telset

Kelebihan dan Kekurangan Realme GT Neo2: Baca Dulu Sebelum Beli

Telset.idRealme GT Neo2 telah resmi dipasarkan di Indonesia. Nah, sebelum Anda membeli HP terbaru dengan spesifikasi prosesor ngebut yang dibanderol dengan harga Rp 6,4 jutaan ini, ada baiknya untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari Realme GT Neo2.

Meluncur di Indonesia, HP Realme terbaru ini membawa slogan “Everything in NEO” yang diposisikan sebagai “Most Disrupting 5G Flagship Killer”.

Tidak sekadar ingin terlihat “wah” dari slogan yang diusungnya, Realme GT Neo2 memang dibekali dengan spesifikasi kelas flagship namun dijual dengan harga yang tergolong menarik.

Baca Juga: Review Realme GT Neo2

Meski memiliki beragam kelebihan, pastinya tetap ada kekurangan pada Realme GT Neo2. Karena sesungguhnya tidak ada smartphone yang sempurna.

Kelebihan Realme GT Neo2

Bagi Anda yang tertarik untuk memboyong smartphone ini, berikut sejumlah kelebihan dari Realme GT Neo2 yang dibanderol dengan harga Rp 6,4 jutaan di Indonesia.

1. Desain Menarik

Kelebihan Realme GT Neo2

Realme GT Neo2 memiliki desain yang menarik, tampil beda, dan pastinya eye catchy. Bagaimana tidak, balutan warna Neo Green pada bagian back cover-nya dijamin bakal mencuri perhatian.

Kelir warna hijau muda nan terang yang dipadukan dengan warna hitam glossy dan matte pada bingkai bodinya, menghadirkan kesan mewah dan segar.

Berkat penggunaan material AG Glass dan teknik pewarnaan 7 nano-multilayer, bodi smartphone ini bakal tetap terlihat kinclong dan anti terhadap jejak sidik jari yang berpotensi membuatnya kotor.

2. Layar AMOLED Kaya Fitur

kelebihan realme gt neo2

Kelebihan Realme GT Neo2 yang selanjutnya adalah pada bagian spesifikasi dan fitur layarnya. Smartphone ini mengusung layar 6,62 inci beresolusi Full HD+. Panel layarnya menggunakan AMOLED E4 Samsung yang terkenal mampu menampilkan konten visual yang tajam dan imersif.

Selain sudah menggunakan panel AMOLED, layanya juga mendukung refresh rate mencapai 120Hz dan touch sampling rate hingga 600Hz.

Baca juga: Review Realme GT Master Edition Indonesia

Layarnya pun telah memiliki sertifikasi HDR sehingga dapat menampilkan konten dengan kualitas HDR10+. Ditambah lagi, panel display GT Neo2 memiliki kecerahan maksimum hingga 1.300 nits.

Masih ada lagi dukungan fitur Eye Comfort yang dapat mengurangi radiasi sinar biru, juga terdapat fitur Smart Sunlight yang sangat berguna ketika berada di bawah paparan sinar matahari.

3. Kinerja Gahar Berkat Snapdragon 870

Kelebihan lainnya, Realme GT Neo2 menawarkan performa jempolan berkat penggunaan prosesor gahar Qualcomm Snapdragon 870. Chipset ini dibangun dari teknologi proses 7nm yang bertenaga juga hemat daya.

Prosesor ini memiliki konfigurasi 8-core CPU yang terdiri dari tiga kluster. Dua kluster dengan inti ARM Cortex-A77 yang terdiri dari 1-core Kryo 585 Prime dengan clock-speed 3,2GHz dan 3-core Kryo 585 Gold dengan clock-speed 2,42 GHz.

Sementara kluster ketiga didasarkan pada core Cortex-A55 dengan konfigurasi 4-core Kryo 585 Silver yang memiliki kecepatan 1,8 GHz.

Dari pengujian benchmark yang sudah kami lakukan, Realme GT Neo2 berhasil meraih skor sebesar 717.590 poin di aplikasi AnTuTu Benchmark. Tinggi sekali kan?!

4. RAM dan Memori Internal yang Lega

Realme

Kinerja dari prosesor Snapdragon 870 pada Realme GT Neo2 juga turut ditopang dengan keberadaan RAM dan internal berkapasitas cukup besar.

HP besutan Realme ini dikombinasikan dengan RAM 12 GB yang bisa diperluas secara virtual berkat teknologi Dynamic RAM Expansion atau DRE. Dengan fitur ini, RAM 12 GB bisa ditambah hingga menjadi 19 GB.

Baca juga: Realme Band 2 Rilis di Indonesia, Harga Rp 400 Ribuan

Sementara untuk memori penyimpanannya, digunakan memori UFS 3.1 seluas 256 GB. Sayang, realme tak memberikan opsi penambahan kapasitas memori melalui slot microSD.

Namun kami rasa untuk ruang internal sebesar itu sudah lebih dari cukup untuk menyimpan beragam aplikasi dan file di dalam smartphone.

5. Baterai Besar dan Teknologi 65W SuperDart

kelebihan pun tersimpan pada sektor baterai, karena Realme GT Neo2 ditopang oleh baterai dengan kapasitas 5.000 mAh. Dengan baterai sebesar ini, tentu Anda tak perlu khawatir untuk menjalani aktivitas selama seharian penuh.

Dari pengujian yang kami lakukan, Realme GT Neo2 mampu memberikan screen on time selama 17 jam dalam kondisi baterai penuh 100%. Ini membuktikan daya tahan yang baik dari baterainya.

Baca Juga: Daftar Lengkap HP yang Dapat Update Realme UI 3.0

Mengimbangi kapasitas baterainya yang besar, Realme juga mengkombinasikannya dengan teknologi fast charging yang disebut 65W SuperDart.

65W SuperDart juga didukung dari teknologi VCVT Intelligent Tuning Algorithm serta VFC Trickle Charging Algorithm. Kedua teknologi itu akan secara cerdas menyesuaikan tegangan dan arus, serta melindungi baterai sekaligus mengoptimalkan efisiensi pengisian daya.

Melalui uji coba yang kami lakukan, hanya butuh waktu 38 menit saja untuk mengisi baterai dari 0% sampai 100%.

6. Sistem Pendingin Vapour Cooling Plus

Performa tinggi dari Snapdragon 870 dikhawatirkan membuat suhu smartphone akan terlalu panas, alias overheat. Namun Anda tak perlu khawatir berkat adanya teknologi Stainless Steel Vapour Cooling Plus di Realme GT Neo2.

Sistem ini terdiri dari pelat VC stainless steel berukuran 4.129mm², menjadikannya sebagai sistem pendingin stainless steel paling besar yang pernah ada di realme.

Baca Juga: Fitur Utama Realme UI 3.0

Sistem pendingin ini berisi 8 struktur lapisan pendingin yang mencakup 4 lapisan pendingin disematkan di dalam layar dan 4 lainnya berada di antara frame tengah.

Seluruh struktur ini didukung dengan diamond thermal gel pada CPU untuk memastikan kontrol suhu dan kecepatan pembuangan panas pada Realme GT Neo2 efektif dan efisien.

7. Kamera 64 MP yang Berkualitas

kekurangan realme gt neo2

Smartphone ini mengusung empat kamera, tiga kamera di belakang dan satu kamera di depan.

Kamera belakang terdiri dari kamera utama dengan sensor Sony IMX682 berukuran 1/1,73” dengan bukaan lensa f/1.8. Kamera ini tidak didukung OIS atau optical image stabilization, namun ada gyro-EIS di sini untuk membantu stabilisasi gambar.

Lalu, terdapat kamera ultrawide 8MP dengan jangkauan 119° dan juga kamera makro 2MP. Kedua kamera ini tidak didukung dengan autofokus, namun masih cukup mumpuni untuk pengambilan gambar.

Baca Juga: Harga HP Realme Dipastikan Tidak Naik

Sementara di depan, terdapat kamera selfie 16MP yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengambil swafoto. Tak cuma untuk selfie, kamera ini pun bertugas sebagai alat bantu untuk sistem keamanan berbasis pengenalan wajah.

Seluruh kamera ini didukung oleh teknologi berbasis AI Scene Enhancement yang dapat mengenali skenario foto dan menyesuaikan pengaturan kamera agar sesuai dengan skenario tersebut.

Kekurangan Realme GT Neo2

Selain banyaknya kelebihan yang dimiliki, tetap terselip kekurangan pada Realme GT Neo2. Ada apa saja? Berikut penjelasannya.

1. Bodi Rentan Tergores

Realme GT Neo2

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, Realme GT Neo2 memiliki desain bodi yang menarik dan tampil beda dari smartphone kebanyakan.

Namun sayangnya, desain yang sudah bagus ini sangat rentan tergores. Hal ini dikarenakan tidak adanya lapisan pelindung seperti Gorilla Glass pada bagian bodinya.

Ini membuat Anda harus berhati-hati ketika menggunakannya agar terhindar dari goresan. Sebagai solusi lain, Anda bisa menggunakan case tambahan yang tersedia dalam paket penjualan. Ya walaupun sebagai gantinya, desain asli dari Realme GT Neo2 tidak tampil seutuhnya.

2. Kurang Opsi Penyesuaian Performa di GT Mode 2.0

Untuk mendukung pengalaman gaming penggunanya, Realme menyematkan fitur bernama GT Mode 2.0 yang dapat mengoptimalkan kinerja CPU dan touch sampling rate dari layar.

Hanya saja, opsi tweak di GT Mode 2.0 ini tergolong kurang. Sehingga Anda kurang bebas dalam membuat pengaturan kinerja ponsel, visualisasi, hingga kecepatan respon layar yang sesuai dengan keinginan.

Demikian kelebihan dan kekurangan Realme GT Neo2. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan Anda ketika ingin membeli smartphone ini. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0