HP Samsung Menumpuk 50 Juta Unit, Belum Laku Gara-gara Rusia

Telset.id, Jakarta – HP Samsung menumpuk hingga 50 juta unit di distributor seluruh dunia. Ada kabar, Samsung telah salah menilai pasar untuk tahun ini.

Menurut Elec, stok 50 juta HP Samsung setara dengan hampir 20 persen target pengiriman tahunan. Dengan kata lain, jumlah itu jelas bukan angka yang kecil.

Smartphone Samsung yang paling banyak menumpuk adalah model bujet dan Galaxy A kelas menengah. Lalu, Galaxy S22 dan Galaxy Z Flip 3 berada di posisi berikutnya.

Memiliki jutaan stok HP belum laku sebenarnya relatif normal bagi Samsung. Tapi, kalau jumlahnya sampai 50 juta unit, tentu menjadi sebuah hal tidak wajar.

Samsung biasanya mempertahankan 10 persen volume produksi smartphone di distributor. Tahun ini, Samsung seharusnya hanya punya stok 27 juta unit.

BACA JUGA:

Faktanya, Telset kutip dari Phone Arena, Selasa (21/6/2022), Samsung keliru menilai permintaan pasar tahun ini. Samsung melakukannya pada akhir 2021.

Samsung awalnya menargetkan lebih dari 300 juta penjualan pada 2022 dan produksi hampir 330 juta HP. Target Samsung itu terbilang benar-benar agresif.

Samsung mengusung target sebelum ada invasi Rusia ke Ukraina serta lonjakan inflasi di seluruh dunia. Awal 2022, Samsung produksi 20 juta unit bulan.

Maret 2022, Samsung mulai melihat gelagat kurang baik di pasar. Samsung kemudian menurunkan jumlah produksi HP menjadi  10 juta unit pada Mei 2022.

Sebagai konsekuensi logis, Samsung akhirnya memangkas pesanan komponen dari pemasok sebesar 30 persen hingga 70 persen antara April dan Mei 2022 lalu.

Meskipun kenyataan tak berjalan sesuai rencana, Samsung berani merevisi target pada paruh kedua 2022 seiring kedatangan smartphone model Galaxy Z baru.

BACA JUGA:

Samsung kemungkinan akan terus membatasi produksi sampai tingkat persediaan kembali ke tingkat aman. Beberapa HP model Galaxy A termasuk laris di dunia.

Apalagi, Samsung menghadirkan Galaxy Z Fold 4 dan Galaxy Z Flip 4. Samsung berharap dua lini baru itu bakal mengerek pengiriman HP sampai akhir tahun nanti. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0