Apple Watch dan MacBook akan Diproduksi di Vietnam

Telset.id, Jakarta – Nikkei Asia melaporkan bahwa pemasok Apple sedang dalam pembicaraan untuk memproduksi Apple Watch dan MacBook di Vietnam untuk pertama kalinya.

Pemasok Cina Apple Luxshare Precision Industry dan Foxconn yang berbasis di Taiwan telah memulai uji produksi Apple Watch di Vietnam Utara, tambah laporan itu.

Pemasok China untuk perangkat Apple, Luxshare Precision Industry dan Foxconn yang berbasis di Taiwan, telah mulai uji produksi Apple Watch di Vietnam Utara.

Seperti Telset kutip dari New York Post, Jumaat (19/8/2022), Apple telah meminta pemasok untuk menyiapkan jalur produksi uji coba di Vietnam untuk MacBook.

BACA JUGA: 

Progres dalam memindahkan produksi massal ke negara itu terbilang lambat, karena gangguan terkait pandemi Covid-19 serta jumlah besar produksi laptop.

India yang merupakan pasar smartphone terbesar kedua di dunia, bersama dengan negara-negara seperti Meksiko dan Vietnam, menjadi semakin penting, karena Apple mencoba memindahkan sebagian basis produksinya dari China.

Namun, seperti dilaporkan Reuters, pihak Foxconn dan Luxshare Precision tidak segera menanggapi permintaan Apple untuk menggenjot produksi Apple Watch “Made in Vietnam”.

Seperti produsen global lainnya, Foxconn juga dihantam masalah kekurangan pasokan chip yang mengganggu produksi mereka. Seretnya pasokan chip akibat pandemi itu terus berlanjut akibat perang Ukraina, yang semakin membebani saluran logistik.

Seperti telah diberitakan sebelumnya, Apple telah mengalihkan beberapa area produksi iPhone dari China ke pasar lain, termasuk India. Kabarnya, India mulai memproduksi iPhone 13 awal tahun ini.

Analis Ming-Chi Kuo mengklaim, untuk kali pertama sebagian iPhone baru akan diproduksi di India. Kabarnya, iPhone 14 model standar 6,1 inci akan “Made in India”.

Apple diketahui berusaha mengurangi ketergantungan kepada China untuk memproduksi iPhone, dengan mencari alternatif pabrik di negara lain, termasuk India.

Kuo mengatakan bahwa India mulai mendapat “orderan” memproduksi iPhone 14. Ia menyebut, untuk tahap awal, India akan produksi iPhone 14 jumlah terbatas.

Menurut Kuo, kapasitas/pengiriman iPhone India masih memiliki kesenjangan cukup besar dengan China. Namun, ia menyebutnya sebagai tonggak penting bagi Apple.

India bahkan bakal menjadi tempat untuk merakit tablet iPad. India menjadi incaran produsen asal Amerika Serikat bersama Meksiko dan Vietnam untuk diversifikasi.

BACA JUGA: 

Apple, Foxconn, dan Luxshare Precision tidak segera menanggapi permintaan komentar. Namun, informasi tersebut diyakini benar guna alternatif produksi di China.

Apple dikabarkan bakal meluncurkan iPhone 14 dan iPhone 14 Pro pada 7 September 2022 mendatang. Dua hari berselang, Apple akan membuka pra-pemesanan.

Kemudian, pada 16 September 2022, Apple bakal menjual iPhone 14 dan iPhone 14 Pro ke seluruh negara. Namun, Apple belum mengonfirmasi informasi tersebut.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0