Face Unlock Mate 20 Pro Gampang Dibodohi?

face unlock Mate 20 Pro

Telset.id, Jakarta – Teknologi keamanan berbasis 3D face recognition dari Huawei Mate 20 Pro dilaporkan gampang diakali. Celah keamanan pada face unlock Mate 20 Pro ini pertama kali ditemukan oleh dua pria asal Jerman bernama Steffen dan Chris.

Berdasarkan pengujian keduanya, fitur 3D Face Unlock pada Mate 20 Pro secara konsisten melakukan kesalahan pemindaian, yang membuat orang lain dengan tekstur wajah yang hampir sama mampu membuka smartphone dengan mudah.

Seperti diketahui, teknologi 3D face recognition memiliki tingkat kesalahan mencapai satu banding satu juta, sama seperti teknologi Face ID milik iPhone X, XS, XS Max, hingga XR.

Dengan teknologi ini hanya pengguna saja yang mampu mengakses smartphone, meski dengan “satu pengecualian” untuk pengguna dengan saudara kembar identik dengan tekstur wajah yang sama. Seperti yang terjadi pada iPhone X yang “bingung” saat sepasang kembar identik mengakses iPhone X secara bergantian.

Namun dalam kasus Huawei Mate 20 Pro, dua pria ini bukanlah saudara kembar identik atau saudara kandung. Mereka hanya dua pria dengan model rambut dan janggut yang sama.

Satu dari mereka, memakai kacamata, dan yang lain tidak. Tapi tetap saja, sistem keamanan Huawei Mate 20 Pro tetap meloloskan mereka berdua untuk mengakses smartphone yang sama.

Bahkan, mereka menguji dua unit Mate 20 Pro dengan hasil kesalahan 3D Face Unlock yang sama. Dikutip Telset.id dari Android Pit, Sabtu (20/10/2018), pihak Huawei telah mengetahui celah keamanan ini, dan sudah melakukan penyelidikan secara mendalam pada sistem Mate 20 Pro.

Huawei Mate 20 Pro sendiri merupakan smartphone pertama Huawei yang menggunakan prosesor Kirin 980. Smartphone ini merupakan pengguna chip 7nm pertama untuk kategori Android, dan yang pertama juga menggunakan inti COrtex A76 ARM yang baru.

Smartphone tersebut mengusung layar berukuran 6,39 inci berjenis curved OLED beresolusi 1.440p. Mate 20 Pro juga menjadi smartphone Huawei pertama yang dibekali teknologi SuperCharge baru, yang membuat baterai 4,200 mAh terisi penuh dalam waktu setengah jam.

Huawei Mate 20 Pro telah tersedia dengan varian RAM 6GB dan memori penyimpanan 128GB. Smartphone ini dibanderol dengan harga €1,050 atau sekitar Rp 20 jutaan. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here