Apple Watch Series 4, Smartwatch Terpintar Saat Ini

Apple Watch Series 4

Telset.id, Jakarta – Acara Apple Special Event dibuka oleh sajian perkenalan khas untuk seri smartwatch terbaru, Apple Watch Series 4. Menurut CEO Apple, Tim Cook, Apple Watch Series 4 merupakan smartwatch dengan teknologi dan software terbaik di dalamnya.

“Apple Watch terbaru memiliki teknologi dan dukungan software terbaik di dalamnya dan menjadikannya sebagai perangkat yang dapat membantu pengguna dalam beraktivitas,” kata CEO Apple, Tim Cook.

Sesuai bocoran sebelumnya, Apple Watch Series 4 sudah mengusung layar edge di tiap sisinya. Menurut Chief Operating Officer Apple, Jeff Williams, layar smartwatch ini memiliki ukuran 32% lebih besar dibandingkan seri sebelumnya.

Baca Juga: Smartphone Murah Apple Diluncurkan, iPhone Xr

Selain itu, Digital Crown pada smartwatch andalan Apple tersebut juga sudah disematkan teknologi haptic yang memberikan kenyamanan bagi pengguna saat mengontrol Apple Watch Series 4 mereka. Speaker dan mikrofon juga di-upgrade oleh Apple, sehingga memberikan suara 50% lebih kencang dan lebih jernih saat melakukan panggilan telepon.

Body-nya lebih tipis dibandingkan seri sebelumnya, Apple Watch Series 4 merupakan smartwatch yang canggih dan cantik,” jelasnya.

Apple Watch Series 4 sendiri sudah ditenagai oleh prosesor 64-bit Apple S4 yang diklaim memberikan performa 2 kali lebih baik dibandingkan seri sebelumnya. Smartwatch ini juga sudah dibekali dengan sensor gyroscope dan accelerometer dengan 2x dynamic range.

“Sensor gyroscope dibutuhkan untuk mendeteksi ketika pengguna terjatuh, dan otomatis akan mengirimkan peringatan kepada pengguna untuk menghubungi layanan darurat,” ungkap Williams.

Baca Juga: iPhone Xs, Suksesor Sempurna iPhone X

“Jika tidak merespon, fitur ‘Fall Detection’ akan langsung menghubungi layanan darurat secara otomatis. Ini adalah sebuah intelligent guardian bagi kesehatan Anda,” lanjutnya.

Yang membuatnya menjadi smartwatch terpintar saat ini adalah sudah mendukung teknologi electrocardiogram atau disebut dengan ECG yang memungkinkannya untuk memantau dan mengukur aktivitas jantung pengguna.

Caranya, pengguna hanya perlu menempelkan jari ke Digital Crown selama 30 detik, dan deteksi masalah pada jantung akan terlihat secara otomatis. Hasil pemeriksaan ECG akan masuk ke dalam aplikasi dan dibuatkan laporan PDF-nya, untuk nantinya dapat diberikan kepada dokter saat melakukan check-up.

Baca Juga: iPhone Xs Diperkenalkan, Pintar Berkat Apple A12 Bionic

“Apple Watch Series 4 jadi produk komersil ECG pertama yang langsung dijual ke konsumen. Fitur ini dapat digunakan oleh pengguna Amerika di akhir tahun, kami berjanji akan membawanya ke pengguna seluruh dunia,” ujarnya.

Apple akan memulai masa pre-order untuk smartwatch-nya pada 14 Seotember, dan menjualnya secara resmi pada 21 September mendatang. Untuk harganya, Apple Watch Series 4 dengan model GPS dilepas dengna harga USD 399 atau Rp 5,9 jutaan dan untuk model selular, dibanderol USD 499 atau Rp 7,3 jutaan. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here