap.

BACA JUGA:

Karena didasarkan kepada logika desain dan proses manufaktur serupa, spesifikasi lain chipset anyar itu dengan MediaTek Dimensity 9000 tetaplah sama.

Original Equipment Manufacturer yang sudah menggunakan SoC Dimensity seri lawas seharusnya bisa pakai chipset terbaru ke smartphone flagship. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0