Thunderbolt 3 di iPhone 15 Pro untuk Transfer Data Kecepatan Tinggi

Telset.id, Jakarta – Apple kemungkinan besar akan menghadirkan port USB Type-C pada seri iPhone 15 Pro mendatang dengan dukungan Thunderbolt 3. Ini merupakan perubahan signifikan yang dilakukan Apple, dengan mengganti Lightning Port selama satu dekade.

Dari laporan analis Ming-Chi Kuo terlihat bahwa model Apple iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max generasi berikutnya akan menghadirkan port USB-C dengan dukungan teknologi USB 3.2 atau Thunderbolt.

Salah satu kenggulan utama penggunaan USB-C adalah mendukung transfer data yang cepat.

Port Thunderbolt 3 dapat menawarkan kecepatan transfer data hingga mencapai 40Gbps, sementara untuk konektor Lightning yang hingga kini digunakan dalam semua model iPhone di pasar global, hanya mampu mendukung USB 2.0, yang memiliki kecepatan transfer data maksimal 480Mbps.

BACA JUGA:

Sebagai contoh skenario manfaat dari penggunaan Thunderbolt 3 pada seri Apple iPhone 15 Pro, nantinya para pengguna dapat memanfaatkan kecepatan transfer data yang lebih cepat pada saat memindahkan file dengan ukuran besar, seperti video dan gambar yang diambil menggunakan mode ProRAW di iPhone mereka.

Perlu diingat bahwa Apple sudah menggunakan port USB-C di sebagian besar perangkat iPad untuk transfer data yang lebih cepat. Apple iPad Pro yang ditenagai oleh chipset M1 mendukung kecepatan 40Gbps, sedangkan iPad Air generasi kelima mampu mentransfer data dengan kecepatan 10Gbps.

Di sisi lain, iPad Mini hanya mendukung kecepatan 5Gbps. IPad generasi ke-10 adalah satu-satunya yang memiliki port USB-C standar, yang terbatas pada kecepatan USB 2.0.

BACA JUGA:

Apple memang membedakan model iPhone Pro dan versi biasa, seperti pada seri iPhone 14, yang memiliki beberapa perubahan di mana sebagian besar fitur premium hanya terbatas pada model seri Pro.

Tampaknya hal ini akan berlanjut dengan ponsel yang akan datang juga, dan dukungan USB 3.0 atau Thunderbolt 3 akan untuk model iPhone 15 Pro dan Pro Max, sedangkan model standar iPhone 15 dan 15 Plus akan terbatas pada kecepatan USB 2.0. [FY/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0