Apple Pimpin Pasar Smartwatch Global Pada Q1 2021

Telset.id, Jakarta – Apple memimpin pasar smartwatch global pada kuartal 1 (Q1), tahun 2021. Menurut lembaga riset pasar Counterpoint perusahaan asal Cupertino ini berhasil memimpin pasar jam tangan pintar dengan pangsa pasar mencapai 33,5%.

Dilansir Telset dari iMore pada Sabtu (29/05/2021), pangsa pasar smartwatch Apple mengalami peningkatan dari 30,3% di Q1 2020 menjadi 33,5% di Q1 2021. Faktor keberhasilan Apple memimpin pasar karena Apple Watch SE dan Apple Watch Series 6.

Menurut Counterpoint, permintaan kedua produk smartwatch tersebut mengalami peningkatan. Bahkan untuk Apple Watch Series 6, peningkatan permintaan mencapai 50% dibandingkan Q1 tahun 2020.

{Baca juga: Asyik!! Download Lagu Spotify Bisa Langsung di Apple Watch}

“Apple mempertahankan posisi kepemimpinannya, mengkatalisasi pertumbuhan pasar secara keseluruhan dengan mencatat peningkatan permintaan sebesar 50% YoY untuk Apple Watch Series 6. Hasilnya, pangsa pasar Apple naik 3% poin,” tulis Counterpoint.

Lebih lanjut Analis Senior Counterpoint Sujeong Lim memprediksi bahwa Apple bisa mempertahankan posisinya jika memperluas portofolio dari Apple Watch SE dan Apple Watch Series 6 di waktu yang tepat.

Menurutnya kehadirannya akan mendorong produsen smartwatch lain seperti Samsung untuk meluncurkan model smartwatch kelas menengah.

{Baca juga: Bocoran Apple Watch Series 7, Desain Persegi dengan Warna Baru}

“Apple dapat lebih memperkuat posisi kepemimpinannya di pasar dengan memperluas portofolio dari Watch SE ke Seri 6 pada waktu yang tepat,” ujar Sujeong Lim.

Apple Mengalahkan Huawei dan Samsung 

Apple sendiri berhasil mengalahkan Huawei dan Samsung di Q1 tahun 2021. Berdasarkan hasil riset Counterpoint Huawei meraih pangsa pasar 8,4% atau turun 1,7% jika dibandingkan pada Q1 2020.

“Huawei terus kehilangan pangsa dibandingkan dengan kuartal yang kuat tahun lalu,” kata Counterpoint.

Di bawah Huawei terdapat Samsung. Produsen asal Korea Selatan tersebut meraih pangsa pasar sebesar 8% atau menurun 0,5% jika dibandingkan Q1 tahun 2020. Walaupun begitu pangsa pasar menurun jumlah pengiriman Samsung naik 27% Year-over-Year (YoY).

{Baca juga: Rekomendasi 15 Aplikasi Smartwatch Terbaik, Wajib Download!}

“Pengiriman Samsung juga naik 27% YoY berkat popularitas dari seri Galaxy Watch 3 dan Galaxy Watch Active. Tetapi pertumbuhan vendor Korea Selatan berada di bawah rata-rata pasar dan melihat penurunan kecil dalam pangsa pasarnya,” jelas Counterpoint.

Di posisi keempat dan kelima ditempati oleh Imoo dan Fitbit. Keduanya meraih pangsa pasar sebesar 5,1% dan 4,1%.

Apple Smartwatch Counterpoint
Hasil riset Counterpoint mengenai pasar smartwatch di Q1 tahun 2021

Harus diakui bahwa perusahaan-perusahaan yang menduduki peringkat 5 besar mayoritas mengalami penurunan pangsa pasar. Tetapi, jika dilihat secara umum pengiriman smartwatch pada Q1 2021 justru meningkat sebesar 35%.

“Pengiriman smartwatch global pada Q1 2021 tumbuh 35% YoY, menurut Global Smartwatch Model Tracker yang baru-baru ini diterbitkan Counterpoint Research,” tambah Counterpoint.

Semoga saja Apple benar-benar bisa mempertahankan tren pasar ini. Selain itu semoga produsen-produsen lain juga mengalami peningkatan pangsa pasar di periode berikutnya. [NM/IF]

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -