Pakai Apple M1, Baterai MacBook Pro Bisa Tahan Seharian

Telset.id, Jakarta – Apple baru saja menghadirkan laptop MacBook Pro 13 inci bertenaga M1 buatan sendiri. Laptop tersebut merupakan seri “Pro” pertama dari Apple yang menggunakan komponen berbasis Apple Silicon.

Apple M1 yang digunakan pada MacBook Pro 13 inci sama dengan MacBook Air terbaru. Prosesor ini memiliki kemampuan serupa CPU 8-inti dan GPU 8-inti. Apple menggembar-gemborkan kinerjanya 2,8x lebih cepat.

Daya tahan baterai MacBook Pro 13 inci bertenaga Apple M1 juga dinilai luar biasa. Menurut laporan Ubergizmo, Apple mengklaim bahwa baterai itu dapat bertahan selama 17 jam untuk mengakses situs secara nirkabel.

Dikutip Telset, Kamis (12/11/2020), kapasitas baterai MacBook Pro 13 inci bertenaga M1 sanggup tahan hingga 20 jam untuk pemutaran video. Selain itu, ada kelebihan lain juga yang disematkan Apple pada laptop terbaru MacBook Pro.

{Baca juga: Laptop MacBook Pro Meluncur dengan Prosesor Apple M1}

Apple mengklaim bahwa dengan chipset M1, pengguna inci yang memakai program seperti Final Cut Pro dapat mengharapkan kecepatan rendering jauh lebih cepat. Apple bahkan berani menjaminnya.

MacBook Pro 13 inci dapat membuat render 3D hingga 5,9x lebih cepat dari sebelumnya. Laptop ini bisa pula mengompilasi kode empat kali lebih banyak, berpotensi menjadikannya laptop sempurna.

Apple telah meningkatkan kemampuan webcam komputer jinjing terbarunya ini dengan teknologi pemrosesan sinyal gambar. Apple juga mempertahankan Touch Bar. Namun, desainnya tetap sama dengan pendahulunya.

Apple MacBook Pro 13 inci dengan chipset M1 dijual dengan harga mulai dari USD 1.299 atau Rp 18 jutaan. Anda sudah bisa melakukan pre-order. MacBook Pro 13 inci pesanan Anda akan mulai dikirimkan pada 17 November 2020.

Spesifikasi Apple MacBook Pro

Apple M1 MacBook Pro
Foto: Techcrunch

Apple MacBook Pro terbaru ditopang oleh prosesor Apple M1. Raksasa teknologi asal Cupertino ini menilai, prosesor tersebut menawarkan performa tingkat tinggi yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya.

Punya konfigurasi CPU octa-core, GPU octa-core, serta 16-core Neural Engine, Apple M1 memiliki kinerja 2,8 kali lebih bertenaga di bagian CPU dan 5 kali di bagian GPU.

{Baca Juga: Apple iMac Terbaru Desainnya Bikin Kagum, Ah Masa?!}

Kinerja dari chipset ini juga ditopang dengan adanya opsi RAM 8 GB atau 16 GB. Ada dua pilihan memori internal pada Apple MacBook Pro terbaru, yakni 256GB dan 512GB. Kalau dirasa kurang, pengguna bebas menambahkannya hingga kapasitas 2 TB.

Pada bagian layar, laptop Apple ini menggunakan layar Retina Display berukuran 13,3 inci. Resolusinya 2560 x 1600 pixel dan memiliki fitur wide color P3 dan True Tone Technology.

Satu hal yang disayangkan, laptop Apple terbaru ini memiliki ketersediaan portnya terbilang cukup minim. Tidak sebanyak notebook premium di luar sana, Apple menyediakan dua port Thunderbolt 4 dan jack audio 3,5 mm saja.

{Baca Juga: Dihantam Covid 19, Penjualan Produk Apple Justru Melejit}

Untuk sisi konektivitasnya, Apple MacBook Pro telah menggunakan teknologi WiFi 6 terbaru dan juga fitur Bluetooth 5.0.

Pada bagian sumber daya, MacBook Pro sudah ditenagai baterai lithium polymer 58,2 watt. Dengan modal baterai tersebut, Apple mengklaim pengguna bisa memakainya untuk browsing dengan WiFi selama 17 jam dan menonton video selama 20 jam.

Sebagai perangkat pengisian dayanya, Apple menyertakan sebuuah adapter berjenis USB Type C yang memiliki fast charging dengan output sebesar 61 W. Teknologi fast charging ini tergolong cepat untuk sebuah notebook di kelasnya. (SN/MF)

SourceUbergizmo

Related Articles

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -