5 Seri iPhone Ini “Harga Aslinya” Kurang dari Rp 6 Juta

Telset.id, Jakarta CupoNation mempublikasikan riset terbaru mengenai biaya produksi iPhone. Hasilnya ditemukan bahwa ada 5 iPhone yang harga aslinya kurang dari Rp 6 juta. Riset tersebut juga menunjukan bahwa rata-rata biaya produksi iPhone hanya 33% dari harga jual di pasaran.

“Meskipun memiliki biaya produksi yang terbilang rendah, namun inovasi membuatnya begitu berharga hingga tetap diminati walau dengan harga di atas rata-rata smartphone di pasaran,” tulis CupoNation.

Berdasarkan keterangan resmi CupoNation yang diterima Tim Telset.id pada Senin (08/04/2019), terdapat 5 iPhone yang dijual dengan harga tinggi tetapi biaya produksi jauh dari itu.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini 5 seri iPhone yang memiliki biaya produksi jauh lebih murah dibanding harga jualnya. Simak ulasannya:

iPhone 8 

{Baca juga: Cuci Gudang, Apple Jualan iPhone 8 Rekondisi}

Di posisi kelima ada iPhone 8 yang dirilis pada September 2017. Ponsel dengan kamera utama 12 megapiksel dan kamera depan 7 megapiksel ini dibandrol dengan harga Rp 9,7 juta. Tetapi biaya produksinya cukup berbeda jauh. Biaya produksi iPhone 8 sebesar 35% dari harga jual atau sekitar Rp 3,4 juta.

 

iPhone 7 Plus 

Di posisi keempat adalah iPhone 7 Plus. Ponsel yang memiliki bentang layar sebesar 5,5 inci dirilis pada September 2016. Harga jual iPhone 7 Plus cukup tinggi yaitu Rp 10,7 juta walaupun biaya produksinya tidak sampai Rp 6 juta. Berdasarkan data dari CupoNation ditemukan bahwa biaya produksi iPhone hanya Rp 3,7 juta atau 35% dari biaya produksi.

{Baca juga: iPhone 7 Plus Jadi Perangkat Pertama yang Disambangi iOS 13}

iPhone 8 Plus 

 

Posisi ketiga adalah iPhone 8 Plus. Ponsel ini merupakan saudara dari seri iPhone 8 yang diluncurkan pada September 2017. Ketika itu harga yang dibandrol adalah Rp 11,1 juta atau sedikit lebih mahal dibandingkan seri iPhone 8. Tetapi biaya produksinya sebenarnya jauh dari itu. Biaya produksi iPhone 8 Plus sekitar 36% dari harga jual atau harga aslinya hanya Rp 4 juta.

{Baca juga: Duh! iPhone 8 Plus Pakai Komponen Abal-abal}

iPhone X

Di posisi kedua adalah iPhone X. Seri X ini diluncurkan bersama dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus di tahun 2017. iPhone X memiliki layar 5,8 inci dengan kamera utama 12 megapiksel.  iPhone X dijual dengan harga Rp 13,9 juta dan biaya produksinya jauh dari itu. Untuk membuat 1 perangkat iPhone X dibutuhkan biaya Rp 5,1 juta aja. Artinya biaya produksi ponsel pintar ini hanya 37% dari harga jual.

{Baca juga: Apple Jual iPhone X Daur Ulang, Segini Harganya}

iPhone XS Max 

 

{Baca juga: Tahun Depan, iPhone XS Max akan Pakai Layar Murah}

Di posisi pertama adalah iPhone XS Max. Ponsel terbaru dari Apple ini diluncurkan pada tahun 2018 lalu. iPhone XS Max dibekali kamera ganda di bagian belakangnya dengan resolusi 12MP lensa wide-angle aperture f/1.8 dan 12MP lensa telephoto aperture f/2.4 dengan 2x optical-zoom. Sementara kamera depannya, beresolusi 7MP lensa RGB aperture f/2.2. Biaya produksi iPhone XS Max adalah Rp 5,4 juta atau 35% dari harga jual, karena harga jual ponsel ini adalah Rp 15,3 juta.

“Apabila nominal tersebut disanding dengan harga resmi saat peluncuran, maka biaya produksi sebuah iPhone XS Max akan mengambil sekitar 35% dari harga jualnya,” tulis CupoNation. [NM/HBS]

1 KOMENTAR

  1. If you’re looking for a proven and reliable casino company, this is it. You can enjoy various games such as baccarat, blackjack, roulette, and big wheel safely. https://www.omgqq.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here