Oppo Diam-diam Kembangkan Chipset untuk Smartphone

Telset.id, Jakarta – Oppo sepertinya tidak puas dengan hanya menggarap produk smarthone atau perangkat IoT saja.Produsen asal China ini dikabarkan sedang mengerjakan chipset atau SoC khusus smartphone.

Sebenarnya Oppo telah membuat chipset sendiri yang bernama Oppo Marisilicon, yang merupakan chipset yang mendukung perangkat kamera di smartphone. Chipset sudah disematkan di beberapa HP terbaru Oppo, khususnya HP flagship.

Hanya saja, usaha Oppo untuk membuat chipset smartphone tidak berhenti sampai di situ. Seorang blogger yang memiliki akses informasi di Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC), mengungkapkan bahwa Oppo saat ini sedang mengembangkan prosesor aplikasi untuk smartphone.

Menurut informasi dari blogger anomin itu, chipset Oppo yang dikembangkan menggunakan teknologi manufaktur 4nm dan modem 5G. Rencananya chipset akan dirilis pada kuartal kedua tahun 2023, dan bakal diproduksi masal pada kuartal ketiga 2023.

BACA JUGA:

Rumor seputar SoC Oppo ini pun diperkuat oleh informasi dari akun Weibo @digitalchatstation. Dikutip Telset dari Gizmochina pada Sabtu (31/12/2022), akun yang kerap membagikan bocoran info seputar smartphone ini menyebut kalau Oppo akan menggunakan teknologi manufaktur 3nm di SoC terbarunya.

Kemudian disebutkan pula chipset akan tersedia pada tahun 2024 mendatang, alias lebih lama dibandingkan perkiraan blogger tadi. Oppo sendiri belum memberikan informasi seputar isu penggarapan chipset ini.

Oppo Investasikan Rp22,3 Triliun di OnePlus

Chipset Oppo

Sebelumnya Oppo dan OnePlus mengumumkan kemitraan strategis baru. Untuk menindaklanjuti hal ini, Oppo pun melakukan investasi di OnePlus selama tiga tahun ke depan.

Pabrikan ponsel asal China, OnePlus, belum lama ini menggelar perayaan ulang tahun kesembilan perusahaan. Dalam acara tersebut, OnePlus juga mengumumkan beberapa hal penting mengenai rencana perusahaan di masa depan, termasuk kemitraannya dengan sesama pabrikan asal China, Oppo.

BACA JUGA:

Diketahui, selama kurun waktu tiga tahun ke depan, Oppo akan menginvestasikan sebanyak CNY 10 miliar atau sekitar Rp22,3 triliun di OnePlus.

Melansir GSM Arena, strategi merek ganda yang baru dibuat kedua perusahaan ini akan membuat OnePlus sebagai brand yang fokus untuk meluncurkan smartphone flagship untuk para konsumen. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0