telset
spot_img
spot_img

Deretan HP Android Terbaru dengan Prosesor Snapdragon 8 Gen1

Telset.id, Jakarta – Beberapa waktu yang lalu, Qualcomm mengumumkan kehadiran prosesor flagship Snapdragon 8 Gen1. Berikut tim Telset telah merangkum vendor-vendor HP Android yang menjadi salah satu yang pertama dengan prosesor Snapdragon 8 Gen1.

Asal tahu saja, sesaat setelah Qualcomm merilis suksesor Snapdragon 888, pabrikan ponsel pintar berlomba-lomba mengukuhkan diri sebagai salah satu vendor pertama yang bakal merilis HP dengan prosesor yang awalnya diprediksi sebagai Snapdragon 898 itu.

Lewat Snapdragon 8 Gen1, Qualcomm mulai mengubah skema penamaan pada jajaran prosesornya. Digit angka (8) di belakang Snapdragon menandakan bahwa seri ini merupakan chip unggulan dan menjadi generasi penamaan yang pertama.

Selain nama yang baru, prosesor ini menjadi chipset 4nm pertama dari Qualcomm yang menggunakan arsitektur CPU generasi baru ARMv9. Qualcomm tetap mempertahankan desain tiga kluster pada prosesor andalannya.

1-core Cortex X2 akan berjalan pada kecepatan 3 GHz. Sementara kluster lain yang terdiri dari 3-core Cortex A710 punya kecepatan 2,5 GHz dan 4-core Cortex A510 berjalan pada kecepatan 1,8 GHz.

Baca juga: Spesifikasi dan Fitur Snapdragon 8 Gen1

Menurut pengujian internal Qualcomm, prosesor Snapdragon 8 Gen 1 menyuguhkan kecepatan CPU 20% lebih kencang dan konsumsi daya 30% lebih rendah. Sangat kencang dan efisien, kan?

Nah, berikut ini tim Telset bakal menyebutkan deretan HP Android yang akan datang dengan prosesor Snapdragon 8 Gen1. Ada apa saja? Yuk simak selengkapnya, sob!

1. Xiaomi 12

Spesifikasi Xiaomi 12 Xiaomi 12X

Bos Xiaomi, Lei Jun, mengonfirmasi bahwa Xiaomi 12 akan menjadi HP pertama di dunia dengan prosesor Snapdrgon 8 Gen 1. Ia mengungkapkannya melalui Twitter, beberapa jam setelah Qualcomm mengumumkan chipset terbarunya.

Dari rumor yang beredar, HP 5G terbaru ini diprediksi akan melenggang resmi pada 12 Desember mendatang. Tanggal peluncuran yang cantik untuk Xiaomi 12, apalagi smartphone ini pun tengah diproduksi masalah oleh perusahaan asal China.

Baca juga: Xiaomi 12 Pakai Snapdragon 8 Gen 1

Belum diketahui spesifikasi lengkap dari Xiaomi 12. Beberapa bocoran memang sudah terungkap, seperti layar AMOLED 120Hz, kamera utama 50MP, sampai baterai dengan dukungan fast charging 100W lebih.

2. Motorola Edge X30

Motorola Edge X30 HP Android dengan prosesor Snapdragon 8 Gen1

Motorlola pun menjadi salah satu perusahaan teknologi yang bakal merilis HP dengan prosesor Snapdragon 8 Gen1. Melalui Edge X30 Series, smartphone ini kabarnya akan diperkenalkan dalam waktu dekat tepatnya pada 9 Desember mendatang.

Smaa halnya, tidak ada informasi detail dari Motorola Edge X30. Beberapa bocoran memang sudah muncul, seperti layar OLED 6,67 inci dengan resolusi Full HD+ dan refresh rate 144Hz, kamera utama 50MP, dan desain yang premium.

3. Oppo Find X4 Pro

Oppo Find X4 Pro

Oppo turut mengumumkan kehadiran HP Android dengan prosesor Snapdragon 8 Gen1. Tak diketahui nama resmi dari smartphone terbaru Oppo ini. Dari beberapa bocoran yang ada, smartphone flagship yang dimaksud kemungkinan besar adalah Find X4 Pro. Ini akan menjadi iterasi terbaru dari Oppo Find X series.

Bocoran mengenai spesifikasi Oppo Find X4 Pro memang sudah beredar. Salah satunya adalah kehadiran teknologi fast charging berkecepatan 80W.

Sementara layarnya menggunakan panel OLED berukuran 6,7 inci dan memiliki resolusi 1440p. Tidak ketinggalan juga hadirnya fitur adaptive high refresh rate.

Baca juga: Oppo Find X4 Pro Pasti Masuk Indonesia

Urusan mengabadikan gambar akan mengandalkan tiga kamera di bagian belakang. Konfigurasinya terdiri dari kamera 50MP, serta sepasang kamera sekunder dengan sensor 50MP dan 13MP untuk lensa telephoto.

Kabar yang menggembirakan, Oppo menjanjikan bahwa Find X4 Pro bertenaga Snapdragon 8 Gen 1 juga akan langsung mendukung jaringan 5G di Indonesia. Secara tidak langsung, tentu Oppo mengkonfirmasi bahwa smartphone ini juga akan turut diboyong ke Tanah Air.

4. Realme GT 2 Pro

Desain Spesifikasi Realme GT 2 Pro

Realme mengumumkan bahwa GT 2 Pro akan menjadi salah satu HP pertama dengan prosesor Snapdragon 8 Gen 1. Beda dengan lainnya, nyaris seluruh spesifikasi Realme GT 2 Pro justru sudah diketahui oleh publik.

Misalnya, GT 2 Pro akan mengusung layar AMOLED berukuran 6,51 inci dengan resolusi tinggi. Layar tersebut sudah pasti akan disematkan ragam fitur kelas flagship, seperti refresh rate 120Hz, HDR, dan sebagainya.

Selain menjadi HP Android pertama dengan prosesor bertenaga tersebut, GT 2 Pro pun ditenagai RAM LPDDR5 dan memori penyimpanan berjenis UFS 3.1.

Baca jgua: Bocoran Spesifikasi Realme GT 2 Pro

HP 5G terbaru ini akan menjadi ponsel pertama dengan teknologi fast charging 125W UltraDart dan sudah berjalan di Realme UI 3.0 berbasis Android 12.

Soal kamera, tersemat kamera selfie 32MP, lalu ada kamera utama dengan sensor 50MP di bagian belakang. Menariknya, kamera ini sudah dilengkapi dengan OIS atau optical image stabilization. Kamera utama 50MP itu dipadukan dengan kamera ultrawide dan telephoto.

5. Vivo X80 Series

Vivo X80 Pro

Mengutip dari Gizmochina, Senin (6/12/2021), Vivo membagikan informasi tentang rencananya untuk menghadirkan smartphone baru yang ditenagai Snapdragon 8 Series.

Sayang, belum diketahui pasti seri Vivo mana yang benar-benar pertama kali ditenagai chipset Qualcomm tersebut. Ada beberapa nama yang muncul, seperti Vivo Nex 4, X80 Series, sampai iQOO 9. Well, kita tunggu saja update-nya.

6. OnePlus 10

OnePlus 10

OnePlus turut mengumumkan hal yang sama. Memang, perusahaan asal China ini belum memberikan nama seri HP Android besutannya yang dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 8 Gen1 itu.

Nama terkuat yang muncul adalah OnePlus 10. Smartphone ini dirumorkan akan mengusung layar AMOLED berukuran besar dengan resolusi QHD+ dan refresh rate 120Hz.

Selain ditenagai chipset kelas atas, RAM OnePlus 10 pun sudah berjenis LPDDR5, memori penyimpanan UFS 3.1, dan baterai dengan fast charging super ngebut.

7. Brand Lainnya

Spesifikasi HP Android dengan Prosesor Snapdragon 8 Gen 1

Selain nama seri di atas, merek lainnya juga akan meluncurkan smartphone kelas premium dengan prosesor Snapdragon 8 Gen1. Misalnya saja, Honor Magic 4, Samsung Galaxy S22 Series, Redmi K50 Series, Nubia Z40, Black Shark 5, ZTE Axon 40, Red Magic 7, sampai Sharp dan Sony.

Perlu diingat, bahwa beberapa model yang disebutkan diatas belum bisa dikonfirmasi peluncurannya. Kita tunggu saja kabar selanjutnya ya, sob! (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0