Baru Rilis! Ini Kelebihan dan Kekurangan Asus ZenFone 9

Telset.id – Asus ZenFone 9 resmi debut di pasar global. Sebagai smartphone baru, tentunya ZenFone 9 memiliki sejumlah kelebihan sekaligus kekurangan yang patut kita ketahui.

Asus ZenFone 9 menawarkan keunggulan, dengan menggunakan layar HP mini di tengah banyaknya smartphone Android yang menawarkan HP layar lebar.

Lalu ZenFone 9 juga memakai Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 yang merupakan chipset terbaru yang menawarkan peningkatan dari seri sebelumnya. Tidak heran kalau HP ini diklaim akan menjadi pesaing bagi iPhone 13 Mini.

Meski demikian, bukan berarti Asus ZenFone 9 tanpa celah, karena terdapat beberapa kekurangan HP ini. Penasaran? berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Asus ZenFone 9 yang perlu diketahui!

BACA JUGA:

Kelebihan Asus ZenFone 9

Terdapat sejumlah kelebihan dari ZenFone 9, yang berasal dari spesifikasi dan performa dari ZenFone 9. Berbagai kelebihan yang ditawarkan ini, merupakan peningkatan dari Asus ZenFone 8 yang dirilis tahun 2021 lalu.

1. Ukuran HP Minimalis

Desain Minimalis HP Asus

HP terbaru Asus ini menawarkan desain yang minimalis, bahkan sepintas HP ini ukuran seperti iPhone. Dimensi HP adalah 146.5 x 68.1 x 9.1 mm dengan bobot 169 gram. Body menggunakan bahan polimer dengan frame dari aluminium.

Desain yang minimalis ini semakin ciamik, dengan pilihan warna Black, Blue, Red dan Silver. Desain yang mini otomatis berpengaruh pada ukuran layar. ZenFone 9 memiliki layar Super AMOLED berukuran 5,8 inci Full HD+ dengan refresh rate 120Hz dan terlindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus.

Hal ini menjadi kelebihan tersendiri, karena ZenFone 9 lebih nyaman dibawa kemana-mana karena ukurannya yang kecil dan ringan. Walaupun mini, daya tahan body cukup kuat sebab HP telah mengantongi sertifikasi IP68.

2. Pakai Chipset Snapdragon 8+ Gen 1 

Snapdragon 8+ Gen 1

Keunggulan Asus ZenFone 9 berikutnya menggunakan Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. Chipset ini dirilis pada Mei 2022, dan membawa berbagai peningkatan dari seri chipset sebelumnya.

Misalnya Snapdragon 8+ Gen 1 dapat berjalan hingga 3,2 Ghz. Kemudian CPU dan GPU 10% lebih cepat dan performa 20% lebih baik per watt berkat dukungan mesin AI di dalam prosesor dan teknlogi rendering volumetrik.

Teknologi memungkinkan 8+ Gen 1 mampu menangkap rekaman HDR 8K, Bokeh Engine untuk video, sensor kamera hingga 200MP, modem X65 5G berkualitas tinggi dan keamanan perangkat bawaan dari Qualcomm Secure.

Chipset Snapdragon 8+ Gen 1 dipadukan dengan RAM 8 GB dan 16 GB, serta memori 128 GB dan 256 GB. Jadi, dapat dipastikan ZenFone 9 mampu memberikan performa tangguh kepada pengguna.

3. Speaker yang Bagus

ZenFone 9 memiliki speaker stereo yang berada di bawah dan atas smartphone dengan ukuran masing-masing 12 x 16 mm dan 10 x 12 mm. Kedua speaker ini didukung oleh amp Qualcomm Aqstic WSA8835 sehingga mampu menghasilkan kualitas suara yang bagus.

Berdasarkan review dari GSM Arena, ZenFone 9 memiliki kualitas suara yang bagus dan tidak pecah. Kualitas suara juga sama bagusnya ketika pengguna memakai jack headphone untuk mendengarkan lagu atau video melalui smartphone ini.

4. Fitur Autofocus pada Semua Kamera 

Kamera Asus ZenFone 9

Asus ZenFone memiliki kamera kamera utama 50 M IMX766 dari Sony dengan aperture f/1.9 dan teknologi gimbal OIS. Kamera itu dipadukan dengan kamera ultrawide 12 MP aperture f/2.2. Sedangkan untuk kamera depan terdapat satu kamera dengan sensor 12 MP aperture f/2.5.

Kamera tersebut memiliki beberapa fitur yang salah satunya fitur fokus otomatis atau autofocus. Menurut ulasan dari GSM Arena, fitur tersebut menjadi nilai tambah bagi smartphone karena fitur ini membantu pengguna mendapatkan hasil foto yang maksimal.

Selain itu kamera ZenFone 9 juga dinilai mampu melakukan perekaman video secara stabil, berkat teknologi gimbal OIS di smartphone.

5. Baterai Tahan Lama 

Sebenarnya baterai ZenFone 9 tidak terlalu besar hanya 4.300 mAh saja, dengan Fast Charging 30W. Akan tetapi daya tahan smartphone ini terbilang tinggi. Masih berdasarkan uji coba dari GSM Arena, baterai mampu bertahan 108 jam.

Hasil Uji Baterai ZenFone 9

Selain itu baterai mampu bertahan 15 jam lebih 7 menit ketika dipakai untuk browsing, dan 17 jam lebih 25 menit kala digunakan untuk memutar video.

BACA JUGA: 

Kekurangan 

Meski memiliki banyak kelebihan, bukan berarti Asus ZenFone 9 tidak memiliki kekurangan. Setidaknya ada 3 kekurangan yang harus diperhatikan dari smartphone terbaru ini.

1. Tidak Ada Wireless Charging

Sebagai ponsel flagship, Asus ZenFone 9 tidak mendukung pengisian daya nirkabel atau Wireless Charging. Baterai harus masih diisi menggunakan kabel, sehingga kurang praktis dan mengurangi nilai smartphone itu sendiri.

2. Tidak Ada Lensa Kamera Telephoto

Kamera ZenFone 9

Kekurangan ZenFone 9 masih berkaitan dengan kamera. Asus ZenFone 9 tidak didukung oleh kamera telephoto. Padahal fungsi kamera telephoto biasanya untuk memperbesar tangkapan gambar, atau biasa kita kenal dengan fitur Zoom Camera.

3. Mode Malam Kurang

Terakhir adalah Mode Malam atau Night Mode. Fitur ZenFone 9 kurang bekerja secara maksimal, di Asus ZenFone 9. Alhasil buat Anda yang suka berfoto di malam hari atau di ruangan gelap sepertinya kurang disarankan untuk memakai smartphone ini.

Well itu tadi informasi mengenai kelebihan dan kekurangan Asus ZenFone 9. Semoga aja HP ini bisa segera tiba di Indonesia, sehingga buat Anda yang tertarik dengan HP tersebut bisa segera membelinya. [NM/HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0