5 Fitur Baru Xiaomi MIUI 14, Tampilan Widget Lebih Segar dan Aman

Telset.id – Xiaomi resmi meluncurkan OS terbaru Xiaomi MIUI 14. Terdapat beberapa fitur baru yang ditawarkan Xiaomi MIUI 14, dan OS ini memiliki berbagai keunggulan dibandingkan MIUI sebelumnya.

Xiaomi memperkenalkan MIUI 14 bertepatan dengan peluncuran Xiaomi 13 di China pada Minggu (11/12/2022). MIUI 14 membawa perubahan visual dan fitur yang ditingkatkan berdasarkan Android 13.

Xiaomi mengklaim kalau MIUI 14 membawa berbagai keunggulan, dari MIUI 13 yang diluncurkan pada awal tahun 2022. Misalnya saja, MIUI 14 lebih bertenaga tetapi lebih ringan alias lebih hemat ruang kalau disandingkan dengan MIUI 13.

Berikutnya, kinerja MIUI 14 juga 60% lebih kencang kefasihan UI telah meningkat sebesar 88%, dan konsumsi daya telah menurun sebesar 16%.

Kemudian jumlah aplikasi di dalam sistem telah dipangkas menjadi 8 aplikasi, serta beberapa aplikasi bawaan seperti jam, galeri dan prakiraan cuaca sudah bisa dihapus apabila dirasa terlalu berat.

BACA JUGA:

5 Fitur Baru di Xiaomi MIUI 14

Setidaknya ada 5 fitur baru yang tersedia di Xiaomi MIUI 14. Kelima fitur ini pastinya dapat meningkatkan pengalaman dan keamanan pengguna Xiaomi, sehingga penggunakan smartphone atau tablet semakin maksimal.

1. XiaoAi AI Assistant 6.0 yang Canggih 

Fitur pertama yang bakal didapatkan adalah XiaoAi AI Assistant 6.0, yang merupakan fitur asisten suara berbasis teknologi AI. Fitur canggih di MIUI 14 ini, dapat memahami perintah suara dari 8 bahasa yang berbeda.

Bukan cuma itu, XiaoAi dapat pula mengenali foto dan dokumen dengan cara memindai dokumen tersebut menggunakan kamera HP. Lalu, dapat  pula memfilter panggilan spam serta menyediakan subtitle pada panggilan video secara otomatis.

2. Format Widget Terbaru 

Tidak ketinggalan ada format widget terbaru, yang berbeda dari OS sebelumnya. Di MIUI 14, pengguna dapat mengubah ukuran ikon melalui fitur Super Icons dan mengatur folder layar beranda sesuai keinginan.

Tampilan widget MIUI 14
Tampilan widget MIUI 14

Kemudian terdapat pula objek interaktif seperti tanaman dan hewan, yang posisinya bisa diatur sesuai keinginan. Otomatis format widget ini membuat tampilan smartphone dan tablet Xiaomi jadi lebih segar.

3. Teknologi Enkripsi End-To-End

Keamanan data semakin dibutuhkan, seiring meningkatkan kejahatan siber seperti peretasan dan kebocoran data. Sadar akan hal tersebut, Xiaomi melalui MIUI 14 menghadirkan teknologi enkripsi end-to-end.

BACA JUGA: 

Xiaomi menghadirkan teknologi enkripsi end-to-end, terhadap lebih dari 30 jenis tindakan penyimpanan data di perangkat smartphone atau tablet Xiaomi. Jadi proses pemindahan data di HP atau tablet Xiaomi lebih aman.

4. Pembaruan Fitur MI Family Services

MI Family Service adalah fitur yang memungkinkan pengguna berbagi foto, dokumen dan video dengan beberapa orang anggota keluarga. Namun, di MIUI 14 pengguna dapat berbagi album foto dengan grup keluarga mereka.

5. Konektivitas MI Smart Hub Lebih Cepat 

MI Smart Hub adalah salah satu fitur yang memungkinkan perangkat smartphone atau tablet Xiaomi, terkoneksi dengan perangkat IoT Xiaomi lainnya seperti Smart TV, laptop hingga smart watch.

BACA JUGA:

Di MIUI 14, konektivitas MI Smart Hub diklaim lebih cepat sehingga pengguna dapat lebih mudah menghubungkan perangkat Xiaomi mereka.

Oke, itu tadi informasi mengenai Xiaomi MIUI 14, serta berbagai fitur baru yang ada di OS tersebut. Semoga saja pembaruan OS ini tidak ada gangguan serta memperoleh sambutan positif dari Mi Fans. [NM/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0