iPhone 15 Pro Tampil Tanpa Notch, Face ID Ditanam di Bawah Layar

Telset.id, Jakarta – Apple digadang-gadang mulai move on dari desain layar berponi untuk seri iPhone terbaru. Dilaporkan, iPhone 15 Pro akan menjadi seri iPhone pertama yang mengusung desain fullscreen tanpa notch dan dilengkapi dengan kamera Face ID di bawah layar.

Kabar ini terkuak setelah LeaksApplePro mengklaim bahwa Apple telah memindahkan pekerjaan dan sumber daya dari tim Touch ID ke tim Face ID. Perusahaan asal Cupertino itu berarti secara resmi meninggalkan pengembangan fitur sidik jari di bawah layar, dan memilih meningkatkan kemampuan Face ID.

Kabarnya, Apple akan mengerahkan sumber dayanya secara maksimal untuk menggarap teknologi kamera di bawah layar sekaligus menghilangkan desain notch pada iPhone generasi terbaru.

Sebenarnya, Apple awalnya berencana untuk menghadirkan teknologi kamera di bawah layar pada iPhone 13 Pro, termasuk menghilangkan desain poni yang sudah lama digunakan sejak seri iPhone X.

Baca juga: Cara Mengaktifkan 5G di iPhone 12 dan iPhone 13

Seperti dilansir Telset dari Gizchina pada Senin (21/2/2022), namun teknologi yang dikembangkan Apple masih jauh dari kata sempurna. Masih banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan demi memaksimalkan potensi teknologi kamera di bawah layar, termasuk membuatnya bisa sejalan dengan sistem keamanan Face ID.

Pada akhirnya, Apple memutuskan untuk menundanya beberapa tahun untuk penelitian lebih lanjut sampai teknologi ini benar-benar sempurna dan siap pakai.

iPhone 15 Pro Tampil Fullscreen, Face ID Makin Canggih

iPhone 15 Pro Face ID Kamera di bawah layar
Foto: MacRumors

Sejak iPhone X pada 2017 silam, Apple selalu menerapkan desain bingkai atas yang lebih tebal dengan adanya poni atau notch. Bezel ini dimaksudkan sebagai tempat bagi kamera depan dan komponen pendukung Face ID.

Desain ini kemungkinan akan ditinggalkan Apple saat mereka merilis iPhone 15 Series. Dari laporan yang beredar, iPhone 15 Pro akan menjadi iPhone pertama yang tampil fullscreen tanpa poni di bagian atas layarnya.

Baca juga: Spesifikasi iPhone 14 Makin Canggih

Selain tampil berbeda, teknologi keamanan pada iPhone 15 Pro juga jauh lebih baik. Apple akan menaruh Face ID pada komponen kamera yang mereka tempatkan di bawah layar.

Hal inipun sekaligus memperkuat anggapan bahwa iPhone 14 Series masih mengadopsi desain yang kurang lebih sama dengan iPhone 13 Series. Namun ada juga laporan yang menyebut bahwa iPhone generasi terbaru mungkin menggunakan layar punch-hole atau berlubang. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0