telset

Apple Rilis iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max  

Telset.id, Jakarta – Apple mengumumkan generasi terbaru iPhone di acara peluncuran virtual ‘California Streaming’ pada hari Selasa (14/9/2021) waktu setempat. Ada empat model yang diperkenalkan, iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

Model yang ditawarkan iPhone 13 series ini sama dengan jajaran iPhone 12 yang meluncur tahun lalu, yakni iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max.

Bahkan keempatnya memiliki ukuran layar yang sama dan desain keseluruhan yang sangat mirip dengan pendahulunya, yakni iPhone 12 iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

Baca juga: Deretan Produk Terbaru yang Debut di Apple Event 2021

Meski begitu, ada beberapa peningkatan penting yang diberikan pada generasi terbaru ini, seperti masa pakai baterai yang lebih baik, kamera yang dirombak, mode perekaman video sinematik, dan takik yang lebih sempit di seluruh varian.

Untuk bagian mesin utamanya, keempat iPhone baru ini semuanya ditenagai oleh chipset terbaru A15 Bionic, dan keempatnya juga menggunakan sistem operasi iOS 15.

Spesifikasi iPhone iPhone 13 dan 13 Mini

iPhone 13 spesifikasi

iPhone 13 dan iPhone 13 Mini memiliki ukuran layar yang sama dengan pendahulunya, tetapi dengan lekukan yang 20 persen lebih sempit untuk menambah ruang layar.

iPhone 13 memilki bentang layar 6,1 inch dengan resolusi 2532 x 1170 pixel. Sementarar iPhone 13 Mini memiliki ukuran layar 5,4 inch dengan resolusi 2340 x 1080 pixel.

Keduanya menggunakan layar Super Retina XDR OLED yang diklaim 28 persen lebih terang dari generasi sebelumnya. Tingkat kecerahan layarnya mencapai 800 nits, sedangkan kecerahan puncak HDR adalah 1200nits.

Keduanya juga mengandalkan mesin yang sama, chipset terbaru A15 Bionic, yang diklaim 50% lebih ngebut dibanding smartphone flagship terkini yang digunakan para pesaingnya. Sedangkan GPU empat inti digadang lebih baik 30% dari pesaing.

Peningkatan juga diberikan Apple pada bagian kameranya. Keduanya dibekali dua kamera belakang, dengan konfigurasi kamera ultra wide 12 MP dan wide 12 MP.

Baca juga: 7 Fitur Unggulan iPhone 13: Chipset Baru Hingga Anti Air dan Debu

iPhone 13 spesifikasi

Apple juga menambahkan fitur baru berupa sensor shift stabilization, yang berfungsi sebagai penstabil gambar. Fitur ini sebelumnya hanya disematkan di model iPhone 12 Pro Max. Kini pengguna model standar bisa merasakannya.

Sedangkan untuk kamera depan, keduanya dibekali kamera 12 MP dengan fitur night mode untuk selfie di kondisi kurang cahaya.

Peningkatan juga diberikan pada fitur penyimpanan. iPhone 13 dan iPhone 13 mini adalah iPhone “non-Pro” pertama yang tersedia dengan penyimpanan lebih dari 256GB. Untuk varian terendah, iPhone 13 memiliki memori internal 128 GB, lebih besar dua kali lipat dibanding pendahulunya iPhone 12 dengan 64 GB.

Apple juga meningkatkan kemampuan baterainya, yang kini diklaim mampu bertahan lebih lama. Baterai iPhone 13 disebut tahan lebih lama 2,5 jam dari iPhone 12, sedangkan baterai iPhone 13 mini mampu bertahan lebih lama 90 menit dari seri sebelumnya.

Apple tidak secara resmi mengungkapkan jumlah RAM dan kapasitas baterai masing-masing model. Tapi bisa dipastikan kita akan mengetahuinya pada laporan berikutnya.

Spesifikasi iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max

iPhone 13 pro spesifikasi

Seperti pendahulunya, “model pro” menjadi varian tertinggi di setiap seri iPhone yang diluncurkan Apple. Tahun ini Apple merilis model iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.

iPhone 13 Pro mengusung layar Super Retina XDR OLED 6,1 inch, sedangkan iPhone 13 Pro Max memiliki layar lebih besar 6,7 inch. Keduanya memiliki layar dengan tingkat kecerahan mencapai 1.200 nit, dan sudah mendukung Dolby Vision, HDR 10.

Apple juga menambahkan fitur refresh rate ProMotion Adaptive hingga 120Hz. Fitur ini akan dapat menskala dari 10Hz hingga 120Hz, dan menyesuaikan kecepatan refreshnya secara dinamis berdasarkan input pengguna, seperti kecepatan gesek, untuk sistem yang lebih responsif dan hemat daya.

Untuk dapur pacunya ditenagai chipset A15 Bionic, yang memiliki CPU 6 inti dengan kinerja dua kali lebih tinggi dan empat inti yang membuatnya lebih efisien, ditambah Mesin Neural 16-inti. Apple menyebut kinerjanya 50% lebih baik dari chipset yang digunakan pesaingnya.

Pada bagian kamera belakangnya mengandalkan tiga kamera dengan konfirgurasi kamera utama 12 MP (f/1.6, OIS), kamera ultra wide 12 MP (f/1.8 dengan Autofocus), dan kamera telephoto 12 MP focal length 77mm, 3x optical zoom.

Keistimewaan lainnya adalah kamera ultra wide di mode pro bisa digunakan sebagai kamera makro. Kamera ini diklaim mempu memotret obyek dari jarak sangat dekat hingga 2 cm.

Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga iPhone 13 Pro & iPhone 13 Pro Max

Begitu juga dengan kamera utamanya diklaim bisa memotret 2,2x lipat lebih terang dibanding generasi sebelumnya. Fitur lainnya yang ditambahkan seperti Smart HDR yang bisa di-costomize dan Photograpic Styles.

Sedangkan untuk kamera depan tidak ada peningkatan, karena Apple masih setia dengan kamera 12 MP, yang kini dilengkapi fitur Deep Fusion.

Sama seperti model standar dan mini, daya tahan baterai iPhone 13 Pro juga lebih Tangguh hingga mampu bertahan 1,2 jam lebih lama dari seri sebelumnya. Begitu juga baterai iPhone 13 Pro Max mampu tahan lebih lama 2,5 jam dari pendahulunya, iPhone 12 Pro Max.

iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max juga menjadi iPhone pertama yang memiliki penyimpanan hingga 1TB. Apple seperti ingin menjawab harapan para fanboy nya yang selalu mengeluhkan soal penyimpanan yang minim. [HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0