telset
spot_img

M3 Mobile Legends jadi Turnamen eSport Terpopuler, Dota 2 Lewat!

Telset.id, Jakarta – Kejuaraan dunia Mobile Legends yang bertajuk M3 World Championship telah memecahkan rekor penonton dengan 3,1 juta peak viewers.

Capaian ini membuat M3 Mobile Legends tidak hanya menjadi turnamen game mobile paling populer, tapi juga menyalip acara game PC besar seperti The International 10 (Dota 2), PGL Major Stockholm 2021 (CS:GO), dan Worlds 2017-2018 (League of Legends).

Turnamen Mobile Legends M3 World Championship disiarkan di 7 platform digital, antara lain YouTube, Twitch, NimoTV, Facebook, TikTok, VK Live, dan Trovo (platform baru untuk kejuaraan ini).

Baca Juga: 10 Game MOBA Terbaik Paling Seru

Berdasarkan data dari Esport Chart, platform YouTube adalah yang paling populer dengan memiliki 52% dari total jam ditonton. NimoTV berada di peringkat kedua dengan 30% dari total jam ditonton.

“Pertandingan MLBB mengalami pertumbuhan penonton yang luar biasa pada tahun 2020-2021. Pemirsa dari Indonesia dan Filipina memberikan kontribusi terbesar terhadap jumlah keseluruhan baik saat pertandingan MPL lokal maupun acara internasional,” ujar Artyom Odintsov, CEO Esports Charts.

M3 Mobile Legends digelar mulai dari tanggal 6 hingga 19 Desember 2021. Prize pool-nya meningkat hingga tiga kali lipat dibandingkan dengan M2, yakni mencapai USD 800.000 atau setara dengan Rp 11 miliar.

Baca Juga: Mobile Legends Disulap Jadi Serial Animasi

M3 Mobile Legends Championship ini dimenangkan oleh Blacklist International, yang merupakan wakil dari Filipina. Di partai final, Blacklist berhasil menumbangkan rekan senegaranya, Onic PH dengan skor telak 4-0.

Sementara wakil Indonesia, RRQ Hoshi dan Onic tidak mampu menembus semifinal dan dipaksa pulang tanpa gelar.

Tim Indonesia Jaring Penonton Terbanyak di M3 Mobile Legends

m3 mobile legends

Laga antara RRQ Hoshi (Indonesia) melawan Onic PH (Filipina) mencatatkan rekor 3,1 juta peak viewers di hari kelima babak playoff. Pertandingan dengan penonton terbanyak kedua adalah Blacklist International melawan RRQ Hoshi mampu menjaring 3 juta peak viewers.

Dua tim Filipina, Blacklist International dan Onic PH berhasil melaju ke final. Tapi partai puncak ini hanya menghasilkan 1,5 juta peak viewers.

Baca Juga: Cheat Mobile Legends Terbaru, Awas Kena Banned

Menurut Esport Chart, alasan hilangnya penonton dalam jumlah besar adalah karena tim Indonesia tidak dapat mencapai Grand Final, sedangkan penonton yang berbahasa Indonesia adalah mayoritas penonton turnamen ini.

Jika dibandingkan dengan M2, jam menonton M3 meningkat sebesar 47%. Itu terjadi karena penonton acara telah berkembang lebih banyak dan acara itu sendiri disiarkan selama 42 jam lebih lama dari M2.

Jumlah peak viewers di M3 World Championship Mobile Legends meningkat sebesar 4% atau naik 100 ribu penonton. Jumlah ini membuat M3 menjadi turnamen eSport yang paling populer sepanjang masa. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0