Bukan Indonesia, Apple Pilih Vietnam untuk Rakit MacBook Pro

Telset.id, Jakarta – Apple memilih Vietnam sebagai lokasi beberapa manufaktur MacBook Pro. Perusahaan asal Cupertino itu telah melakukan tes produksi di fasilitas Foxconn di negara tersebut.

Apple akan menggarap perangkat untuk kali pertama di Vietnam pada medio 2023. Pemindahan lokasi pabrik sendiri dilakukan guna mengurangi ketergantungan atas China.

Perusahaan sebelumnya menjajaki pembuatan MacBook Pro di Vietnam. Selanjutnya, Apple akan merakit MacBook Pro di negara tersebut sekitar Mei 2023.

Menurut Nikkei Asia, dilansir Apple Insider, kerumitan produksi MacBook Pro membuat perusahaan membutuhkan waktu lebih lama daripada iPad dan AirPods.

BACA JUGA:

“Setelah MacBook Pro, Apple akan memindahkan produksi iPhone, Apple Watch, dan iPad di negara yang sama,” ujar sebuah sumber, sebagaimana dikutip Telset pada Rabu (21/12/2022).

Semua produk unggulan Apple pada dasarnya akan memiliki satu lagi lokasi produksi di luar China. Apple telah memindahkan sebagian produksi iPhone di India.

“Apa yang diinginkan Apple sekarang adalah opsi ‘out of China’ untuk setidaknya sebagian produksi seluruh produk, khususnya unggulan,” lanjut sumber itu.

Secara terpisah, Foxconn mengumumkan pada Agustus 2022 mengenai rencananya menginvestasikan dana USD300 juta untuk memperluas fasilitas di Vietnam wilayah utara.

Pada 2021, otoritas lokal menyetujui pabrik Foxconn senilai USD270 juta. Desember 2022, Apple mempercepat rencana memindahkan sebagian rantai pasokan.

Apple ingin secara bertahap pergi dari China. Langkah tersebut mengikuti perselisihan perdagangan antara Amerika Serikat dan China yang sebelumnya meningkat.

Belum lagi, di fasilitas Foxconn di China baru-baru ini terjadi pemadaman listrik parah dan kebijakan penguncian secara ketat lantaran kenaikan kasus virus corona.

Perakitan iPhone di pabrik Foxconn di China juga sempat kacau karena para pekerja memilih melarikan diri. Foxconn sampai-sampai mempekerjakan para veteran militer.

BACA JUGA:

Guna mengantisipasi hal serupa tidak terulang serta mengurangi ketergantungan dari China, Apple pun memilih untuk melakukan perakitan MacBook Pro di Vietnam.

Manufaktur sejumlah model MacBook Pro di Vietnam akan berlangsung pada Mei 2023 nanti. Apakah mungkin Indonesia menjadi alternatif perakitan produk Apple?

Tim Cook dkk sejauh ini belum memberi konfirmasi apapun mengenai rencana kepindahan perakitan MacBook Pro ke Vietnam pada pertengahan 2023 mendatang. [SN/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0