4 Fitur Canggih Samsung Exynos 2100 di Galaxy S21 Series

Telset.id, Jakarta – Samsung memperkenalkan prosesor 5G pertama mereka. Bernama Samsung Exynos 2100, prosesor ini mengusung beragam fitur canggih di dalamnya.

Seperti dikutip Telset dari GSMArena, Kamis (14/1/2021), prosesor Samsung Exynos 2100 menjadi chipset pertama yang diperkenalkan oleh Samsung dalam sebuah acara khusus.

Prosesor ini juga menjadi chipset kedua yang memiliki arsitekur 5nm. Samsung mengklaim, performa Exynos 2100 30% lebih cepat dalam tugas multi-core jika dibandingkan dengan Exynos 990.

Berikut ini 4 fitur yang dimiliki Samsung Exynos 2100. Check this out!

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Fitur Canggih Samsung Exynos 2100

Fitur Samsung Exynos 2100

Samsung mengatakan, prosesor terbaru mereka punya performa yang kencang dan efisiensi daya yang tinggi. Bukan cuma itu saja, performa GPU dari prosesor ini juga tak boleh dipandang sebelah mata.

Nah, berikut ini rangkuman beberapa fitur canggih dari prosesor Samsung Exynos 2100. Yuk cek selengkapnya!

1. Kinerja Lebih Cepat dan Hemat Daya

Prosesor ini mengadopsi core Cortex-X1 berkinerja tinggi baru dari ARM dan memiliki kecepatan hingga 2,9 GHz.

Menurut Samsung, kinerja pada chipset Exynos 2100 lebih cepat 10% pada tingkat daya yang sama dengan Exynos 990. Meski demikian, konsumsi dayanya bisa lebih irit hingga 20%.

Samsung telah menerapkan multi IP untuk mengoptimasi penggunaan daya pada CPU, GPU dan elemen penting lain yang ada dalam chipset.

2. Performa GPU yang Lebih Baik

Exynos 2100 diluncurkan dengan pengolahan grafis GPU Mali-G78. Kinerja Mali G78 mengandalkan 14 core. Samsung mengklaim, kinerja pengolahan grafisnya meningkat hingga 40%.

{Baca Juga: Jilat Ludah Sendiri, Samsung Jual Galaxy S21 Tanpa Charger}

NPU tri-core menggunakan arsitektur baru dan mencapai 26 TOPS (operasi per detik). Sedikit informasi, Qualcomm juga mengklaim menggunakan 26 TOPS untuk chipset Snapdragon-nya. Desain baru ini juga menggandakan efisiensi daya dari generasi sebelumnya.

3. Mendukung Sensor Kamera Hingga 200 MP

Image Signal Processos (ISP) baru pada Exynos 2100 mendukung kamera dengan sensor hingga 200 MP. Lebih baik lagi, ini dapat dihubungkan ke enam sensor individu dan memproses data dari empat di antaranya secara bersamaan.

{Baca Juga: 10 HP 5G Murah Terbaik 2021, Mulai Harga Rp 5 Jutaan!}

Multi-camera dan Frame Processor (MCFP) dapat menggabungkan data gambar dari beberapa kamera untuk kualitas zoom yang lebih baik dan pengambilan gambar ultrawide.

Teknologi Neural Processing Unit (NPU) digunakan untuk menganalisis pemandangan, mendeteksi wajah dan objek sehingga dapat memilih pengaturan yang optimal.

4. Dukung Koneksi 5G

Exynos 2100 adalah prosesor buatan Samsung pertama dengan modem 5G terintegrasi. Modem ini dapat mencapai kecepatan downlink 7,35 Gbps pada jaringan mmWave dan 5,1 Gbps pada jaringan sub-6, cocok dengan Exynos 990.

Samsung Exynos 2100 sudah diproduksi secara massal. Kabarnya, chipset ini akan dibenamkan pada Samsung Galaxy S21, sebagai alternatif dari Snapdragon 888. (HR/MF)

SourceGSMArena

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -