Semua Model iPhone 14 akan Menggunakan Layar OLED LTPO 120Hz

Telset.id, Jakarta – Di tengah ramainya bocoran iPhone 13 yang siap meluncur di tahun ini, berhembus rumor tentang iPhone 14, yang kabarnya akan menggunakan layar OLED LTPO 120Hz untuk semua varian.

Sebuah laporan dari Korea Selatan mengungkapkan bahwa LG Display berencana akan mulai memproduksi layar 120Hz dengan teknologi low-temperature polycrystalline oxide (LTPO).

Baca juga: iPhone 13 Bakal Dukung Wireless Charging Terbalik yang Lebih Cepat

Teknologi layar OLED LTPO 120Hz buatan LG itu akan digunakan untuk semua model varian iPhone 14 yang dirilis tahun depan. Hal ini berbeda dengan iPhone 13 yang kabarnya hanya memiliki layar 120Hz terbatas pada model Pro saja.

Elec melaporkan bahwa LG Display telah memulai pembicaraan internal dengan produsen Avaco untuk mendapatkan peralatan manufaktur LTPO untuk fasilitas produksi layarnya.

Pesanan terakhir untuk peralatan tersebut dikatakan akan dilakukan setelah perusahaan Korea Selatan itu mencapai kesepakatan dengan Apple untuk memproduksi layar jajaran iPhone edisi  tahun 2022.

Jika melihat rencana LG Display yang akan segera masuk dalam tahap pengembangan dan produksi layar tersebut, maka hampir dapat dipastikan semua model iPhone 14 nantinya akan mengusung layar LTPO OLED dengan refresh rate 120Hz.

Apple sendiri telah bermitra dengan Samsung untuk menggunakan layar LTPO OLED yang mendukung refresh rate 120Hz untuk model iPhone 13 Pro, yang akan diluncurkan di tahun ini.

Baca juga: Bocoran iPhone 13 Terbaru, Punya Sensor LiDAR dan Memori 1 TB

Namun untuk opsi model iPhone 13 non Pro, Apple disebutkan akan menggunakan layar LTPS TFT OLED biasa dari LG, yang tidak menawarkan refresh rate lebih tinggi dari layar LTPO OLED.

Elec dalam salah satu laporan sebelumnya mengatakan bahwa Samsung Display berencana untuk memproduksi sebanyak 80 juta unit panel OLED untuk model iPhone baru, sedangkan LG Display hanya akan membuat 30 juta unit.

Seperti diketahui, baik Samsung dan LG adalah dua perusahaan yang juga menjadi satu-satunya produsen layar untuk jajaran iPhone 12. Sejauh ini, LG Display memang memiliki lini produksi LTPO OLED, tetapi belum memproduksi layar sebanyak Samsung.

Kabarnya, salah satu alasan mengapa Apple akan menggunakan layar 120Hz di semua model iPhone 14 adalah karena tidak adanya versi mini dalam seri iPhone 14.

Hal ini sejalan dengan beberapa laporan sebelumnya yang menyebutkan bahwa Apple tidak akan mengeluarkan versi mini lagi, setelah meluncurkan iPhone 13 mini di tahun ini.

Baca juga: Samsung Pasok Layar LTPO AMOLED 120Hz untuk iPhone 13 Pro

Dengan demikian, Apple nantinya hanya akan menjual iPhone dalam ukuran biasa. Hal ini akan memiliki memberikan cukup ruang untuk menyimpan baterai dengan kapasitas lebih besar, yang sangat dibutuhkan smartphone yang menawarkan refresh rate lebih tinggi.

Tidak seperti Apple, pabrikan Android termasuk Samsung telah cukup lama menggunakan layar dengan refresh rate yang lebih tinggi untuk menawarkan efek gulir yang lebih mulus pada jajaran smartphone flagship mereka.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0