telset
spot_img

6 Fitur Baru MIUI 13, Tambah Aman dan Makin Dinamis

Telset.id, Jakarta – Berbarengan dengan event peluncuran Xiaomi 12 di China, Xiaomi juga turut memperkenalkan kehadiran MIUI 13. Sejumlah fitur baru yang menarik disematkan di MIUI 13 .

Dilansir dari Gizmochina, Jumat (31/12/2021), meskipun kedengarannya seperti membawa banyak peningkatan besar, namun MIUI 13 sebenarnya tidak membawa fitur signifikan dibanding MIUI 12.

Itu karena MIUI 12.5 dan MIUI 12.5 Enhanced Edition telah membawa beberapa peningkatan yang kini ditemukan di MIUI versi terbaru berbasis Android 12 ini.

Fitur di MIUI 13

fitur miui 13

Tidak seperti generasi sebelumnya, Xiaomi kini memiliki tiga cabang MIUI untuk perangkat Android. Mereka disebut MIUI 13, MIUI 13 Pad, dan MIUI 13 Fold.

Seperti namanya, perangkat lunak ini sekarang dioptimalkan secara khusus untuk smartphone, tablet, dan perangkat yang dapat dilipat. Untuk HP lipat, MIUI merupakan gabungan dari kedua MIUI biasa untuk MIUI Pad.

Langsung saja, berikut ini adalah sejumlah fitur baru dan menarik di MIUI 13. Ada apa saja? Check this out!

1. Font MiSans

OS ini menghadirkan font baru bernama MiSans. Xiaomi mengklaim bahwa ini adalah font sederhana yang dioptimalkan untuk bahasa Cina dan Inggris untuk menawarkan visibilitas yang jelas dan pembacaan huruf yang nyaman.

Font ini adalah bagian dari Dynamic Font System 2.0, karena mewarisi fitur OpenType di mana tinggi tanda dapat hubung secara otomatis menyesuaikan dengan huruf besar dan kecil.

Font minimalis ini sudah tersedia untuk diunduh di aplikasi MIUI Themes di China. Tersedia juga untuk perangkat yang menjalankan iterasi MIUI sebelumnya.

2. Widget Dinamis

fitur miui 13

Sejak Apple memperkenalkan widget dengan iOS 14, beragam vendor Android mulai menggarap inovasi serupa. Walaupun fitur ini sudah lama hadir di Android, namun tidak ada perkembangan di sektor ini.

Sekarang, Xiaomi juga ikut mencoba untuk menghadirkan fitur widget dinamis di MIUI 13. Sebagai informasi, perusahaan telah menguji fitur ini sejak Agustus 2021.

Baca Juga: Spesifikasi Lengkap Xiaomi 12, 12 Pro & 12X

Widget di sini mirip dengan yang ada di OriginOS Ocean Vivo dan ColorOS 12 milik Oppo. Itu artinya, mereka mungkin akan hadir secara eksklusif di China dan tidak akan masuk ke pasar internasional.

Selain itu, Xiaomi juga menawarkan widget untuk mini-games, penghitung mundur, pengingat untuk minum air, saran apa yang harus dimakan hari ini, dan banyak lagi.

3. Asisten Virtual Xiao AI

Melalui fitur baru MIUI 13, pengguna dapat membuat avatar kustom mereka sendiri dari asisten virtual Xiao AI Xiaomi di China. Mereka dapat memilih dari lebih dari 50 set pakaian dan aksesoris.

Bukan itu saja, pengguna juga dapat memilih dari berbagai suara dan mengatur kosakata khusus yang sesuai preferensi masing-masing.

4. Privasi Lebih Terjaga

MIUI terbaru memiliki lebih banyak sertifikasi terkait privasi dibanding MIUI 12. Fitur baru yang menarik di iterasi terakhir adalah ‘Virtual ID’. Sedangkan MIUI 13 membawa perubahan pada sistem otentikasi wajah.

Sebelumnya, hanya wajah yang dipindai oleh sistem. Namun kini, tubuh bagian atas disertakan dalam pemindaian untuk lebih banyak data. Selanjutnya, pengguna dapat menggunakan watermark saat memindai dokumen penting.

Sistem ini juga melindungi pengguna dari panggilan/teks spam, aplikasi berbahaya, dan transfer file berbahaya

5. Optimasi

MIUI berbasis Android 12 pun menghadirkan peningkatan untuk Focus Computation, Atomic Memory, dan Liquid Storage. Ketiga teknologi yang dikembangkan sendiri ini memulai debutnya pada MIUI 12.5 Enhanced Edition.

Baca Juga: Xiaomi Umumkan Teknologi Baterai Baru

Xiaomi mengklaim bahwa kelancaran aplikasi sistem dan aplikasi pihak ketiga sekarang meningkat masing-masing 20-26% dan 15-52% jika dibandingkan dengan MIUI 12.5 Enhanced Edtion.

Perangkat seperti Xiaomi Mix 4 misalnya, sekarang dapat dengan mudah menjalankan rata-rata 14 aplikasi di latar belakang.

6. Mi Magic Center

Fitur MIUI 13 terbaru lainnya adalah Mi Magic Center. Fitur ini adalah cara Xiaomi untuk memudahkan pengguna dapat mengelola produk ekosistem Xiaomi mereka dari satu perangkat.

MIUI 13 Mi Magic Center Mereka dapat mentransmisikan / mengalirkan konten video atau musik dari satu perangkat ke perangkat lain hanya dengan melakukan slide.

Xiaomi juga memungkinkan pengguna menyesuaikan perangkat mereka dengan stiker untuk menambahkan sentuhan pribadi dan untuk pengenalan yang lebih mudah.

Daftar HP Xiaomi yang Dapat Update MIUI 13

Virtual RAM Redmi Note 10 Pro 5G

Update ke MIUI 13 versi global berbasis Android 12 kabarnya bakal digulirkan ke HP Xiaomi yang mendukung mulai Q1-2022 mendatang. Beberapa ponsel yang mendapatkannya seperti Mi 11 Series, Redmi Note 10, Xiaomi Pad 5, bahkan Redmi Note 8 2021.

Baca juga: Daftar HP Xiaomi yang Dapat Update MIUI 13

Berikut ini daftar lengkapnya:

  • Mi 11
  • Mi 11 Ultra
  • Mi 11i
  • Mi 11X Pro
  • Mi 11X
  • Xiaomi 11T Pro
  • Xiaomi 11T
  • Mi 11 Lite
  • Mi 11 Lite 5G
  • Xiaomi 11 Lite 5G NE
  • Xiaomi 11 Lite NE
  • Xiaomi Pad 5
  • Redmi 10
  • Redmi 10 Prime
  • Redmi Note 8 (2021)
  • Redmi Note 10 Pro
  • Redmi Note 10 Pro Max
  • Redmi Note 10
  • Redmi Note 10 JE

(HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RELATED ARTICLES

- Advertisement -spot_img

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0