Kehebatan HP dengan Android 13, Bisa Jalankan OS Windows 11

Telset.id, Jakarta – Preview pertama dari Android 13 sudah dirilis dan para pengembang aplikasi sudah bisa mencoba OS besutan Google tersebut. Menurut info dari salah satu developer yang menjajalnya pertama kali, HP berbasis Android 13 ternyata bisa menjalankan sistem operasi Windows 11.

Seorang developer website dan aplikasi Android bernama Danny Lin membagikan keberhasilan HP dengan Android 13 menjalankan sistem operasi Windows 11.

Lin memamerkannya melalui akun Twitter dengan akun @kdrag0n. Lewat postingannya, ia memamerkan HP Google Pixel 6 yang sudah terpasang Android 13 dan berhasil menjalankan Windows 11.

Baca Juga: 10 Smartphone Android Terkencang di Dunia

Menurut Lin, Windows 11 memang “dapat digunakan”, tetapi akselerasi chip grafisnya tidak mendukung. Ia juga tak ketinggalan membagikan hasil tangkapan layar yang memperlihatkan sumber daya sistem dan load pada CPU.

Bahkan menurut Lin, pengguna juga dapat menghubungkan keyboard ke smartphone dan memainkan game legendaris, Doom.

Lin tidak hanya berhasil menjalankan Windows 11 di HP berbasis Android 13. Pada Google Pixel 6, ia juga berhasil menjalankan berbagai sistem operasi Linux, seperti Ubuntu dan Arch Linux.

Belum diketahui apakah nantinya fitur Android 13 yang bisa menjalankan Windows 11 ini juga akan bisa digunakan oleh para pengguna lainnya.

Fitur Android 13

Melalui Android 13 Developer Preview, para pengembang akan bisa melihat apa saja fitur maupun bug Android 13 yang harus segera diperbaiki sebelum resmi dirilis ke semua pengguna.

Beberapa bocoran fitur sistem operasi Android terbaru ini juga telah beredar. Salah satunya adalah Google memperkenalkan API Photo Picker terbaru di Android 13. Melalui API Photo Picker, pengguna bisa berbagi foto atau video di satu aplikasi saja.

Baca Juga: 4 Fitur Anyar di Android 13

Kemudian fitur Material You akan dibawa ke Android 13. Lewat fitur ini, ikon aplikasi seperti WhatsApp, Instagram, YouTube, dan lain sebagainya akan mengikuti tema HP Android.

Selanjutnya, di Android 13 pengguna akan banyak melakukan update aplikasi bawaan sistem lewat Play Store ketimbang melalui update sistem operasi.

Baca juga: Android 12 Bikin Google Pixel Langsung Error

Nantinya update perangkat Bluetooth, Photo Picker, dan lain sebagainya akan bisa dilakukan lewat Play Store layaknya aplikasi pada umumnya.

Adapun Android 13 akan mencapai tahap stabilitas platform pada Juni 2022, dan kemungkinan dirilis sekitar Juli 2022 atau bertepatan dengan peluncuran Pixel seri terbaru. (HR/MF)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

RELATED ARTICLES

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0