Android 14 Bakal Tambahkan Dukungan Konektivitas Satelit?

Telset.id, Jakarta – Android 14 kabarnya bakal menambahkan dukungan konektivitas satelit. Sistem operasi tersebut kemungkinan rilis pada 2023 mendatang.

Android 14 digadang membawa banyak perubahan dibanding Android 13. Namun demikian, belum ada bocoran tentang detail sistem operasi termutakhir itu.

Seminggu lalu T-Mobile dan SpaceX mengumumkan kemitraan yang memungkinkan smartphone terhubung langsung ke satelit melalui dukungan Starlink V2.

Satelit akan beroperasi di telepon pakai pita dalam spektrum PCS. Pada waktu hampir bersamaan, Google SVP Platform & Ecosystems mencuit di akun Twitter.

Hiroshi Lockheimer mengumumkan bahwa perusahaan sedang bekerja untuk membangun dukungan komunikasi satelit ke versi Android model berikutnya (v14).

Belum jelas pembaruan perangkat lunak apa yang akan diperlukan. T-Mobile dan SpaceX diharapkan untuk memulai pengujian beta satelit baru pada akhir 2023.

Waktunya berbarengan dengan rilis Android 14. Untuk tahap awal, cakupan hanya untuk Amerika Serikat. Selanjutnya, layanan akan diperluas ke semua negara.

Telset kutip dari GSM Arena, Jumat (2/9/2022), konektivitas akan lambat, yakni 2Mbps- 4Mbps per zona seluler, tetapi cukup untuk ratusan ribu pesan teks.

BACA JUGA:

Bukan hanya SMS biasa, MMS akan didukung, termasuk aplikasi perpesanan yang berpartisipasi”. Dukungan panggilan suara dan data seluler akan ditambahkan.

Untuk penjelajahan Internet umum memang belum diketahui. Akan tetapi, layanan harus memiliki bandwidth yang cukup untuk 1.000-2.000 panggilan suara.

Selain konektivitas satelit, Android 14 akan menghentikan Android Beam. Artinya, versi 14 bakal sepenuhnya menghapus Android Beam dari gawai Android.

Google mendorong Nearby Share sendiri sebagai pengganti. Karena bukan bagian dari AOSP, tidak ada insentif bawaan bagi pembuat Android untuk memakainya.

Bahkan, merek Android terbesar telah bergabung dengan Mutual Transfer Alliance yang merancang solusi transfer data lokal alternatif. Kita tunggu saja rilisnya. [SN/HBS]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0