Jadi Otak Oppo Reno3 Pro, Apa Hebatnya MediaTek Helio P95?

Telset.id, Jakarta – Things happen for a reason, demikian bunyi sebuah pepatah. Dan ini bukan saja terkait takdir ataupun kejadian lainnya yang mungkin kita alami dalam hidup. Ini berlaku pula pada banyak hal lainnya, termasuk ketika Oppo menjatuhkan pilihan pada MediaTek Helio P95, sebagai chipset yang mentenagai flagship teranyarnya, Oppo Reno3 Pro.

Untuk diketahui, Oppo Reno3 Pro sendiri merupakan smartphone premium lainnya dari seri Oppo Reno yang datang hanya sebulan setelah kemunculan saudaranya, Reno3. Tak jauh berbeda dengan versi sebelumnya, dia yang membawa embel-embel nama “Pro” ini masih mengedepankan kemampuan fotografi, performa game yang mengesankan, serta tentu saja, kinerja yang andal. Nah, kesemua ini datang berkat adanya MediaTek Helio P95 di kepalanya.

Prosesor Helio P95 sendiri merupakan suksesor dari Helio P90, yang ada di kepala Reno3. MediaTek mengklaim, Helio P95 menjanjikan peningkatan kinerja hingga 10 persen lebih baik dibanding seri sebelumnya. Itu belum termasuk beragam kelebihan lainnya.

{Baca juga: Oppo Reno3 Pro, Berdesain Cantik dengan Spesifikasi Gahar}

Salah satu fitur menarik yang dibenamkan MediaTek pada penerus Helio P90 ini adalah HyperEngine. Ini adalah sebuah fitur yang diklaim mampu “menggenjot” performa smartphone saat digunakan untuk bermain game. Satu kegiatan yang sepertinya menjadi lebih dibutuhkan orang di tengah pandemik seperti saat ini. Biar nggak stres!

Dan ya, kemampuan game yang mumpuni bukan satu-satunya. MediaTek Helio P95 juga punya performa artificial intelligence atau AI yang mengesankan. Dipadukan dengan GPU PowerVR GM9446, RAM 8GB LPDDR4X, storage 256GB, serta baterai berkapasitas 4,025 mAh dengan dukungan fast charging VOOC 4.0 30W, Oppo Reno3 Pro menunjukkan identitasnya sebagai smartphone kelas atas.

Nah, untuk lebih membuktikan klaim tersebut, berikut ini adalah beberapa fitur penting dari MediaTek Helio P95 – sebagai otak Oppo reno3 Pro, yang perlu Anda ketahui.

AI Boost

Keberadaan APU (AI Processing Unit) generasi kedua di badam MediaTek Helio P95 telah mendongkrak peningkatan kinerja 10 persen dibandingkan generasi sebelumnya, menjadikan ini salah satu mesin pemrosesan AI paling kuat yang tersedia untuk smartphone 4G saat ini.

AI-Camera

Peningkatan AI yang dimaksud berlaku pula di sektor kamera, dimana APU 2.0 memungkinkan Oppo Reno3 Pro memberikan hasil foto yang lebih baik. Lebih baik disini salah satunya adalah terkait noise yang secara efektif banyak berkurang, dan ini menjadi mungkin berkat adanya AI-NR (Noise Reduction).

Tak hanya itu, berkat kemampuan AI yang dimilikinya, Helio P95 juga dapat melacak pergerakan dan gestur badan subjek atau objek yang dibidik melalui aplikasi Augmented Reality (AR) maupun Mixed Reality (MR). Pun demikian ketika merekam video, kemampuan AI yang mumpuni memungkinkan kita dapat melihat efeknya diterapkan secara real-time.

Kinerja Terbaik

MediaTek Helio P95 menggabungkan CPU Arm Cortex-A75 dan Cortex-A55 dalam satu cluster octa-core yang dipasangkan dengan GPU IMG PowerVR GM 9446 dan pengontrol memori LPDDR4X. Hasilnya, kinerja aplikasi dan game meningkat yang membuat smartphone menjadi sangat responsif.

{Baca juga: Uji Performa Oppo Reno3 Pro: Powerful dengan Helio P95}

GPU IMG PowerVR GM 9446 sendiri telah meningkat 10 persen dari generasi sebelumnya, untuk membuat kinerja gaming dan 3D lebih baik.

MediaTek HyperEngine

MediaTek Helio P95 adalah seri-P pertama yang dibekali teknologi game MediaTek HyperEngine. Alasannya sederhana, perusahaan percaya bahwa konsumen yang berfokus pada kamera sekalipun tetap menikmati game dalam kesehariannya. Dan itu tak melulu game casual semacam Tetris atau Poker sebagai cara mengusir rasa bosannya.

Teknologi MediaTek HyperEngine meningkatkan performa hardware dan software pada smartphone, sehingga memungkinkan pengguna menikmati game atau aplikasi berat tanpa kendala. MediaTek HyperEngine juga mampu menyelaraskan seluruh kinerja ponsel yang berarti menjaga kestabilan jaringan, menciptakan layar sentuh yang cepat, dan visual yang jelas untuk memastikan game berjalan mulus.

Hasil foto resolusi tinggi

MediaTek Helio P95 memungkinkan pembuat perangkat untuk membuat smartphone premium dengan kamera 64MP yang dapat menangkap foto mengesankan, dengan resolusi super tinggi. Ini juga memberi peluang bagi merek seperti Oppo untuk membangun pengaturan dua kamera hingga 24+16MP, atau lebih tinggi lagi dengan susunan multi-kamera yang menyediakan lebih banyak opsi lensa dan sensor.

Semua kamera ini terhubung ke tiga ISP unik MediaTek yang mampu memproses 14-bit RAW dan 10-bit YUV dengan efisiensi daya yang luar biasa.

Dukungan 4G yang cepat

MediaTek Helio P95 mengintegrasikan modem 4G LTE WorldMode dengan 4×4 MIMO, 3CA, dan 256QAM yang memberikan kinerja konektivitas yang lebih andal, bahkan di ruang padat penduduk seperti stadion, pusat perbelanjaan, kantor, atau bandara. Fitur seluler canggih seperti eMBMS global, HPUE dan IMS (VoLTE/ ViLTE/VoWi-Fi) juga didukung oleh operator seluler di seluruh dunia. Sementara sistem dual 4G VoLTE di kedua slot SIM card sama artinya dengan pengalaman panggilan video langsung dan video langsung terbaik. Kualitas suara juga jauh lebih baik.

Wi-Fi yang bisa diandalkan

Untuk melengkapi sektor konektivitas, MediaTek Helio P95 juga menyertakan Wi-Fi 5 yang andal dan Bluetooth 5 yang mulus dalam daftar fitur unggulannya. Keduanya memungkinkan konektivitas lokal yang cepat dan efektif, baik itu untuk browsing atau mengendalikan peralatan rumah pintar dan gadget.

Previous articleBlack Shark 3 dan Black Shark 3 Pro: Sangar Berkat Snapdragon 865
Next articleCegah Covid-19, Pintu di Supermarket Ini “Bebas Sentuh”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here