Compare Realme 7 vs Vivo V20 SE: Harga Sama, Bagus Mana?

Telset.id, Jakarta – Publik Indonesia baru saja kedatangan dua ponsel terbaru kelas menengah dari realme dan Vivo, yakni realme 7 dan Vivo V20 SE. Menarik rasanya, untuk melakukan komparasi atau compare antara realme 7 dan Vivo V20 SE.

Pasalnya, kedua smartphone sama-sama dijual dengan harga sekitar Rp 3,9 jutaan di Tanah Air.

Bukan cuma itu, realme 7 maupun Vivo V20 SE sama-sama mengandalkan sektor kamera, kapasitas baterai dan teknologi fast charging, serta kemampuan prosesor, sebagai salah satu daya tarik utama.

Oleh sebab itu, tim Telset.id akan mencoba melakukan komparasi atau compare antara kedua ponsel kelas menengah ini untuk Anda para pembaca setia. Check this out!!

Desain

Compare realme 7 Vivo V20 SE
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Vivo V20 SE dan realme 7 punya konsep desain yang cukup berbeda satu sama lain, terutama bagian depannya. Ponsel terbaru dari Vivo cenderung mengusung desain mainstream dengan layar fullscreen yang punya notch atau poni di atasnya.

Sedangkan realme 7, memiliki layar fullscreen dengan adanya punch hole atau lubang kamera di sudut kiri atas layarnya.

Perbedaan desain tersebut alhasil membut screen-to-body ratio dari realme 7 lebih besar dibandingkan V20 SE. Ponsel terbaru realme ini punya layar dengan rasio mencapai 90,5%, berbanding 83,9% milik Vivo V20 SE.

Dari segi layar, kedua ponsel sebenarnya punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Realme 7 mengusung layar yang lebih besar dibandingkan Vivo V20 SE. Smartphone tersebut punya layar berukuran 6,5 inci berbanding 6,44 inci, dengan resolusi sama-sama Full HD+.

Layar dari smartphone terbaru realme ini pun mendukung refresh rate 90Hz yang dijuluki “Ultra Smooth Display” oleh realme. Sementara Vivo V20 SE, masih mengandalkan layar dengan refresh rate standar.

{Baca juga: Samsung Galaxy S20 FE vs Galaxy S20: Pilih yang Mana?}

Meski demikian, varian SE dari Vivo V20 ini unggul dalam hal jenis panel layar. Smartphone terbaru Vivo ini dilengkapi layar berjenis AMOLED, sementara realme 7 hanya IPS LCD.

Compare realme 7 Vivo V20 SE
Foto: Helmi Reinaldi/Telset.id

Seperti yang sudah kita ketahui, panel AMOLED menyuguhkan warna yang lebih kaya dibandingkan dengan IPS LCD.

Membahas body belakangnya, realme 7 tampil dengan body berwarna terang dengan efek dual-tone yang cukup menawan. Bentuk frame yang menjadi tempat bagi empat kamera belakang pun kini berbeda, sedikit lebih besar dibandingkan seri sebelumnya.

Sementara Vivo V20 SE, hadir dengan hadir dengan opsi warna beragam. Warnanya yang melapisi body berbahan dasar 2.5D Glass diberikan efek matte agar enak digenggam.

Sama seperti realme 7, frame kameranya pun berbentuk persegi panjang yang diposisikan vertikal di sudut kiri atas body-nya.

Spesifikasi Realme 7 dan Vivo V20 SE

Compare realme 7 Vivo V20 SE
Foto: Helmi Reinaldi/Telset.id

Ke bagian spesifikasi utama, realme 7 telah ditenagai chipset MediaTek Helio G95. Dipadukan juga dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB.

Sebagai sumber daya, realme 7 dibekali dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Proses pengisian daya dilakukan melalui port USB Type C dan mendukung pengisian daya cepat 30W Dart Charge.

Sedangkan Vivo V20 SE, ditenagai oleh prosesor Snapdragon 665, RAM 8GB, storage 128GB, dan baterai berkapasitas 4.100 mAh dengan dukungan fast charging 33W.

Di sini, realme 7 bisa dibilang unggul daripada Vivo V20 SE. Bagian chipset misalnya, prosesor MediaTek Helio G95 notabene punya performa lebih unggul dibandingkan prosesor Snapdragon 665 dari Qualcomm.

Melansir dari Nanoreview, Rabu (30/9/2020), MediaTek Helio G95 merupakan prosesor yang tergolong lebih baru dibandingkan Snapdragon 665. Oleh karenanya, chipset ini punya performa lebih unggul dibandingkan Snapdragon 665.

MediaTek Helio G85 memiliki kecepatan dua kali lebih kencang daripada Snapdragon 665, berdasarkan skor AnTuTu Benchmark versi 8.

{Baca juga: Poco X3 vs Realme 7: Pertarungan Sengit di Harga Rp 3 Jutaan}

Compare realme 7 Vivo V20 SE
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

MediaTek Helio G95 juga memiliki frekuensi GPU lebih tinggi hingga 38%. Meski demikian, Snapdragon 665 dirancang dengan fabrikasi proses 11nm, lebih kecil 1nm dari Helio G95.

Itu artinya, prosesor Qualcomm ini punya efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan dengan MediaTek Helio G95.

Berbicara soal efisiensi daya, realme 7 diperbantukan dengan adanya baterai 5.000 mAh yang jauh lebih besar kapasitasnya daripada V20 SE dengan 4.100 mAh. Tapi, kedua ponsel tetap saja menawarkan kecepatan charging yang sama-sama kencang.

Nah, berikut ini tabel komparasi antara keduanya:

Kamera Realme 7 dan Vivo V20 SE

Compare realme 7 Vivo V20 SE
Foto: Muhammad Faisal/Telset.id

Bagian kamera bisa dibilang adalah bagian yang cukup krusial. Pasalnya, kedua ponsel memang mengandalkan sektor kamera sebagai salah satu daya tarik utama.

Vivo V20 SE dibekali dengan kamera depan 32 MP Super Night Selfie. Sesuai namanya, kamera ini bakal memberikan hasil maksimal saat digunakan memotret di malam hari.

Kamera belakangnya terdiri dari tiga kamera, kamera utama 48 MP, kamera ultrawide 8 MP dan kamera mono 2 MP.

Sementara realme 7, terdapat satu kamera 16MP di bagian depan dengan aperture f/2.0 yang didukung oleh teknologi berbasis artificial intelligence (AI).

Untuk kamera belakangnya, ada lensa utama 64MP dengan sensor Sony IMX682, kamera ultrawide 8MP dengan jangkauan 119°, kamera makro 2MP, dan kamera B&W Portrait 2MP.

{Baca juga: Apple Watch Series 5 vs Apple Watch Series 6, Harus Upgrade?}

Compare realme 7 Vivo V20 SE
Foto: Helmi Reinaldi/Telset.id

Vivo V20 SE memang unggul untuk sektor kamera depan, karena menyuguhkan kamera dengan resolusi jauh lebih besar.

Namun untuk kamera belakang, realme 7 lebih mumpuni. Smartphone ini menawarkan kamera utama 64MP dengan sensor Sony IMX682 yang memberikan foto dengan kualitas warna dan detail yang bagus.

Belum lagi tiga lensa lainnya yang memberikan berbagai opsi pengambilan gambar kepada para penggunanya.

Kesimpulan

Compare realme 7 dan Vivo V20 SE kami tutup dengan kesimpulan. Dibanderol dengan harga yang sama sekitar Rp 3,9 jutaan, ponsel terbaru realme bisa dibilang unggul cukup jauh dibandingkan Vivo V20 SE. Mengapa demikian?

Meski realme 7 hanya mengusung layar IPS LCD bukan AMOLED seperti Vivo V20 SE, namun layar ini telah menawarkan teknologi terkini yang biasanya terdapat pada ponsel kelas menengah ke atas, seperti 90Hz Ultra Smooth Display.

Lalu, spesifikasi. Berkat MediaTek Helio G95, realme 7 mempunyai kinerja jauh lebih tinggi dibandingkan Vivo V20 SE yang ditopang oleh Qualcomm Snapdragon 665. Apalagi, realme 7 memang menjadi ponsel pertama di dunia yang memakai prosesor gaming dari MediaTek tersebut.

{Baca juga: Review Realme 7: Spek Meningkat, Desain Bebas dari “Zona Nyaman”}

Di sisi baterai, realme 7 ditenagai oleh baterai berkapasitas jauh lebih besar daripada Vivo V20 SE. Pun demikian, keduanya tetap dilengkapi dengan teknologi fast charging yang sama-sama cepat.

Sedangkan untuk kamera, Vivo V20 SE lebih baik dalam urusan kamera depan atau selfie. Smartphone ini punya kamera dengan resolusi lebih besar dua kali lipat dari realme 7.

Tapi kalau kamera belakang, realme 7 boleh berbangga. Smartphone ini menawarkan kamera utama yang jernih, resolusi lebih tinggi, serta pilihan lensa lain yang beragam daripada Vivo V20 SE. (MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0