Mayoritas Konsumen Ingin Ganti ke HP 5G, China dan AS Tertinggi

Telset.id, Jakarta – Ternyata HP 5G banyak diminati oleh konsumen dunia. Menurut laporan Kantar lebih dari 2 per 3 pelanggan di pasar utama berencana ingin membeli smartphone baru 5G selama 6 bulan kedepan.

Dilansir Telset dari Gadgets NDTV pada Jumat (30/7/2021), Kantar melaporkan bahwa konsumen dunia berencana ingin membeli ponsel 5G. Berdasarkan kategori negara, China berada di posisi pertama karena 91% pelanggan menunjukkan minat untuk beli ponsel 5G.

Baca juga: Nokia XR20 Dirilis, HP 5G Tangguh dengan Sertifikasi Militer

Alasan banyak masyarakat China ingin smartphone 5G, karena banyak HP yang dijual di China sudah mendukung jaringan 5G.

“Dari 10 model teratas yang terjual di China, 70% mendukung 5G,” kata Direktur Wawasan Konsumen Kantar Jennifer Chan.

Angka ini jauh lebih tinggi ketimbang negara-negara lain seperti Jepang, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Perancis, Italia dan Spanyol. Tidak mengherankan jika banyak orang China yang ingin mempunyai HP 5G.

“Di Jepang, ini 60%, itu 50% di Amerika Serikat dan Australia, dan 40% di seluruh EU5 seperti Inggris Raya, Jerman, Prancis, Italia, dan Spanyol,” jelas Jennifer Chan.

Baca juga: 3 Alasan Kenapa Sebaiknya Tunda Beli HP 5G di Tahun Ini

Tidak hanya China, masyarakat Amerika Serikat juga ingin ganti HP 5G. Menurut survei dari Kantar sekitar 74% pelanggan di Amerika SErikat menunjukan minat untuk membeli ponsel 5G dalam 6 bulan kedepan.

Penjualan HP Samsung Melejit di AS

Konsumen HP 5G 

Kantar juga mencatat mengenai pangsa pasar HP di berbagai negara. Hasilnya pangsa pasar Samsung tumbuh 4 poin persentase di Australia dan Amerika Serikat atau mengambil alih 30% dari total penjualan di Q2 tahun 2021.

Kemudian di Amerika Serikat dan China pangsa pasar iPhone tumbuh 2 poin persentase dibandingkan @ tahun 2020 lalu. Sedangkan di Jepang, penjualan Android tumbuh 5 poin persentase berkat berkat kinerja yang kuat dari Sharp dan Oppo.

Kantar juga menemukan bahwa di AS serta di Inggris, Prancis, Italia, dan Spanyol, pangsa saluran penjualan di dalam toko meningkat setidaknya 10 poin persentase dibanding Q1 tahun 2020 lalu.

Baca juga: Pertumbuhan HP 5G Samsung dan Vivo Tertinggi di Q1-2021

Hal ini menunjukkan bahwa lebih lebih banyak orang yang menyukai membeli ponsel melalui toko fisik daripada online. Salah satu penyebabnya adalah peluncuran vaksinasi Covid-19 yang bersamaan dengan dibukanya kembali bisnis-bisnis offline.

“Pangsa penjualan di dalam toko juga naik kuartal ini dibandingkan dengan Q1 2021 di Inggris Raya sebesar 13 poin persentase, AS 7 poin persentase, Jerman 4 poin persentase, dan Spanyol yang tumbuh 3 poin persentase,” tutup Chan.

Laporan dari Kantar ini membuktikan bahwa masyarakat dunia semakin penasaran dengan HP 5G. Pasalnya ponsel 5G menawarkan kecepatan internet yang tinggi dan juga fitur-fitur terbaru lainnya. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0