telset

Apple Ganti Desain Keyboard Butterfly di MacBook Terbaru?

Telset.id, Jakarta  – Apple akan mengubah sistem di papan tombol atau keyboard Butterfly untuk perangkat laptop MacBook terbaru. Kemungkinan, MacBook anyar akan dirilis oleh Apple pada September 2019 mendatang.

Menurut analis Ming-Chi Kuo, Apple bakal mengganti keyboard Butterfly dengan scissor-switch di MacBook Pro 16 inci. Awal Juli 2019 lalu, ia juga mengungkapkan, MacBook Air dan MacBook Pro 16 inci akan punya keyboard baru.

{Baca juga: Pengguna Sebut MacBook Pro Punya Masalah “Flexgate”}

Asal tahu saja, seperti dikutip Telset.id dari The Verge, Minggu (28/7/2019), Apple memperkenalkan keyboard Butterfly di MacBook sejak 2015 silam. Tujuannya simpel, yakni untuk membuat ukuran MacBook menjadi lebih tipis.

Namun, kehadiran keyboard tersebut justru merepotkan para pengguna. Mereka mengeluh dengan kerentanannya. Informasi menyebut, keyboard Butterfly di MacBook seketika menjadi tidak berfungsi kalau debu masuk ke tuts.

Apple sempat mencoba memperbaikinya dengan memasang lapisan karet agar debu tidak bisa masuk. Namun, solusi itu tidak berjalan efektif. Karenanya, Apple bakal menggunakan rancangan baru keyboard scissor-switch.

Apple akan menggunakan material fiber agar setiap tuts di keyboard MacBook tidak mudah rusak. Apalagi, ada kabar bahwa biayaproduksi keyboard scissor-switch diperkirakan lebih murah ketimbang desain keyboard Butterly.

Sayang, bocoran dari Ming-Chi Kuo belum dikonfirmasi oleh Apple. Belum lama ini, Apple dilaporkan memutuskan untuk “mempensiunkan” semua MacBook Pro versi non-Touch Bar. Apple melakukannya dengan cara pembaruan lini. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0