iPhone 15 Bakal Gunakan Prosesor 3nm Buatan TSMC

Telset.id, Jakarta – iPhone 15 akan datang dengan menggunakan prosesor 3nm buatan TSMC.  TSMC sendiri dikabarkan bakal menghadirkan prosesor 2nm pada 2025 dan 3nm pada 2024.

Prosesor 3nm untuk iPhone 15 akan dikirim oleh TSMC ke Apple paling cepat akhir 2023. Node 3nm akan mempunyai lima iterasi utama hingga setidaknya 2025 nanti.

Menurut laporan Phone Arena, TSMC akan meningkatkan rasio daya/kinerja prosesor, yakni dengan kerapatan transistor lebih tinggi dan tegangan yang bisa disesuaikan.

BACA JUGA: 

Soal voltase, FinFlex toolkit TSMC akan hadir dalam “gigi” 3nm, memungkinkan Apple, Qualcomm, dan semua pelanggan untuk bermain-main dengan opsi berbeda.

Sebagaimana dikutip Telset.id pada Minggu (19/6/2022), mereka bisa sesuka hati menyeimbangkan penarikan daya dan kinerja untuk mendapatkan sweet spot guna efisiensi biaya.

Teknologi TSMC FINFLEXTM untuk N3 dan N3E akan menampilkan inovasi arsitektur revolusioner yang menawarkan fleksibilitas tak tertandingi bagi para desainer.

Inovasi TSMC FINFLEXTM menawarkan pilihan sel standar berbeda dengan konfigurasi sirip 3-2 untuk kinerja ultra serta konfigurasi sirip 2-1 untuk efisiensi daya.

Kemudian, konfigurasi sirip 2-2 memberikan keseimbangan untuk Efficient Performance. Pelanggan bisa membuat desain sistem on-chip secara tepat sesuai kebutuhan.

Tak hanya itu, blok fungsionalnya menerapkan konfigurasi sirip optimal terbaik untuk kinerja, daya, dan target area yang diinginkan, dan terintegrasi di chip yang sama.

Node 2nm lebih menarik. Peningkatan performa Node 2nm menjadi sangat kecil dan fokus kepada fitur tambahan. Node 2nm dibuat dengan teknologi GAA FET baru.

Tahun ini, GAA FET  atau Gate All Around Field-Effect Transistors baru dipakai Samsung di prosesor 3nm. TSMC akan terlambat beberapa tahun daripada Samsung.

Namun, TSMC yakin tGAA FET anyar di prosesor 3nm menjanjikan peningkatan kinerja 15 persen atau penurunan konsumsi daya hingga 30 persen di iPhone 15.

Sementara itu, teknologi N2 TSMC punya kemajuan luar biasa ketimbang N3. Teknologi N2 TSMC punya peningkatan kecepatan hingga 15 persen di daya yang sama.

Teknologi N2 TSMC juga memiliki pengurangan daya sampai 30 persen di kecepatan yang sama. Teknologi ini akan pula menampilkan arsitektur transistor nanosheet.

BACA JUGA:

Tujuannya untuk memberikan peningkatan penuh dalam kinerja dan efisiensi daya, memungkinkan inovasi produk generasi berikutnya bagi para pelanggan TSMC.

Platform teknologi N2 mencakup varian berkinerja tinggi selain versi dasar komputasi seluler, serta solusi integrasi chiplet komprehensif. Dikabarkan, N2 mulai produksi pada 2025.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0