Gizmo

8 Fitur Canggih di Kamera Huawei P50 Series, Gahar!

Helmi Reinaldi

Telset.id, Jakarta – Huawei P50 dan P50 Pro masih membawa keunggulan yang sama dengan generasi sebelumnya, kamera. Meski demikian, pastinya Huawei memberikan banyak peningkatan fitur pada kamera Huawei P50 dan P50 Pro.

Huawei tidak sekadar membesarkan ukuran megapiksel-nya saja, sejumlah fitur kamera mereka jejalkan untuk membuat hasil jepretan kamera dari ponsel flagship ini benar-benar berkualitas.

Tak butuh waktu lama, kualitas Huawei P50 Pro langsung mendapat pengakuan dengan memuncaki daftar review kamera DxOMark dengan skor sebesar 144. Menyalip Xiaomi Mi 11 Ultra yang harus rela duduk di peringkat kedua.

Baca Juga: Huawei P50 dan P50 Pro Diresmikan, Kameranya Buas!

Dari segi spesifikasi dan fitur kamera yang masih didukung oleh Leica, Huawei P50 Pro jauh lebih lengkap apabila dibandingkan dengan Huawei P50.

Kali ini kami akan membahas beragam fitur kamera yang ada di Huawei P50 Pro. Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. True Form Dual Matrix Camera

Huawei P50 Pro

Desain frame kamera yang diadopsi Huawei P50 Pro pasti langsung menarik perhatian Anda. Pasalnya, beberapa kamera di smartphone ini diletakkan terpisah dalam frame berbentuk lingkaran.

Desain sejenis ini tentu belum pernah kita lihat diterapkan smartphone lainnya. Tapi ternyata, ini bukan persoalan estetika biasa. Huawei menyebutnya sebagai True Form Dual Matrix Camera.

Komposisi frame seperti ini diklaim dapat menghadirkan keseimbangan antara kejernihan gambar dan dynamic range yang tinggi. Desain ini diklaim juga menyeimbangkan kemambuan beberapa lensa, sensor multi spektrum 10 channel dan fitur-fitur lainnya.

2. Huawei XD Optics

Huawei P50

Untuk pertama kalinya, sistem pencitraan optik diberikan kemampuan komputasi. Menurut Huawei, fitur ini jadi yang pertama di industri smartphone.

Baca Juga: 8 Produk Baru Huawei Rilis, MatePad 11 dan Freebuds 4 Masuk Indonesia

Dengan teknologi ini dapat menciptakan sistem pemulihan sinyal gambar inklusif yang menerapkan komputasi untuk memperbaiki kesalahan optik dan mereproduksi detail halus.

Berdasarkan penjelasan dari Huawei, teknologi ini melampaui batas desain optik untuk memulihkan sebanyak 25 persen dari image signal.

3. Huawei XD Fusion Pro

Huawei P50 Pro

Fitur ini memulai debut pada Huawei P40 series dengan nama XD Fusion Image Engine. Kali ini fitur tersebut sudah ditingkatkan dan diterapkan pada Huawei P50 series dengan nama  XD Fusion Pro.

XD Fusion Pro merupakan solusi yang telah disempurnakan dan menggabungkan Super Colour Filter System baru, True Chroma Image Engine dan teknologi Super HDR yang berguna untuk meningkatkan detail, warna dan juga dynamic range.

4. True-Chroma Image Engine

Huawei P50

Fitur True-Chroma Image Engine memberikan akurasi warna setinggi mungkin. Berkat fitur ini, kamera smartphone mampu menciptakan gambar dengan warna yang sesuai dengan apa yang dilihat mata manusia.

Sistem penginderaan cahata ini menggabungkan sensor multi spektrum 10 channel, yang digabungkan dengan kalibrasi warna lebih dari 2.000 warna di seluruh P3 colour space.

Baca Juga: Daftar Smartphone Huawei yang Terima Update HarmonyOS 2.0

True Chroma Image Engine juga meningkatkan kemampuan kamera untuk mendeteksi cahaya sekitar sebesar 50 persen, dan juga akurasi rona warna hingga 20 persen.

Dengan ini warna yang dihasilkan pada foto jadi lebih bervasiasi dari sebelumnya, dan secara akurat mampu mereproduksi warna yang sebenarnya dari dunia nyata.

5. Super Colour Filter System

Huawei P50

Fitur kamera di Huawei P50 Pro juga dilengkapi dengan Super Colour Filter System yang baru dan telah ditingkatkan pastinya.

Dalam fitur ini terdapat True Chroma Camera (colour) dan True Chrome Camera (monochrome) yang mampu meningkatkan asupan cahaya kamera utama sebesar 103 persen untuk menghasilkan kejernihan gambar yang lebih baik.

Dalam skenario cahaya rendah, gambar menjadi lebih cerah dan lebih detail. Sementara dalam foto grup, pengguna dapat memperbesar subjek individu dan tetap melihat detail dan tekstur yang tajam pada setiap orang.

6. Super HDR

Huawei P50

Fitur Kamera berikutnya yang ada di Huawei P50 adalah teknologi Super HDR. Teknologi ini diklaim dapat menangkap 28 persen lebih banyak rentang dinamis untuk kinerja cahaya latar yang lebih baik.

Baca Juga: 10 HP Huawei Terbaru, Flagship Murah Mulai Rp 5 Jutaan

Sementara itu, cahaya dan bayangan dioptimalkan, menciptakan tekstur yang lebih kaya dan lapisan gambar yang lebih jelas.

7. 200x Zoom

Contoh Hasil Foto Zoom dengan Kamera Huawei P50 Pro

Pada seri Huawei P50 Pro mendukung kemampuan zoom hingga 200 kali dan belum pernah ada sebelumnya. Fitur ini akan membantu pengguna menangkap objek dari jarak yang cukup jauh.

Berdasarkan klaim dari Huawei, bidikan close up menghasilkan detail yang cukup baik. Sementara bidikan yang diperbesar hingga 100 kali tetap memperlihatkan gambar yang sangat jelas.

Sedangkan lensa ultra wide memiliki focus length setara 13 mm untuk bidikan lebar, dan mendukung fotografi makro dengan jarak sedekat 2,5 cm dari lensa ke objek.

8. Perekaman Video 4K

Huawei P50

Huawei P50 series mendukung perekaman video 4K. Tapi tidak hanya itu saja, perekaman 4K ini bisa dilakukan di seluruh rentang fokus.

Berkat solusi stabilisasi gambar AIS Pro yang serba baru membantu pengguna dengan mudah menangkap video dari smartphone dengan lebih stabil.

Well, itu dia tadi sejumlah fitur kamera yang dimiliki Huawei P50 series. Sayangnya Huawei P50 series baru tersedia di China. Belum diketahui apakah smartphone flagship ini bakal mendarat di Indonesia. (HR/HBS)

Leave a Comment