telset

7 Fitur Unggulan iPhone 13: Chipset Baru Hingga Anti Air dan Debu

Telset.id, Jakarta – Setelah ditunggu kehadirannya, iPhone 13 akhirnya resmi unjuk diri ke hadapan publik. Meski dari segi desain tak ada perubahan signifikan, namun ragam fitur unggulan di iPhone 13 tetap membuatnya layak dinantikan.

Berbicara mengenai desain, wujud iPhone generasi terbaru ini terlihat sama persis dengan iPhone 12. Hanya ukuran notch-nya saja yang diperkecil hingga 20% dari seri sebelumnya.

Walaupun tak ada perubahan radikal dari segi desain, sejumlah fitur unggulan sudah dibenamkan ke iPhone 13. Fanboy dijamin akan terpincut dengan kecanggihan yang ditawarkan.

{Baca Juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga dari iPhone 13 & iPhone 13 Mini}

Bagi Anda yang penasaran dengan sejumlah fitur dan kelebihan iPhone 13, berikut kami telah merangkumnya untuk Anda. Check this out!

Fitur Unggulan di iPhone 13

iPhone 13

Banyak fitur iPhone 13 yang menurut kami cukup menarik dan seharusnya bisa membuat Anda tertarik dengan iPhone generasi terbaru ini. Berikut beberapa fitur canggih yang dimilikinya.

1. Layar Super Retina XDR OLED

Fitur iPhone 13

Suksesor iPhone 12 ini mengusung layar berukuran 6,1 inci. Apple menggunakan panel Super Retina XDR OLED yang menghadirkan rasio kontras untuk warna hitam pekat dan peningkatan 28% lebih terang dengan intensitas cahaya luar ruangan hingga 800 nits.

Sementara untuk kecerahan puncak lebih tinggi untuk konten HDR seperti foto dan video pada 1200 nits. Penggunaan teknologi ini juga diklaim lebih hemat daya.

Layar iPhone 13 juga memiliki beragam fitur pendukung, seperti HDR10 dan HLG, serta fitur Dolby Vision. Kekurangannya, Apple tidak memberikan fitur refresh rate 120Hz untuk iPhone terbaru ini. Fitur refresh rate 120Hz hanya tersedia untuk model Pro dan Pro Max saja.

2. Chipset Baru Apple A15 Bionic

A15 Bionic

iPhone 13 sudah dijejalkan chipset terbaru garapan Apple yang disebut A15 Bionic. Chipset anyar ini diklaim memiliki performa CPU dan GPU yang lebih cepat daripada chipset kompetitor saat ini.

Menurut Apple, prosesor A15 Bionic diklaim memiliki kinerja 50% lebih cepat dan GPU yang lebih 30% lebih baik dari pesaingnya.

{Baca Juga: Harga iPad 9 Mulai Rp 4 Jutaan, Bawa Fitur ala iPad Pro}

Apple A15 Bionic memiliki konfigurasi CPU 2-core high performance dan 4-core dengan efisiensi tinggi. Prosesor ini dibangun berdasarkan arsitektur 5nm yang memiliki efisiensi daya yang bagus.

Prosesor ini sudah didukung oleh 16-core Neural Engine yang mampu menangani sampai 15,8 TOPS (trillion operation per second). Chip Neural Engine tersebut dikhususkan untuk mendukung fitur-fitur seperti pengenalan suara dan gambar, Siri, dan tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan machine learning.

3. Baterai yang Lebih Tahan Lama

Fitur baterai iPhone 13

Penggunaan Apple A15 Bionic ternyata juga turut berimbas pada daya tahan baterai iPhone 13. iPhone terbaru ini menawarkan peningkatan dalam urusan daya tahan baterai yang sangat signifikan.

Daya tahan baterai yang bisa bertahan lebih lama ini merupakan kontribusi dari penggunaan komponen yang lebih efisien, baterai yang lebih besar, dan optimalisasi daya dari integrasi yang mendalam antara perangkat keras dan perangkat lunak.

iPhone 13 disebut mampu memberikan daya tahan baterai hingga 2,5 jam lebih banyak dalam sehari daripada iPhone 12.

4. Cinematic Mode dan Photographic Styles

Fitur Cinematic Mode iPhone 13

iPhone 13 mengusung dua kamera di belakang dengan sensor utama 12MP yang memiliki area piksel 1.7µm dan didukung dengan lensa 26mm f/1.6, plus dukungan stabilisasi gambar berbasis sensor-shift.

Kamera lainnya, berjenis ultrawide 12MP dengan bukaan lensa f/2.4. Di bagian depan, tersemat kamera 12MP TrueDepth yang ditempatkan pada poni berukuran lebih mini.

Apple juga menghadirkan Cinematik mode pada iPhone untuk merekam video dengan subjek orang, hewan peliharaan, dan objek dengan efek kedalaman yang indah serta perubahan fokus secara otomatis, sehingga siapa pun dapat menangkap momen bergaya sinematik.

{Baca Juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga iPhone 13 Pro & iPhone 13 Pro Max}

Selain itu, berkat A15 Bionic dan algoritma pembelajaran mesin yang canggih, Cinematic Mode dapat merekam dalam Dolby Vision HDR. Pengguna juga dimungkinkan merekam video HDR dengan Dolby Vision dan video beresolusi 4K hingga 60 FPS di semua kamera.

Sementara Photographic Styles memungkinkan pengguna untuk membawa preferensi foto pribadi mereka ke setiap gambar sambil tetap mendapat manfaat dari pemrosesan gambar multiframe Apple.

Preferensi yang telah disetel dan disesuaikan berfungsi di seluruh skenario foto dan subjek. Tidak seperti filter sederhana, fitur ini dengan cerdas menerapkan penyesuaian yang tepat ke berbagai bagian foto untuk memastikan elemen penting, seperti warna kulit bisa dipertahankan agar terlihat lebih alami.

Apple juga melengkapi kameranya dengan fitur seperti Portrait Mode, Night Mode di seluruh modul kamera, Night Mode Time-lapse, Portrait Lighting, Slo-mo Selfie, Smart HDR 4, dan lain sebagainya.

5. Sistem Operasi iOS 15

iOS 15

iOS 15 meningkatkan pengalaman iPhone dengan cara baru untuk tetap terhubung. Sistem operasi ini menyimpan beberapa fitur canggih untuk iPhone 13 yang membantu pengguna fokus, menjelajah, dan melakukan lebih banyak hal dengan beragam kecerdasan yang ada di perangkat.

Panggilan FaceTime terasa lebih alami dengan audio spasial dan mode potret baru. Fitur Focus membantu pengguna mengurangi gangguan, notifikasi telah didesain ulang, dan Live Text menggunakan kecerdasan pada perangkat untuk mengenali teks dalam foto.

Apple Maps juga memberikan cara baru untuk bernavigasi dan menjelajah dengan pengalaman mengemudi kota dengan tampilan 3D dan petunjuk arah berjalan berbasis augmented reality atau AR.

Sedangkan Weather didesain ulang dengan peta yang memenuhi layar dan tampilan data yang lebih grafis. Adapun untuk Wallet ditambahkan dukungan untuk kunci rumah, mendukung kontrol privasi baru di Siri, Mail, dan lebih banyak tempat di seluruh sistem yang semakin melindungi informasi pengguna.

6. Mendukung Jaringan 5G

Fitur Terbaik iPhone 13

iPhone 13 dipastikan sudah mendukung jaringan 5G. Meskipun belum diketahui apakah nanti juga akan bisa digunakan untuk jaringan 5G yang ada di Indonesia.

Dengan adanya jaringan 5G, pengguna dapat menikmati streaming video berkualitas lebih tinggi, gameplay yang lebih kompetitif dalam game, kecepatan download dan upload yang lebih cepat, dan banyak lagi.

{Baca Juga: 3 Alasan Kenapa Sebaiknya Tunda Beli HP 5G di Tahun Ini}

Dengan iOS 15, SharePlay7 di 5G akan membuka pengalaman berbagi tingkat lanjut, seperti menonton film HDR atau acara TV yang dibagikan dengan teman saat melakukan panggilan FaceTime.

Ditambah dengan mode Smart Data akan secara cerdas menghemat masa pakai baterai dengan secara otomatis mengalihkan iPhone ke LTE saat kecepatan 5G tidak diperlukan.

7. Anti Air dan Debu

IP68

Pengguna iPhone 13 kini bisa menggunakan smartphone-nya tanpa khawatir terhadap debu dan air. Pasalnya, iPhone 13 kini sudah memiliki sertifikasi IP68.

Berkat sertifikasi ini, iPhone 13 tetap dapat berfungsi dengan normal walaupun masuk ke dalam air hingga kedalaman maksimal 6 meter selama 30 menit. Namun dalam kondisi basah, Apple memperingatkan untuk tidak melakukan isi daya.

{Baca juga: iPad Mini 6 Diresmikan, Spesifikasi Kencang dengan A15 Bionic}

Demikian fitur-fitur canggih yang ada di iPhone 13. Smartphone ini tersedia dalam varian warna Starlight, Midnight, Blue, Pink, dan (PRODUCT) RED Edition dan dijual mulai dari harga USD 799 atau sekitar Rp 11,4 jutaan. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0