telset
spot_img
spot_img

Kelebihan dan Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE, Beneran Bagus?

Telset.id, Jakarta – Samsung Galaxy S21 FE telah resmi mendarat di Indonesia. Sebelum Anda terpincut untuk membelinya, ada baiknya untuk terlebih dahulu mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Samsung Galaxy S21 FE.

HP terbaru Samsung ini hadir untuk bersaing di kelas high end. Samsung Galaxy S21 FE juga ditunjuk untuk menjadi suksesor dari Samsung Galaxy S20 FE.

Dari segi spesifikasi dan fitur, smartphone ini hadir dengan menawarkan pengalaman setara ponsel flagship. Meski demikian, pastinya tetap ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Samsung Galaxy S21 FE.

Baca Juga: Fitur Canggih Samsung Galaxy S21 FE

Untuk memberikan referensi bagi Anda yang tertarik dengan smartphone ini, berikut kami telah merangkum sejumlah kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 FE.

Kelebihan Samsung Galaxy S21 FE

Samsung Galaxy S21 FE sudah diperkenalkan di Indonesia. Hanya saja pihak Samsung masih menutup rapat label harga dari smartphone ini.

1. Layar Dynamic AMOLED Kaya Fitur

kelebihan galaxy s21 fe

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Samsung Galaxy S21 FE adalah layar berjenis Dynamic AMOLED 2X berukuran 6,4 inci dan beresolusi Full HD+.

Panel Dynamic AMOLED ini mampu menampilkan warna yang lebih kaya dan akurat, serta memiliki kontras yang lebih baik jika dibandingkan dengan layar berjenis IPS.

Baca Juga: Fitur Canggih Samsung Galaxy S21 FE

Penggunaan panel layar ini juga memungkinkan smartphone untuk mendukung refresh rate yang tinggi. Maka dari itu, Samsung langsung memberikan dukungan refresh rate hingga 120Hz dan touch response rate 240Hz.

Refresh rate setinggi ini pastinya menawarkan transisi konten di layar yang terlihat sangat smooth. Fitur ini akan sangat dirasakan pengguna ketika tengah melakukan scrolling, streaming, dan juga saat gaming.

2. Performa Gahar

kelebihan galaxy s21 fe

Samsung Galaxy S21 FE yang dijual di Indonesia dimotori oleh prosesor Exynos 2100. Sedikit berbeda dengan varian global yang menggunakan Snapdragon 888.

Meski demikian, Exynos 2100 tetap mampu menawarkan performa yang gahar. Exynos 2100 adalah prosesor 5nm pertama yang dibuat oleh Samsung dan sudah mendukung 5G.

Prosesor ini dibekali dengan teknologi EUV yang membuat konsumsi daya menjadi 20% lebih rendah, namun disaat bersama mengalami peningkatan kinerja 10% lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya.

Baca Juga: 4 Fitur Canggih Samsung Exynos 2100

Prosesor ini juga menawarkan pengalaman main game anti-ngelag berkat performa dari Exynos 2100 yang dibekali dengan GPU Mali-G78. Kinerjanya juga didukung dengan keberadaan RAM 8 GB dan opsi memori internal 128 GB atau 256 GB.

Kombinasi ini tentunya bisa melakukan beragam tugas dengan menggunakan Samsung Galaxy S21 FE. Mulai dari chatting, scrolling sosial media, browsing, hingga bermain game dengan intensitas tinggi.

3. Sudah Mendukung Jaringan 5G

Dengan kedatangannya di Indonesia, Samsung Galaxy S21 FE langsung masuk dalam kategori smartphone “5G ready”. Fitur ini memungkinkan pengguna di Tanah Air bisa menikmati layanan 5G di seluruh Indonesia dengan operator yang ada saat ini.

Walaupun sebaran 5G di Indonesia belum merata, namun jika smartphone sudah mendukung, tentu nantinya Anda akan dimudahkan saat ketersediaan jaringan 5G sudah diperluas.

4. Fitur Kamera Baru

Samsung Galaxy S21 Fe

Kelebihan Samsung Galaxy S21 FE lainnya terletak pada sektor kamera. Kamera utama 12MP dengan OIS , kamera ultrawide 12MP, dan kamera telephoto 8MP dengan kemampuan 30x Space Zoom.

Sementara kamera depannya memiliki resolusi yang cukup besar, yakni 32 MP dan didukung fitur AI Face Restoration yang diklaim bisa menghasilkan hasil foto terbaik.

Pengguna Samsung Galaxy S21 FE kini dapat dengan mudah untuk mengambil serta melakukan editing pada berbagai foto hingga membagikannya.

Baca Juga: Daftar HP Samsung dengan Kamera Terbaik

Galaxy S21 FE 5G hadir dengan penyempurnaan fitur Night Mode. Sekarang, pengguna  dapat menghasilkan foto low-light yang berkualitas dalam kondisi pencahayaan yang rendah.

Smartphone terbaru Samsung ini juga membawa fitur Dual Recording, kini pengguna dapat merekam apa yang ada didepan serta di sekeliling mereka secara bersamaan melalui penggunaan lensa kamera depan dan belakang.

5. Baterai dengan Super Fast Charging 25W

Kelebihan berikutnya dari Samsung Galaxy S21 FE adalah baterai 4.370 mAh yang dilengkapi dengan teknologi pengisian daya cepat bernama Super Fast Charging 25W.

Super Fast Charging ini menjamin proses pengisian daya akan berlangsung cepat. Menurut pengujian dari pihak Samsung, untuk mengisi baterai dari 0% sampai 50% hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Kekurangan Samsung Galaxy S21 FE

Di balik sejumlah kelebihan yang ditawarkan, terselip juga beberapa kekurangan di Samsung Galaxy S21 FE.

1. Refresh Rate yang Tidak Adaptif

kekurangan galaxy s21 fe

Seperti yang sudah kita ketahui, Samsung Galaxy S21 FE mendukung refresh rate mencapai 120Hz. Sayangnya, kecepatan layarnya yang tinggi tersebut tak diimbangi dengan fitur adaptif.

Sedikit penjelasan, fitur refresh rate yang adaptif memungkinkan smartphone secara otomatis menyesuaikan kecepatan layar sesuai dengan kegiatan yang dilakukan pengguna. Biasanya bergerak mulai dari 60Hz hingga 120Hz.

Namun seperti dilansir dari Tom’s Guide, fitur adaptif refresh rate ini absen di Samsung Galaxy S21 FE. Ini berarti Anda harus memilih mau menggunakan refresh rate 60Hz atau 120Hz.

Jika ingin tampilan yang smooth, Anda perlu memilih untuk menggunakan pengaturan High di 120Hz.  Namun jika Anda menginginkan daya yang lebih hemat, pilih pengaturan standar di 60Hz.

2. Tidak Ada Adaptor Charger

kekurangan galaxy s21 fe

Meski belum dikonfirmasi oleh pihak Samsung Indonesia, namun melihat pengguna atau reviewer di negara lainnya mengutarakan bahwa kekurangan Samsung Galaxy S21 FE adalah dijual tanpa adaptor charger dalam box-nya.

Ini berarti pengguna mau tidak mau harus merogoh kocek tambahan untuk membeli adaptor charger yang nantinya digunakan Samsung Galaxy S21 FE.

Baca Juga: Samsung Galaxy S21 FE Dijual Tanpa Charger

Kebijakan menghilangkan adaptor charger memang telah diterapkan Samsung pada lini smartphone premiumnya. Sedangkan untuk seri entry level hingga menengahnya masih dibekali dengan adaptor charger.

Itu dia kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy S21 FE. Semoga bisa memberikan referensi tambahan bagi Anda yang ingin membeli smartphone high-end satu ini. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0