Spesifikasi Lengkap dan Harga dari iPhone 13 & iPhone 13 Mini

Telset.id, Jakarta – iPhone 13 dan iPhone 13 mini baru diresmikan dengan perubahan yang tidak signifikan pada desain, namun mempunyai spesifikasi yang jauh lebih gahar. Berikut rincian spesifikasi serta harga resmi dari iPhone 13 dan 13 mini.

Apple masih mengusung desain layar datar dengan sudut membulat, meski kini kedua ponsel dibuat lebih baik dengan bahan dasar metal tangguh dan mendapatkan seritifikasi rating IP68 tahan air dan debu.

iPhone 13 mini menjadi seri terkecil yang diperkenalkan dengan ukuran layar 5,4 inci. Sementara model standar, dilengkapi dengan panel layar seluas 6,1 inci. Keduanya masih mempunyai notch atau poni dengan ukuran lebih kecil dari iPhone 12 Series.

Jenis layar dari keduanya sama, yakni Super Retina XDR dengan kualitas yang ditingkatkan. Apple mengklaim, layar tersebut 28% lebih terang dengan intensitas cahaya di luar ruangan mencapai 800 nits dan maksimal 1.200 nits jika mengaktifkan pengaturan HDR.

{Baca juga: Deretan Produk Terbaru yang Debut di Apple Event 2021}

Spesifikasi iPhone 13 Mini

Sudah pasti, layar keduanya disematkan beberapa dukungan canggih untuk memuaskan pengalaman visual pengguna, seperti HDR10 dan HLG, serta fitur Dolby Vision. Kekurangannya, Apple tidak memberikan fitur refresh rate 120Hz untuk kedua iPhone terbarunya.

Ditenagai Apple A15 Bionic

Apple memberikan chipset terbaru nan powerful A15 Bionic pada seluruh seri iPhone yang diperkenalkan. Raksasa asal Cupertino ini mengklaim, Apple A15 Bionic memiliki performa CPU dan GPU yang lebih cepat daripada chipset kompetitor saat ini.

Apple A15 Bionic memiliki konfigurasi CPU 2-core high performance dan 4-core dengan efisiensi tinggi. Prosesor ini dibangun berdasarkan arsitektur 5nm yang memiliki efisiensi daya yang bagus.

Prosesor ini sudah didukung oleh 16-core Neural Engine yang mampu menangani sampai 15,8 TOPS (trillion operation per second). Chip Neural Engine tersebut dikhususkan untuk mendukung fitur-fitur seperti pengenalan suara dan gambar, Siri, dan tugas-tugas lainnya yang berkaitan dengan machine learning.

{Baca juga: Qualcomm Siapkan Prosesor untuk Laptop, Lebih Baik dari Apple M1}

Spesifikasi iPhone 13 Mini

Apple akhirnya membekali iPhone 13 dan 13 mini dengan kapasitas baterai yang lebih besar dibandingkan pendahulunya. Apple memang belum memberikan detail resmi terkait kapasitas baterai, tapi perusahaan menjamin daya tahan lebih lama untuk kedua smartphone ini.

Kedua iPhone terbaru itu menjanjikan tambahan waktu masing-masing 2,5 jam dan 1,5 jam jika dibandingkan dengan iPhone 12 dan 12 mini.

Berbicara soal jaringan 5G, kedua ponsel tersebut mendukung lebih banyak band dan operator daripada seri terdahulu. Hanya saja, kedua iPhone terbaru ini akan beralih jaringan dari 5G ke 4G LTE ketika kecepatan internet yang lebih tinggi tidak diperlukan. Tujuannya, untuk menjaga daya tahan baterai lebih lama lagi.

Spesifikasi Kamera iPhone 13 dan 13 mini

Spesifikasi Kamera iPhone 13 Mini

iPhone 13 dan 13 mini mengusung dua kamera di belakang dengan sensor utama 12MP yang memiliki area piksel 1.7µm dan didukung dengan lensa 26mm f/1.6. Kamera utama ini terlihat sama dengan iPhone 12 Pro Max, apalagi dengan adanya dukungan stabilisasi gambar berbasis sensor-shift.

Kamera lainnya, berjenis ultrawide 12MP dengan bukaan lensa f/2.4. Sayang, kamera ini tidak mendukung autofokus untuk pengambilan gambar lebih cepat. Di bagian depan, tersemat kamera 12MP TrueDepth yang ditempatkan pada poni berukuran lebih mini.

Untuk fitur-fitur kamera, Apple melengkapinya dengan pengambilan gambar Cinematic Mode, Portrait Mode, Night Mode di seluruh modul kamera, Night Mode Time-lapse, Portrait Lighting, Slo-mo Selfie, sampai perekaman beresolusi 4K @60 FPS berkualitas HDR.

Harga iPhone 13 dan 13 mini

Harga iPhone 13 Mini

iPhone 13 dan 13 mini akan tersedia secara pre order pada 17 September di lebih dari 30 negara, termasuk Australia, Kanada, China, Jerman, India, Jepang, Inggris, dan Amerika Serikat. Penjualan perdana diharapkan dimulai pada 24 September mendatang.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap dan Harga iPhone 13 Pro & iPhone 13 Pro Max}

Total ada lima pilihan warna yang bisa dipilih, mulai dari Starlight, Midnight, Blue, Pink, dan (PRODUCT) RED Edition. Berikut rincian harga resmi dari iPhone 13 dan 13 mini:

Harga iPhone 13

  • Model 128 GB harga USD 799 atau Rp 11,4 juta
  • Model 256 GB harga USD 899 atau Rp 12,8 juta
  • Model 512 GB harga USD 1.099 atau Rp 15,7 juta

Harga iPhone 13 Mini

  • Model 128 GB harga USD 699 atau Rp 9,9 juta
  • Model 256 GB harga USD 799 atau Rp 11,4 juta
  • Model 512 GB harga USD 999 atau Rp 14,2 juta

(MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0